Surat at-Taubah Ayat 128-129

لَقَدْ جَآءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِٱلْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ

Arab-Latin: laqad jā`akum rasụlum min anfusikum 'azīzun 'alaihi mā 'anittum ḥarīṣun 'alaikum bil-mu`minīna ra`ụfur raḥīm

Artinya: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.

فَإِن تَوَلَّوْا۟ فَقُلْ حَسْبِىَ ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْعَظِيمِ

Arab-Latin: fa in tawallau fa qul ḥasbiyallāhu lā ilāha illā huw, 'alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-'arsyil-'aẓīm

Artinya: Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung".

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat at-Taubah Ayat 128-129

Terdokumentasi sekumpulan penjabaran dari para mufassirin terkait isi surat at-taubah ayat 128-129, sebagiannya seperti berikut:

Maka apabila kaum musyrikin dan orang-orang munafik tetap berpaling dari keimanan kepada mu (wahai rasul), maka katakanlah kepada mereka, ”cukuplah Allah bagiku, Dia akan memenuhi apa yang menjadi cita-citaku, tiada tuhan yang berhak di sembah kecuali Dia, kepadaNya lah aku bergantung. Dan kepadaNYa aku serahkan seluruh urusanku, sesungguhnya Dia penolong dan yang akan membantuku. Dia Robb pemilik arsy yang agung yang merupakan makhluk yang paling besar.” (Tafsir al-Muyassar)

Jika mereka berpaling darimu dan tidak mau beriman kepada ajaran yang kamu bawa, maka katakanlah -wahai Rasul- kepada mereka, "Cukuplah bagiku Allah yang tiada tuhan yang berhak disembah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bersandar dan Dia -Subḥānahu- Penguasa 'Arsy yang agung." (Tafsir al-Mukhtashar)

Wahai rasul, jika mereka menolak untuk beriman maka katakanlah kepada mereka: “Cukuplah Allah yang menjadi penolong dan penyelamatku. Dialah satu-satunya Tuhan yang aku serahi urusan-urusanku. Dialah Tuhan kursi yang lebih agung dari seluruh makhluk. Dan Arsy itu adalah makhluk yang tidak diketahui keagungan dan hakikatnya kecuali hanya Allah SWT yang tahu. Kami beriman atas apa yang terkandung dalam Al-Qur’an tanpa menyamakan dengan sesuatu yang sudah lazim.” Ditafsirkan oleh sabagian ulama’ bahwa Dialah pemilik kerajaan dan kewenangan yang menentukan dan mengatur atas setiap sesuatu dan perkara (Tafsir al-Wajiz)

فَإِن تَوَلَّوْا۟ (Jika mereka berpaling) Yakni berpaling dari kalian dan tidak menerima dan mengamalkan apa yang kamu bawa. فَقُلْ(maka katakanlah) Wahai Muhammad. حَسْبِىَ اللهُ(Cukuplah Allah bagiku) Yakni cukuplah Allah bagiku yang Maha Esa, yang tidak bergantung kepada selain-Nya. عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ (Hanya kepada-Nya aku bertawakkal) Yakni aku serahkan segala urusanku. وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ(dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung) Karena arsy merupakan makhluk yang paling besar dan agung. (Zubdatut Tafsir)

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penjelasan dari banyak mufassirun mengenai makna dan arti surat at-taubah ayat 128-129 (arab, latin, artinya), semoga berfaidah bagi kita semua. Dukunglah dakwah kami dengan memberi hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Sering Dilihat

Tersedia ratusan halaman yang sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 216, Al-A’raf, Al-Fatihah 2, Assalaamualaikum, Al-Fatihah 7, Yasin 40. Ada pula Yunus 41, Al-Fatihah 1, Luqman 13-14, Ali ‘Imran 104, Ali ‘Imran 191, Al-Baqarah 284-286.

  1. Al-Baqarah 216
  2. Al-A’raf
  3. Al-Fatihah 2
  4. Assalaamualaikum
  5. Al-Fatihah 7
  6. Yasin 40
  7. Yunus 41
  8. Al-Fatihah 1
  9. Luqman 13-14
  10. Ali ‘Imran 104
  11. Ali ‘Imran 191
  12. Al-Baqarah 284-286

Pencarian: arti surah ar rum ayat 41 42, surat an naml ayat 19 dan terjemahannya, walyatalattaf wala yus ironna bikum ahadan artinya, tafsir surat al maidah ayat 8, qola musa

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: