Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Shad Ayat 84

قَالَ فَالْحَقُّ وَالْحَقَّ أَقُولُ

Arab-Latin: Qāla fal-ḥaqqu wal-ḥaqqa aqụl

Terjemah Arti: Allah berfirman: "Maka yang benar (adalah sumpah-Ku) dan hanya kebenaran itulah yang Ku-katakan".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

84-85 Allah berfirman ”kebenaran itu adalah dariKu, Aku tidak berfirman kecuali kebenaran, sungguh Aku akan mengisi jahanam denganmu, dan juga keturunanmu serta orang-orang yang mengikutimu seluruhnya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

84. Allah -Ta'ālā- berfirman, ”Kebenaran adalah dari-Ku, kebenaran adalah firman-Ku dan Aku tidak berfirman selain kebenaran.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

84-85. قَالَ فَالْحَقُّ وَالْحَقَّ أَقُولُ لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ (Allah berfirman: “Maka yang benar (adalah sumpah-Ku) dan hanya kebenaran itulah yang Ku-katakan. Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahannam)
Yakni hak-Ku adalah mengisi neraka Jahannam dengan Iblis dan para pengikutnya, dan yang Aku firmankan ini adalah kebenaran.
Allah bersumpah kepada Iblis bahwa Dia akan memasukkannya ke dalam neraka bersama para pengikutnya sehingga neraka akan penuh dengan mereka.

مِنكَ (dengan jenis kamu)
Yakni setan-setan dari jenismu.

وَمِمَّن تَبِعَكَ مِنْهُمْ أَجْمَعِينَ(dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya)
Yakni dari keturunan Adam, yaitu mereka yang mentaatimu saat kamu mengajaknya kepada kesesatan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

84. Allah berkata: maka kebenaran datag dariKU, maka yang benar adalah sumpahKU dan hanya kebenaran itulah yang telah Aku katakan

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

(Allah berfirman, "Maka yang benar adalah sumpah-Ku dan hanya kebenaran itulah yang Kukatakan") dapat dibaca Falhaqqa Wal Haqqa atau Falhaqqu Wal Haqqa; kalau dibaca Nashab berarti dinashabkan oleh Fi'il yang sesudahnya. Bila lafal pertama dinashabkan, menurut suatu pendapat dikatakan, bahwa dinashabkan oleh Fi'll yang telah disebutkan. Menurut pendapat yang lainnya lagi dinashabkan karena menjadi Mashdar, bentuk asalnya adalah Uhiqqal Haqqa. Menurut pendapat yang lainnya lagi karena huruf Qasamnya dicabut. Dibaca Rafa' atas dasar karena menjadi Mubtada yang dibuang Khabarnya, bentuk asalnya adalah Falhaqqu Minnii. Menurut pendapat yang lainnya lagi bentuk asalnya adalah, Falhaqqu Qasami, dan jawab Qasamnya ialah kalimat berikutnya, yaitu:

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Menurut Syaikh As Sa’diy, bahwa maksud firman Allah itu adalah, bahwa kebenaran adalah sifat-Ku dan kebenaran adalah ucapan-Ku.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Allah mengabulkan permintaan iblis seraya berfirman, 'maka yang benar adalah sumpah-ku, dan janji-ku pasti benar. Hanya kebenaran itulah yang aku katakan. 85. Sungguh, aku akan memenuhi neraka jahanam dengan kamu dan keturunanmu, wahai iblis, dan dengan orang-orang yang mengikutimu dalam kesesatan di antara mereka semuanya, yakni anak cucu adam. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Shad Ayat 85 Arab-Latin, Surat Shad Ayat 86 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Shad Ayat 87, Terjemahan Tafsir Surat Shad Ayat 88, Isi Kandungan Surat Az-Zumar Ayat 1, Makna Surat Az-Zumar Ayat 2

Category: Surat Shad

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!