Surat As-Saffat Ayat 45

يُطَافُ عَلَيْهِم بِكَأْسٍ مِّن مَّعِينٍۭ

Arab-Latin: Yuṭāfu 'alaihim bika`sim mim ma'īn

Artinya: Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir.

« As-Saffat 44As-Saffat 46 »

Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Tafsir Mendalam Berkaitan Dengan Surat As-Saffat Ayat 45

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 45 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir mendalam dari ayat ini. Terdokumentasi sekumpulan penafsiran dari beragam ulama tafsir berkaitan isi surat As-Saffat ayat 45, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

45-47 Gelas-gelas khamar dibawa berkeliling di majelis-majelis mereka dari sungai-sungai yang mengalir, mereka tidak khawatir akan terputus (habis) putih warnanya, rasanya nikmat, tidak membahayakan jasmani dan akal.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

45-47. Setelah Allah menyebutkan makanan bagi mereka, kemudian Allah menyebutkan minuman mereka. Ketika mereka duduk berhadapan di atas dipan-dipan, mereka akan disuguhi khamr yang berasal dari sungai yang mengalir. Mereka tidak khawatir minuman itu akan habis atau berkurang. Minuman itu putih warnanya, lezat rasanya, tidak berbahaya bagi tubuh dan akal, tidak seperti khamr yang ada di dunia yang menyebabkan pusing kepala. Adapun khamr di akhirat memiliki warna yang indah dan rasa yang lezat, tidak berbahaya dan tidak pernah habis.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

45. Gelas-gelas khamar diedarkan di antara mereka, khamar yang bening seperti air yang mengalir.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

45. يُطَافُ عَلَيْهِم بِكَأْسٍ مِّن مَّعِينٍۭ (Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir)
Yakni khamr yang mengalir seperti mata air yang mengalir di dunia.
Makna (المعين) adalah air yang mengalir.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

45. Diedarkan kepada mereka gelas berisi khamr yang mengalir di atas permukaan tanah layaknya mata air dan sungai. Maknanya adalah meminum khamr.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Diedarkan} diedarkan {kepada mereka gelas} khamr {dari mata air} dari sungai yang mengalir


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

45-47. “Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir.” Maksudnya, anak-anak yang selalu siap membantu mereka selalu hadir membawakan minuman lezat dengan gelas-gelas yang sangat indah dipandang yang berisikan ar-rahiq al-makhtum yang beraroma minyak kasturi. Ia adalah gelas-gelas penuh dengan khamar. Khamar tersebut berbeda dengan khamar yang ada di dunia ini dari segala sisinya. Sebab, warnanya saja “putih bersih” yang merupakan warna terbaik, dan rasanya “sedap bagi orang-orang yang minum,” dirasakan kelezatannya oleh orang yang meminumnya pada saat dimimun dan sesudahnya; dan ia bebas dari unsur-unsur yang dapat menghilangkan kesadaran akal dan tidak memabukkan serta tidak menghabiskan harta pemiliknya, tidak ada rasa pusing dan teler karenanya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 45: 44-49. Dan di antara sebagian dari pemuliaan Allah bagi mereka di surga, mereka duduk di tempat-tempat yang tinggi yang penuh keindahan, yang mereka dapat melihat satu sama lain. Pemuliaan Allah yang lainnya adalah adanya minuman yang beredar di antara mereka dari sungai khamr yang mengalir di surga.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni anak-anak muda yang menjadi pelayan mereka bolak-balik melayani mereka dengan membawakan minuman yang enak dengan gelas yang indah dipandang yang isinya khamr (arak) murni yang masih dilak (disegel). Khamr ini berbeda dengan khamr dengan khamr di dunia dari berbagai sisi, warnanya putih dan rasanya lezat sebagaimana diterangkan dalam ayat selanjutnya. Peminumnya merasa nikmat baik ketika meminumnya maupun setelahnya, dan keadaannya tidak memabukkan, tidak membuat kepala pusing serta tidak keruh.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 45

Dalam keadaan demikian, kepada mereka diedarkan gelas yang berisi air khamar dari mata air surga. 46. Air khamar itu berwarna putih bersih lagi sedap rasanya bagi orang-orang yang minum.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Demikian sekumpulan penjabaran dari beragam ahli ilmu mengenai kandungan dan arti surat As-Saffat ayat 45 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk ummat. Dukunglah perjuangan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Sering Dicari

Terdapat banyak konten yang sering dicari, seperti surat/ayat: At-Tahrim 8, Al-Insyiqaq, Al-Insyirah 8, At-Taubah 122, At-Taubah 105, Al-Isra 26-27. Serta Al-Hujurat 10-12, Al-Baqarah 148, Al-Alaq 1-5, Al-Mu’minun, Ath-Thalaq 2-3, At-Takwir.

  1. At-Tahrim 8
  2. Al-Insyiqaq
  3. Al-Insyirah 8
  4. At-Taubah 122
  5. At-Taubah 105
  6. Al-Isra 26-27
  7. Al-Hujurat 10-12
  8. Al-Baqarah 148
  9. Al-Alaq 1-5
  10. Al-Mu’minun
  11. Ath-Thalaq 2-3
  12. At-Takwir

Pencarian: surat thaha ayat 41, qs surat an nur ayat 2, surat al iklas dan artinya, surah al imran ayat 77, al baqoroh ayat 1-5

Dapatkan pahala jariyah dan juga dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Surat dan Ayat Rezeki

Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: