Surat Az-Zukhruf Ayat 27

إِلَّا ٱلَّذِى فَطَرَنِى فَإِنَّهُۥ سَيَهْدِينِ

Arab-Latin: Illallażī faṭaranī fa innahụ sayahdīn

Terjemah Arti: Tetapi (aku menyembah) Tuhan Yang menjadikanku; karena sesungguhnya Dia akan memberi hidayah kepadaku".

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 27

Ada beberapa penjelasan dari beragam mufassir terhadap isi surat Az-Zukhruf ayat 27, antara lain sebagaimana di bawah ini:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kecualii Allah yang telah menciptakanku, Dia akan membimbingku untuk mengikuti jalan yang lurus.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

27. Kecuali Allah Yang telah menciptakanku, sesungguhnya Dia memberiku petunjuk kepada apa yang bermanfaat bagiku dalam mengikuti agama-Nya yang lurus.”


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

27. إِلَّا الَّذِى فَطَرَنِى (tetapi (aku menyembah) Tuhan Yang menjadikanku)
Dan aku mengakui ketuhanan-Nya, dan kepada-Nya aku menyembah dan meminta, bukan kepada selain-Nya.

فَإِنَّهُۥ سَيَهْدِينِ(karena sesungguhnya Dia akan memberi hidayah kepadaku”)
Yakni akan memberiku petunjuk kepada agama-Nya serta meneguhkanku di atas kebenaran.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

27. Akan tetapi (Aku menyembah) Dzat yang menciptakanku yaitu Allah. Dialah Dzat yang aku sembah dan tempat aku berdoa, bukan kepada selainNya. Dialah Dzat yang akan membimbingku menuju agama yang benar dan meneguhkanku atas agama itu.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

27. “tetapi (aku menyembah Rabb) yang menjadikanku,” aku menjadikanNYa sebagai pelindung dan aku mengharap agar Dia memberi petunjuk kepadaku ilmu danmengamalkan kebenaran. Sebagaimana Dia menciptakanku dan mengaturku dengan apa-apa yang menjadikan agama dan duniaku menjadi baik, Dia juga akan memberi petunjuk untukku kepada apa-apa yang menjadikan agama dan akhiratku baik.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 27: (Tetapi aku menyembah Tuhan Yang menjadikanku) menyembah Allah yang telah menciptakan aku (karena sesungguhnya Dia akan memberi taufik kepadaku") artinya Dia pasti membimbingku kepada agama-Nya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dialah yang aku sembah.

Yakni aku berharap Dia memberiku petunjuk kepada ilmu terhadap yang hak dan mengamalkannya. Sebagaimana Dia telah menciptakanku dan mengurusku dengan sesuatu yang memperbaiki fisik dan duniaku, maka Dia akan menunjuki pula aku terhadap hal yang bermaslahat bagi agamaku dan akhiratku.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 27

26-27. Dan ingatlah ketika nabi ibrahim, nenek moyang mereka yang tidak mau mengikuti jejak buruk dari leluhurnya, berkata kepada ayah-Nya dan kaumnya yang menyekutukan Allah dan menyembah berhala-berhala, 'sesungguhnya aku berlepas diri dari apa, yaitu berhala-berhala, yang kamu sembah, kecuali yang kamu sembah itu adalah Allah, tuhan yang telah menciptakan aku, menciptakan kalian, dan apa yang kamu sembah itu; karena sesungguhnya dia pulalah yang akan memberi petunjuk kepadaku untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. '28. Dan dia, yakni ibrahim, menjadikannya, yakni kalimat tauhid yang disampaikannya kepada kaumnya itu, kalimat yang kekal pada keturunannya sesudahnya agar mereka kembali kepada kalimat tauhid itu apabila suatu saat nanti mereka menyimpang dari jalan yang benar dengan menyekutukan Allah.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah aneka ragam penjabaran dari berbagai mufassir terhadap kandungan surat Az-Zukhruf ayat 27, moga-moga menambah kebaikan bagi kita. Bantulah dakwah kami dengan memberikan backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 28 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 29 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 30, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 31, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 32, Makna Az-Zukhruf Ayat 33

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi