Surat at-Taubah Ayat 128-129

لَقَدْ جَآءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِٱلْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ

Arab-Latin: laqad jā`akum rasụlum min anfusikum 'azīzun 'alaihi mā 'anittum ḥarīṣun 'alaikum bil-mu`minīna ra`ụfur raḥīm

Artinya: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.

فَإِن تَوَلَّوْا۟ فَقُلْ حَسْبِىَ ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْعَظِيمِ

Arab-Latin: fa in tawallau fa qul ḥasbiyallāhu lā ilāha illā huw, 'alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-'arsyil-'aẓīm

Artinya: Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung".

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat at-Taubah Ayat 128-129

Terdokumentasi beragam penjabaran dari berbagai mufassirun berkaitan kandungan surat at-taubah ayat 128-129, sebagiannya sebagaimana di bawah ini:

Maka apabila kaum musyrikin dan orang-orang munafik tetap berpaling dari keimanan kepada mu (wahai rasul), maka katakanlah kepada mereka, ”cukuplah Allah bagiku, Dia akan memenuhi apa yang menjadi cita-citaku, tiada tuhan yang berhak di sembah kecuali Dia, kepadaNya lah aku bergantung. Dan kepadaNYa aku serahkan seluruh urusanku, sesungguhnya Dia penolong dan yang akan membantuku. Dia Robb pemilik arsy yang agung yang merupakan makhluk yang paling besar.” (Tafsir al-Muyassar)

Jika mereka berpaling darimu dan tidak mau beriman kepada ajaran yang kamu bawa, maka katakanlah -wahai Rasul- kepada mereka, "Cukuplah bagiku Allah yang tiada tuhan yang berhak disembah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bersandar dan Dia -Subḥānahu- Penguasa 'Arsy yang agung." (Tafsir al-Mukhtashar)

Wahai rasul, jika mereka menolak untuk beriman maka katakanlah kepada mereka: “Cukuplah Allah yang menjadi penolong dan penyelamatku. Dialah satu-satunya Tuhan yang aku serahi urusan-urusanku. Dialah Tuhan kursi yang lebih agung dari seluruh makhluk. Dan Arsy itu adalah makhluk yang tidak diketahui keagungan dan hakikatnya kecuali hanya Allah SWT yang tahu. Kami beriman atas apa yang terkandung dalam Al-Qur’an tanpa menyamakan dengan sesuatu yang sudah lazim.” Ditafsirkan oleh sabagian ulama’ bahwa Dialah pemilik kerajaan dan kewenangan yang menentukan dan mengatur atas setiap sesuatu dan perkara (Tafsir al-Wajiz)

فَإِن تَوَلَّوْا۟ (Jika mereka berpaling) Yakni berpaling dari kalian dan tidak menerima dan mengamalkan apa yang kamu bawa. فَقُلْ(maka katakanlah) Wahai Muhammad. حَسْبِىَ اللهُ(Cukuplah Allah bagiku) Yakni cukuplah Allah bagiku yang Maha Esa, yang tidak bergantung kepada selain-Nya. عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ (Hanya kepada-Nya aku bertawakkal) Yakni aku serahkan segala urusanku. وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ(dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung) Karena arsy merupakan makhluk yang paling besar dan agung. (Zubdatut Tafsir)

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjabaran dari beragam ahli ilmu mengenai kandungan dan arti surat at-taubah ayat 128-129 (arab, latin, artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita semua. Bantulah syi'ar kami dengan mencantumkan hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Sering Dicari

Tersedia banyak topik yang paling sering dicari, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 104, Al-Fatihah 1, Luqman 13-14, Yunus 41, Ali ‘Imran 191, Al-Baqarah 216. Ada pula Al-A’raf, Al-Baqarah 284-286, Yasin 40, Al-Fatihah 7, Al-Fatihah 2, Assalaamualaikum.

  1. Ali ‘Imran 104
  2. Al-Fatihah 1
  3. Luqman 13-14
  4. Yunus 41
  5. Ali ‘Imran 191
  6. Al-Baqarah 216
  7. Al-A’raf
  8. Al-Baqarah 284-286
  9. Yasin 40
  10. Al-Fatihah 7
  11. Al-Fatihah 2
  12. Assalaamualaikum

Pencarian: arti surah ar rum ayat 41 42, surat an naml ayat 19 dan terjemahannya, walyatalattaf wala yus ironna bikum ahadan artinya, tafsir surat al maidah ayat 8, qola musa

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.