Surat As-Saffat Ayat 46

بَيْضَآءَ لَذَّةٍ لِّلشَّٰرِبِينَ

Arab-Latin: Baiḍā`a lażżatil lisy-syāribīn

Artinya: (Warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum.

« As-Saffat 45As-Saffat 47 »

Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Pelajaran Berharga Terkait Surat As-Saffat Ayat 46

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 46 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran berharga dari ayat ini. Terdapat aneka ragam penjabaran dari banyak mufassir terkait kandungan surat As-Saffat ayat 46, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

45-47 Gelas-gelas khamar dibawa berkeliling di majelis-majelis mereka dari sungai-sungai yang mengalir, mereka tidak khawatir akan terputus (habis) putih warnanya, rasanya nikmat, tidak membahayakan jasmani dan akal.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

46. Berwarna putih, siapa yang meminumnya merasakan kenikmatan yang sempurna.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

46. بَيْضَآءَ لَذَّةٍ لِّلشّٰرِبِينَ ((Warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum)
Makna (لذة) yakni nikmat.
Imam al-Hasan berkata: khamr di surga lebih putih dari susu, dan memiliki rasa yang nikmat.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

46. Khamr itu lebih putih dari susu dan sangat lezat bagi peminumnya, berbeda dengan khamr dunia, sesungguhnya khamr itu menjijikkan saat diminum. {Ladzatun} adalah bentuk mashdar, namun yang dimaksud adalah lezat, sehingga seakan-akan khamr itu adalah kelezatan itu sendiri.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{(Warnanya) putih dan lezat bagi orang-orang yang meminum


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

45-47. “Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir.” Maksudnya, anak-anak yang selalu siap membantu mereka selalu hadir membawakan minuman lezat dengan gelas-gelas yang sangat indah dipandang yang berisikan ar-rahiq al-makhtum yang beraroma minyak kasturi. Ia adalah gelas-gelas penuh dengan khamar. Khamar tersebut berbeda dengan khamar yang ada di dunia ini dari segala sisinya. Sebab, warnanya saja “putih bersih” yang merupakan warna terbaik, dan rasanya “sedap bagi orang-orang yang minum,” dirasakan kelezatannya oleh orang yang meminumnya pada saat dimimun dan sesudahnya; dan ia bebas dari unsur-unsur yang dapat menghilangkan kesadaran akal dan tidak memabukkan serta tidak menghabiskan harta pemiliknya, tidak ada rasa pusing dan teler karenanya.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 46: 44-49. Dan di antara sebagian dari pemuliaan Allah bagi mereka di surga, mereka duduk di tempat-tempat yang tinggi yang penuh keindahan, yang mereka dapat melihat satu sama lain. Pemuliaan Allah yang lainnya adalah adanya minuman yang beredar di antara mereka dari sungai khamr yang mengalir di surga.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 46

Air khamar itu berwarna putih bersih lagi sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. 47. Tidak ada di dalamnya unsur yang memabukkan sebagaimana khamar dunia dan mereka tidak mabuk karenanya.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Demikianlah sekumpulan penjabaran dari banyak ulama terkait makna dan arti surat As-Saffat ayat 46 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita semua. Sokong usaha kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Banyak Dikaji

Tersedia ratusan materi yang paling banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Mu’minun, Al-Insyiqaq, At-Tahrim 8, Ath-Thalaq 2-3, Al-Isra 26-27, Al-Baqarah 148. Serta Al-Hujurat 10-12, At-Taubah 122, Al-Alaq 1-5, At-Takwir, At-Taubah 105, Al-Insyirah 8.

  1. Al-Mu’minun
  2. Al-Insyiqaq
  3. At-Tahrim 8
  4. Ath-Thalaq 2-3
  5. Al-Isra 26-27
  6. Al-Baqarah 148
  7. Al-Hujurat 10-12
  8. At-Taubah 122
  9. Al-Alaq 1-5
  10. At-Takwir
  11. At-Taubah 105
  12. Al-Insyirah 8

Pencarian: ar rahman 26-27, wala yahudu artinya, lakad jaakum rasoolun min anfusikum, surat maryam untuk ibu hamil dan terjemahannya, tulisan al baqarah

Dapatkan pahala jariyah dan juga dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Surat dan Ayat Rezeki

Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: