Surat As-Saffat Ayat 134

إِذْ نَجَّيْنَٰهُ وَأَهْلَهُۥٓ أَجْمَعِينَ

Arab-Latin: Iż najjaināhu wa ahlahū ajma'īn

Artinya: (Ingatlah) ketika Kami selamatkan dia dan keluarganya (pengikut-pengikutnya) semua,

« As-Saffat 133As-Saffat 135 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Terkait Surat As-Saffat Ayat 134

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 134 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam kandungan penting dari ayat ini. Terdapat bermacam penafsiran dari kalangan mufassir berkaitan kandungan surat As-Saffat ayat 134, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

133-135 dan sesungguhnya Kami telah memilih hamba Kami luth, lalu Kami menjadikannya para rasul, saat Kami menyelamatkannya dan keluarganya dari azab. kecuali seorang wanita tua, yaitu istrinya dia binasa bersama kaumnya yang binasa karena kekafirannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

134. Ingatlah ketika Kami menyelamatkannya dan semua keluarganya dari azab yang diturunkan atas kaumnya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

134. Saat Kami menyelamatkannya dan semua keluarganya yang mengimani risalahnya dari kehancuran dan kebinasaan


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

(Ingatlah) ketika Kami telah menyelamatkan dia dan pengikutnya semua


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

133-138. Ini adalah pujian dari Allah kepada hamba dan RasulNya, Nabi LUth, yaitu pujian dengan kenabian, kerasulan, menyeru kaumnya kepada Allah dan melarang mereka melakukan syirik dan mengerjakan perbuatan keji. Oleh karena mereka tidak berhenti, maka Allah hanya menyelamatkan Nabi Luth dan keluarganya semuanya. Mereka berangkat di malam hari hingga mereka selamat, “kecuali seorang perempuan tua bersama-sama orang yang tinggal,” yang diam lagi disiksa. Dia adalah adalah istri Nabi Luth yang tidak mau menganut agama suaminya. “Kemudian Kami binasakan orang-orang yang lain,” yaitu Kami balik negeri mereka sehingga bagian atas menjadi bagian bawahnya dan Kami hujani mereka dengan bebatuan sijjil yang sangat lebat hingga mereka binasa dan musnah. “Dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melalui mereka,” maksudnya, melalui perkampungan kaum Nabi Luth, “di waktu pagi dan di waktu malam.” Maksudnya, pada waktu-waktu tersebut di mana kalian sering pulang pergi melintasi dan melaluinya, sehingga tidak bisa diragukan lagi. “Maka apakah kamu tidak memikirkan,” ayat-ayat dan berbagai pelajaran, dan kalian tidak menjauhi perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan kebinasaan?!


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 133-138
Allah SWT membertahukan tentang hamba dan rasulNya, yaitu nabi Luth bahwa Dia telah mengutusnya kepada kaumnya, dan mereka mendustakannya. Maka Allah menyelamatkan dia dan keluarganya dari mereka kecuali istrinya, karena sesungguhnya istrinya dibinasakan bersama dengan orang yang binasa dari kaumnya. Allah SWT membinasakan mereka dengan berbagai macam siksaan, dan menjadikan tempat mereka sebagai laut yang busuk dan buruk air, pemandangan, rasa dan aromanya. Dia menjadikan tempat mereka sebagai tempat yang biasa dilalui oleh para musafir malam dan siang hari. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Makkah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi (137) dan di waktu malam. Maka apakah kamu tidak memikirkan? (­138)) yaitu mengapa kalian tidak mengambil pelajaran dari mereka, bagaimana Allah membinasakan mereka, dan kalian mengetahui bahwa bagi orang-orang kafir itu siksaan yang serupa


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 134: 134-136. Ingatlah wahai Nabi Allah pada hari ketika Allah menyelamatkan Luth dan keluarganya dari adzab, kecuali istrinya yang sudah tua yang juga celaka bersama orang-orang yang celaka, karena sebab pengingkarannya yang kemudian Allah membinasakannya dengan adzab.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 134

133-136. Bila nabi-nabi yang disebutkan sebelumnya berasal dari garis keturunan nabi ibrahim, nabi berikut ini merupakan anak paman nabi ibrahim yang berjuang bersamanya dalam menyampaikan risa-lah Allah. Dialah nabi lut. Dan sungguh, nabi lut benar-benar termasuk salah seorang yang Allah pilih menjadi rasul untuk berdakwah kepada penduduk sodom. Ingatlah ketika kami telah menyelamatkan dia, keluarganya yang beriman, dan pengikutnya semua dari azab Allah, kecuali seorang perempuan tua, yaitu istrinya. Kami sisakan perempuan tua yang kafir itu bersama-sama orang yang tinggal di kota tersebut. Kemudian, kami binasakan orang-orang yang lain yang tetap tinggal di kota itu akibat penolakan mereka terhadap ajakan nabi lut untuk menempuh jalan yang benar


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penjabaran dari para mufassir terkait kandungan dan arti surat As-Saffat ayat 134 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita bersama. Dukung perjuangan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dibaca

Tersedia berbagai halaman yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Yunus, Ali ‘Imran 14, Al-A’raf 26, Ad-Dhuha 3, Yunus 40, Luqman. Termasuk Al-Isra 27, Ali ‘Imran 31, Al-Hujurat 6, Al-Bayyinah 5, Bersyukur, Al-‘Ankabut 57.

  1. Yunus
  2. Ali ‘Imran 14
  3. Al-A’raf 26
  4. Ad-Dhuha 3
  5. Yunus 40
  6. Luqman
  7. Al-Isra 27
  8. Ali ‘Imran 31
  9. Al-Hujurat 6
  10. Al-Bayyinah 5
  11. Bersyukur
  12. Al-‘Ankabut 57

Pencarian: al falaq bahasa indonesia, ayat surat al mulk, ar rum pernikahan, ayat alquran tentang persaudaraan, qs. al baqarah ayat 83 menjelaskan tentang

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.