Surat As-Saffat Ayat 135

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِلَّا عَجُوزًا فِى ٱلْغَٰبِرِينَ

Arab-Latin: Illā 'ajụzan fil-gābirīn

Artinya: Kecuali seorang perempuan tua (isterinya yang berada) bersama-sama orang yang tinggal.

« As-Saffat 134As-Saffat 136 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Mengenai Surat As-Saffat Ayat 135

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 135 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir penting dari ayat ini. Ditemukan sekumpulan penjabaran dari kalangan mufassirin terkait isi surat As-Saffat ayat 135, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

133-135 dan sesungguhnya Kami telah memilih hamba Kami luth, lalu Kami menjadikannya para rasul, saat Kami menyelamatkannya dan keluarganya dari azab. kecuali seorang wanita tua, yaitu istrinya dia binasa bersama kaumnya yang binasa karena kekafirannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

135. Kecuali istrinya, dia terkena azab bersama kaumnya, karena dia kafir seperti kaumnya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

135. إِلَّا عَجُوزًا فِى الْغٰبِرِينَ (kecuali seorang perempuan tua (isterinya yang berada) bersama-sama orang yang tinggal)
Yakni kecuali perempuan tua yang masih tinggal bersama orang-orang yang tertimpa azab, dan ia adalah istri Luth.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

135-136. Kecuali perempuan tua, yaitu istri Luth yang masih bersama orang-orang yang tersisa menerima azab. Lalu Kami menghancurkan orang-orang kafir dari kaum lain dengan azab yang sangat dahsyat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kecuali seorang perempuan tua yang termasuk golongan yang tertinggal} yang terkena azab


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

133-138. Ini adalah pujian dari Allah kepada hamba dan RasulNya, Nabi LUth, yaitu pujian dengan kenabian, kerasulan, menyeru kaumnya kepada Allah dan melarang mereka melakukan syirik dan mengerjakan perbuatan keji. Oleh karena mereka tidak berhenti, maka Allah hanya menyelamatkan Nabi Luth dan keluarganya semuanya. Mereka berangkat di malam hari hingga mereka selamat, “kecuali seorang perempuan tua bersama-sama orang yang tinggal,” yang diam lagi disiksa. Dia adalah adalah istri Nabi Luth yang tidak mau menganut agama suaminya. “Kemudian Kami binasakan orang-orang yang lain,” yaitu Kami balik negeri mereka sehingga bagian atas menjadi bagian bawahnya dan Kami hujani mereka dengan bebatuan sijjil yang sangat lebat hingga mereka binasa dan musnah. “Dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melalui mereka,” maksudnya, melalui perkampungan kaum Nabi Luth, “di waktu pagi dan di waktu malam.” Maksudnya, pada waktu-waktu tersebut di mana kalian sering pulang pergi melintasi dan melaluinya, sehingga tidak bisa diragukan lagi. “Maka apakah kamu tidak memikirkan,” ayat-ayat dan berbagai pelajaran, dan kalian tidak menjauhi perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan kebinasaan?!


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 133-138
Allah SWT membertahukan tentang hamba dan rasulNya, yaitu nabi Luth bahwa Dia telah mengutusnya kepada kaumnya, dan mereka mendustakannya. Maka Allah menyelamatkan dia dan keluarganya dari mereka kecuali istrinya, karena sesungguhnya istrinya dibinasakan bersama dengan orang yang binasa dari kaumnya. Allah SWT membinasakan mereka dengan berbagai macam siksaan, dan menjadikan tempat mereka sebagai laut yang busuk dan buruk air, pemandangan, rasa dan aromanya. Dia menjadikan tempat mereka sebagai tempat yang biasa dilalui oleh para musafir malam dan siang hari. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Makkah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi (137) dan di waktu malam. Maka apakah kamu tidak memikirkan? (­138)) yaitu mengapa kalian tidak mengambil pelajaran dari mereka, bagaimana Allah membinasakan mereka, dan kalian mengetahui bahwa bagi orang-orang kafir itu siksaan yang serupa


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 135: 134-136. Ingatlah wahai Nabi Allah pada hari ketika Allah menyelamatkan Luth dan keluarganya dari adzab, kecuali istrinya yang sudah tua yang juga celaka bersama orang-orang yang celaka, karena sebab pengingkarannya yang kemudian Allah membinasakannya dengan adzab.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 135

133-136. Bila nabi-nabi yang disebutkan sebelumnya berasal dari garis keturunan nabi ibrahim, nabi berikut ini merupakan anak paman nabi ibrahim yang berjuang bersamanya dalam menyampaikan risa-lah Allah. Dialah nabi lut. Dan sungguh, nabi lut benar-benar termasuk salah seorang yang Allah pilih menjadi rasul untuk berdakwah kepada penduduk sodom. Ingatlah ketika kami telah menyelamatkan dia, keluarganya yang beriman, dan pengikutnya semua dari azab Allah, kecuali seorang perempuan tua, yaitu istrinya. Kami sisakan perempuan tua yang kafir itu bersama-sama orang yang tinggal di kota tersebut. Kemudian, kami binasakan orang-orang yang lain yang tetap tinggal di kota itu akibat penolakan mereka terhadap ajakan nabi lut untuk menempuh jalan yang benar


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penjabaran dari kalangan mufassirun berkaitan makna dan arti surat As-Saffat ayat 135 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita semua. Dukunglah dakwah kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Terbanyak Dibaca

Nikmati banyak halaman yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-‘Ankabut 57, Bersyukur, Luqman, Al-Bayyinah 5, Yunus 40, Ad-Dhuha 3. Juga Ali ‘Imran 14, Al-Isra 27, Ali ‘Imran 31, Yunus, Al-Hujurat 6, Al-A’raf 26.

  1. Al-‘Ankabut 57
  2. Bersyukur
  3. Luqman
  4. Al-Bayyinah 5
  5. Yunus 40
  6. Ad-Dhuha 3
  7. Ali ‘Imran 14
  8. Al-Isra 27
  9. Ali ‘Imran 31
  10. Yunus
  11. Al-Hujurat 6
  12. Al-A’raf 26

Pencarian: al muflihun artinya, penulisan alhamdulillah, al alaq ayat 1-19, al masad artinya, surat luqman ayat 16-19

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: