Surat Yunus Ayat 40

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمِنْهُم مَّن يُؤْمِنُ بِهِۦ وَمِنْهُم مَّن لَّا يُؤْمِنُ بِهِۦ ۚ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِٱلْمُفْسِدِينَ

Arab-Latin: Wa min-hum may yu`minu bihī wa min-hum mal lā yu`minu bih, wa rabbuka a'lamu bil-mufsidīn

Artinya: Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.

« Yunus 39Yunus 41 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Tentang Surat Yunus Ayat 40

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 40 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka tafsir berharga dari ayat ini. Tersedia beraneka penjelasan dari banyak ulama tafsir berkaitan isi surat Yunus ayat 40, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan diantara kaummu (wahai rasul), ada orang yang mengimani al-qur’an, dan sebagain dari mereka ada yang tidak mengimaninya hingga mati dalam keyakinan itu dan dibangkitkan dengannya. Dan tuhanmu mengetahui orang-orang yang melakuakn kerusakan yang tidak beriman kepadaNYa dengan dorongan kezhaliman, penentangan dan kerusakan lalu Allah memberikan balasan kepada mereka atas kerusakan yang mereka perbuat dengan siksaan yang sangat keras.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

40-41. Allah menjelaskan kepada rasul-Nya berbagai macam manusia yang telah diutus para rasul kepada mereka, sebagaimana yang akan disebutkan dalam empat ayat ini.

Dan sebagian mereka beriman kepada al-Qur'an dan menjadi pengikutmu, namun sebagian lainnya tidak beriman hingga mereka mati. Dan Tuhanmu Maha Mengetahui orang-orang yang menyebarkan kerusakan di muka bumi.

Jika orang-orang yang berbuat kerusakan itu mendustakanmu, maka katakanlah kepada mereka: “Bagiku agamaku dan bagiku balasan amal perbuatanku, dan bagi kalian agama kalian dan balasan amal perbuatan kalian; kalian tidak akan disiksa karena amal perbuatanku, sebagaimana Aku tidak akan disiksa karena amal perbuatan kalian.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

40. Di antara orang-orang musyrik itu ada orang yang kelak akan percaya kepada Al-Qur`ān sebelum kematiannya. Dan ada yang tidak percaya kepadanya karena keangkuhan dan kesombongannya sampai ajal menjemputnya. Tuhanmu -wahai Rasul- Maha Mengetahui orang-orang yang bersikeras mempertahankan kekafirannya. Dan Tuhanmu akan membalas kekafiran mereka tersebut.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

40. وَمِنْهُم مَّن يُؤْمِنُ بِهِۦ (Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran)
Dalam diri mereka dan mengtahui bahwa al-Qur’an itu benar, namun mereka mendustakannya karena keangkuhan dan kedurhakaan mereka.

وَمِنْهُم مَّن لَّا يُؤْمِنُ بِهِۦ ۚ( dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya)
Yang tidak membenarkannya dalam diri mereka, namun mereka mendustakannya karena kebodohan mereka.

وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ (Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan)
Sehingga Allah membalas mereka sesuai dengan amalan mereka. Dan mereka adalah orang-orang yang bebal dan durhaka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

40 Di antara mereka para penduduk Makkah yang mendustkan Alquran ada juga orang-orang yang beriman kepada Al Quran.,Di antaranya ada pula orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan dan kekufuran


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Di antara mereka ada orang yang beriman padanya, dan di antara mereka ada yang tidak beriman padanya} di antara orang-orang musyrik akan ada yang beriman dengan Al-Qur’an di waktu mendatang dan ketika telah lamu perbuatan dusta mereka. Di antara mereka ada orang yang telah diketahui oleh Allah bahwa dia tidak akan pernah beriman {Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

40. “Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada al-Quran, maksudnya beriman dengan al-Quran dan sesuatu yang dibawanya. “Dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Rabbmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.” Yaitu orang-orang yang tidak beriman kepadanya dengan dasar kezhaliman, penentangan dan kerusakan, maka Dia akan membalas kerusakan mereka dengan azab yang paling berat.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 37-40
Ini menjelaskan mukjizat Al-Qur'an, bahwa tidak ada manusia pun yang mampu membuat hal yang serupa dengan Al Qur'an, tidak pula dengan sepuluh surah, dan satu surah darinya, karena dengan kefasihan bahasa, retorika, keringkasan, keindahan, dan cakupannya atas makna-makna yang berharga dan bermanfaat di dunia dan akhirat, maka itu tidak lain kecuali dari sisi Allah, yang tidak ada sesuatu pun serupa dengan Dzat, sifat, perbuatan, dan firmanNya. Maka firman Allah tidak serupa dengan ucapan makhluk. Oleh karena Allah SWT berfirman: (Tidaklah mungkin Al-Qur'an ini dibuat-buat oleh selain Allah) yaitu serupa dengan Al-Qur'an ini tidak layak kecuali dari sisi Allah, dan ucapan manusia (akan tetapi (Al-Qur'an itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya) yaitu kitab-kitab sebelumnya, menerangkan dan menjelaskannya apa yang terkandung di dalam kitab-kitab itu tentang perubahan, penafsiran, dan penggantian pada kitab tersebut dan fIrman Allah SWT (dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam) yaitu penjelasan tentang hukum-hukum, halal dan haram dengan penjelasan yang memuaskan, cukup, dan benar, tidak ada keraguan padanya dari sisi Allah Tuhan alam semesta.
Firman Allah: (Atau (patutkah) mereka mengatakan, "Muhammad membuat-buatnya.” Katakanlah, "(Kalau benar yang kalian katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kalian panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kalian orang-orang yang benar” (38)) yaitu jika kalian menuduh, membuat-buat, dan meragukan bahwa Al-Qur'an ini dari sisi Allah; dan kalian mengatakan dusta,”Ini dari Muhammad sendiri. dan dia itu adalah manusia, sama seperti kalian” Jika kalian datang dengan apa yang kalian sangkakan terhadap Al-Qur’an, maka datangkanlah surah yang serupa dengannya, yaitu sejenis dengan Al-Qur'an, dan minta tolonglah dalam hal itu kepada semua orang yang mampu kalian mintai pertolongan dari kalangan manusia dan jin.
Firman Allah: (Yang sebenarnya mereka mendustakan apa yang mereka belum mengetahuinya dengan sempurna, padahal belum datang kepada mereka penjelasannya) yaitu bahkan mereka mendustakan Al-Qur'an, tidak memahaminya, dan tidak mengenalinya (padahal belum datang kepada mereka penjelasannya) yaitu mereka masih tidak memahami petunjuk dan agama yang benar di dalamnya sampai mereka mendustakannya karena ketidaktahuan dan kebodohan mereka (Demikianlah orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul)) yaitu umat-umat yang terdahulu (Maka perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang zalim itu) yaitu lihatlah bagaimana Kami membinasakan mereka karena mendustakan para rasul Kami dengan zalim, angkuh, kafir, membangkang, dan bodoh. Maka waspadalah, wahai orang-orang yang mendustakan, kalian pasti ditimpa sesuatu yang telah menimpa mereka.
Firman Allah: (Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al-Qur'an) yaitu di antara mereka yang kamu diutus kepada mereka, wahai Muhammad, ada orang-orang yang beriman kepada Al-Qur'an ini dan mengikutimu serta mengambil manfaat dari risalah yang kamu sampaikan. (dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya) Bahkan mati dalam hal itu dan akan dibangkitkan dalam keadaan itu juga (Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan) yaitu Dia lebih mengetahui siapa yang layak mendapat petunjuk, lalu Dia memberinya petunjuk; dan siapa yang layak tersesat, lalu Dia menyesat­kannya. Dia adalah Dzat yang Maha Adil dan tidak berbuat aniaya, bahkan Dia memberi kepada masing-masingnya sesuai dengan apa yang kayak baginya. Maha Tinggi dan Maha Suci Allah, tidak ada Tuhan selain Dia.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 40: Yakni penduduk Mekah.

Selama-lamanya.

Mereka itu adalah orang-orang yang tidak beriman kepada Al Qur’an dengan sikap keras dan zalim. Kalimat ini merupakan ancaman kepada mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 40

Pada ayat sebelumnya dijelaskan bahwa secara umum orangorang musyrik menolak kebenaran Al-Qur'an bahkan menuduh nabi Muhammad telah membuat-buat Al-Qur'an, lalu pada ayat ini dijelaskan bahwa ternyata di antara mereka orang-orang musyrik itu ada orang-orang yang beriman kepadanya, yakni mengakui kebenaran Al-Qur'an hanya dalam hatinya, tetapi lahiriyahnya tetap menolak, dan di antaranya ada pula orang-orang yang tidak beriman kepadanya, tidak mengakui kebenaran Al-Qur'an baik secara lahir baupun batin. Sedangkan tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan, yakni mengikuti kebatilan dan menolak kebenaran yang bersumber dari tuhan pemelihara alam. Allah akan memberi balasan atas apa yang mereka kerjakan. Bersabarlah dan berteguhhatilah dalam menyampaikan kebenaran, dan jika mereka orang-orang musyrik itu tetap mendustakanmu wahai nabi Muhammad, maka katakanlah, bagiku pekerjaanku dan aku akan bertanggung jawab atas pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu dan kamu akan bertanggung jawab atas pekerjaan kamu di hadapan Allah. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan. Setiap orang akan mempertanggungjawabkan pekerjaannya masing-masing.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penafsiran dari berbagai ahli ilmu terkait isi dan arti surat Yunus ayat 40 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita. Sokong syi'ar kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dicari

Terdapat berbagai halaman yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: Yasin 82, Fatir 37, Al-Buruj, Innallaha Ma’ash Shabiriin, Ar-Rahman 13, Al-Baqarah 177. Termasuk Ayat 15 (Lima Belas), Al-Isra, Ar-Rum 21, An-Nisa 36, Al-Qashash 77, Ibrahim 7.

  1. Yasin 82
  2. Fatir 37
  3. Al-Buruj
  4. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  5. Ar-Rahman 13
  6. Al-Baqarah 177
  7. Ayat 15 (Lima Belas)
  8. Al-Isra
  9. Ar-Rum 21
  10. An-Nisa 36
  11. Al-Qashash 77
  12. Ibrahim 7

Pencarian: annisa 11, surah an naba lengkap, ayat 72 yasin, tafsir al fajr, surah an nahl ayat 49

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: