Surat As-Saffat Ayat 133

وَإِنَّ لُوطًا لَّمِنَ ٱلْمُرْسَلِينَ

Arab-Latin: Wa inna lụṭal laminal-mursalīn

Artinya: Sesungguhnya Luth benar-benar salah seorang rasul.

« As-Saffat 132As-Saffat 134 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Mengenai Surat As-Saffat Ayat 133

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 133 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasi variasi penjelasan dari beragam mufassirin berkaitan kandungan surat As-Saffat ayat 133, misalnya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

133-135 dan sesungguhnya Kami telah memilih hamba Kami luth, lalu Kami menjadikannya para rasul, saat Kami menyelamatkannya dan keluarganya dari azab. kecuali seorang wanita tua, yaitu istrinya dia binasa bersama kaumnya yang binasa karena kekafirannya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

133-135. Dan Luth merupakan salah satu rasul Kami. Kami mengutusnya kepada kaumnya untuk memberi mereka hidayah dan mengeluarkan mereka dari kesesatan.

Ingatlah ketika Kami menyelamatkan dia dan keluarganya serta para pengikutnya yang beriman dari azab dan kebinasaan yang menimpa kaumnya; kecuali istrinya yang kafir, Kami tidak menyelamatkannya dari azab; dia tetap bersama orang-orang yang binasa dalam azab dan tetap tidak beriman kepada Allah, Tuhan semesta alam.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

133. Sesungguhnya Lūṭ termasuk rasul-rasul yang Allah utus kepada kaum mereka untuk menyampaikan kabar gembira dan memberikan peringatan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

133. Sesungguhnya Luth AS bin Haran, saudara Ibrahim AS itu termasuk golongan para nabi nabi yang diutus untuk penduduk Sodom yang mempraktekkan kemungkaran, kemaksiatan dan kekejian.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya Luth benar-benar termasuk para rasul


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

133-138. Ini adalah pujian dari Allah kepada hamba dan RasulNya, Nabi LUth, yaitu pujian dengan kenabian, kerasulan, menyeru kaumnya kepada Allah dan melarang mereka melakukan syirik dan mengerjakan perbuatan keji. Oleh karena mereka tidak berhenti, maka Allah hanya menyelamatkan Nabi Luth dan keluarganya semuanya. Mereka berangkat di malam hari hingga mereka selamat, “kecuali seorang perempuan tua bersama-sama orang yang tinggal,” yang diam lagi disiksa. Dia adalah adalah istri Nabi Luth yang tidak mau menganut agama suaminya. “Kemudian Kami binasakan orang-orang yang lain,” yaitu Kami balik negeri mereka sehingga bagian atas menjadi bagian bawahnya dan Kami hujani mereka dengan bebatuan sijjil yang sangat lebat hingga mereka binasa dan musnah. “Dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melalui mereka,” maksudnya, melalui perkampungan kaum Nabi Luth, “di waktu pagi dan di waktu malam.” Maksudnya, pada waktu-waktu tersebut di mana kalian sering pulang pergi melintasi dan melaluinya, sehingga tidak bisa diragukan lagi. “Maka apakah kamu tidak memikirkan,” ayat-ayat dan berbagai pelajaran, dan kalian tidak menjauhi perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan kebinasaan?!


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 133-138
Allah SWT membertahukan tentang hamba dan rasulNya, yaitu nabi Luth bahwa Dia telah mengutusnya kepada kaumnya, dan mereka mendustakannya. Maka Allah menyelamatkan dia dan keluarganya dari mereka kecuali istrinya, karena sesungguhnya istrinya dibinasakan bersama dengan orang yang binasa dari kaumnya. Allah SWT membinasakan mereka dengan berbagai macam siksaan, dan menjadikan tempat mereka sebagai laut yang busuk dan buruk air, pemandangan, rasa dan aromanya. Dia menjadikan tempat mereka sebagai tempat yang biasa dilalui oleh para musafir malam dan siang hari. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Makkah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi (137) dan di waktu malam. Maka apakah kamu tidak memikirkan? (­138)) yaitu mengapa kalian tidak mengambil pelajaran dari mereka, bagaimana Allah membinasakan mereka, dan kalian mengetahui bahwa bagi orang-orang kafir itu siksaan yang serupa


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 133: Allah mengabarkan bahwa Dia memilih Luth dan Allah jadikan ia utusan-Nya. Luth adalah saudara laki-laki dari Ibrahim (Harun). Luth memberi nasihat kepada kaumnya untuk supaya berhenti dari kejahatan yang tidak dikerjakan oleh siapapun sebelum mereka, dan terus bermaksiat, serta tidak mentaati Luth; Bahkan menjauhkan diri darinya. Maka turunlah kepada mereka adzab dan dijatuhkan negeri mereka dari ketinggian, dan negeri mereka telah dikenal ketika para musafir melewati negeri mereka di Syam.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ayat ini merupakan pujian Allah Subhaanahu wa Ta'aala kepada hamba dan Rasul-Nya Luth ‘alaihis salam dengan kenabian dan kerasulan serta dakwahnya kepada Allah, serta larangannya kepada kaumnya dari berbuat syirk dan mengerjakan perbuatan keji (homoseksual). Ketika kaumnya tidak mau berhenti dari perbuatan syirk dan maksiat, maka Allah selamatkan Luth dan keluarganya dari azab yang akan Allah turunkan, mereka berjalan di malam hari sehingga mereka semua selamat selain istri Luth, ia termasuk orang-orang yang tertinggal.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 133

133-136. Bila nabi-nabi yang disebutkan sebelumnya berasal dari garis keturunan nabi ibrahim, nabi berikut ini merupakan anak paman nabi ibrahim yang berjuang bersamanya dalam menyampaikan risa-lah Allah. Dialah nabi lut. Dan sungguh, nabi lut benar-benar termasuk salah seorang yang Allah pilih menjadi rasul untuk berdakwah kepada penduduk sodom. Ingatlah ketika kami telah menyelamatkan dia, keluarganya yang beriman, dan pengikutnya semua dari azab Allah, kecuali seorang perempuan tua, yaitu istrinya. Kami sisakan perempuan tua yang kafir itu bersama-sama orang yang tinggal di kota tersebut. Kemudian, kami binasakan orang-orang yang lain yang tetap tinggal di kota itu akibat penolakan mereka terhadap ajakan nabi lut untuk menempuh jalan yang benar


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penafsiran dari kalangan mufassirin terkait kandungan dan arti surat As-Saffat ayat 133 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita semua. Sokong dakwah kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Terbanyak Dibaca

Nikmati ratusan topik yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Bersyukur, Al-A’raf 26, Al-Bayyinah 5, Yunus, Ali ‘Imran 14, Al-Isra 27. Ada pula Ali ‘Imran 31, Al-Hujurat 6, Luqman, Ad-Dhuha 3, Al-‘Ankabut 57, Yunus 40.

  1. Bersyukur
  2. Al-A’raf 26
  3. Al-Bayyinah 5
  4. Yunus
  5. Ali ‘Imran 14
  6. Al-Isra 27
  7. Ali ‘Imran 31
  8. Al-Hujurat 6
  9. Luqman
  10. Ad-Dhuha 3
  11. Al-‘Ankabut 57
  12. Yunus 40

Pencarian: anbiya ayat 30, bacaan surah ad dhuha, ittaqillah artinya, surah al baqarah ayat 1 30, dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: