Surat Al-Hijr Ayat 9


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Arab-Latin: Innā naḥnu nazzalnaż-żikra wa innā lahụ laḥāfiẓụn

Terjemah Arti: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sesungguhnya Kami telah menurunkan al-qur’an pada nabi Muhammad dan Kamilah yang menjaga dan memeliharanya dari tambahan yang akan dibubuhkan padanya atau dikurangi, maupun akan hilangnya sesuatu darinya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

9. Hanya Kami semata yang menurunkan Al-Qur`ān ini ke dalam hati Muhammad sebagai peringatan bagi manusia. Sesungguhnya Kami menjaga Al-Qur`ān ini dari penambahan, pengurangan, penggantian dan penyimpangan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

9. إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ (Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran)
Yakni kitab yang mereka ingkari dan menjadi sebab penuduhanmu sebagai orang gila.

وَإِنَّا لَهُۥ لَحٰفِظُونَ (dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya)
Ini merupakan janji Allah untuk menjaga al-Qur’an dari pengubahan, penggantian, penambahan, pengurangan, dan segala yang tidak layak baginya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

9. Sesungguhnya Kami lah (Allah) yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami juga Yang akan benar-benar memeliharanya dari pemalsuan, perubahan, penggantian, penambahan maupun pengurangan. Ini adalah jawaban atas pengingkaran dan olok-olok mereka

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Makna kata: (إِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا ٱلذِّكۡرَ) Innaa nahnu nazzalnadz dzikr : “Sungguh Kami yang telah menurunkan Adz-Dzikr.” Al-Qur’an.

Makna ayat:
Firman-Nya pada ayat 9: (إِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا ٱلذِّكۡرَ) “Sungguh Kami telah menurunkan Al-Qur’an” yaitu Al-Qur’an (وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ) “dan Kamilah yang akan menjaganya.” Dari kepunahan, tambahan, dan pengurangan, karena ia adalah hujjah Kami atas para makhluk hingga hari kiamat, Kami menurunkan Adz-Dzikra (Al-Qur’an) sebagai petunjuk, rahmat, obat, dan cahaya, mereka menginginkan azab, sedangkan Allah menginginkan rahmat. Dan Al-Qur’an turun dengan perantara malaikat, dan para malaikat jika turun ia akan naik kembali menuju langit, sehingga tidak tersisa sebagai bukti kerasulan, kecuali Al-Qur’an, namun mereka tidak menginginkan untuk beriman, mereka bukanlah yang pertama kafir dan ingkar, telah lalu umat-umat, kaum, dan kelompok yang diutus kepada mereka Rasul dari kalangan mereka, lalu merekapun mendustakan mereka dan menentangnya.

Pelajaran dari ayat:
• Penjelasan penjagaan Allah terhadap Al-Qur’anul Karim dari penambahan, pengurangan, dan dari kepunahan.

Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Cukuplah sebenarnya bukti kerasulan Beliau dengan diturunkan Al Qur’anul Karim dan dijaga-Nya dari perubahan, penyelewengan, penambahan dan pengurangan.

Baik ketika diturunkan maupun setelah diturunkan. Ketika diturunkan adalah dengan dijauhkan dari setan yang terkutuk dan setelah diturukan adalah dengan disimpan dalam hati Rasul-Nya dan hati sebagian umatnya, demikian juga dengan dijaga lafaznya dari perubahan, penambahan dan pengurangan serta dijaga maknanya dari penyelewengan. Oleh karena itu, tidak ada seorang pun yang hendak menyelewengkannya kecuali Allah mengadakan orang yang menerangkan kebenaran. Ayat ini memberikan jaminan terhadap kesucian dan kemurnian Al Quran selama-lamanya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Untuk membuktikan kebenaran pengakuan nabi Muhammad bahwa ayat-ayat yang disampaikannya benar-benar berasal dari Allah, dia berfirman, sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur'an melalui perantara malaikat jibril yang diragukan oleh kaum kafir itu, dan pasti kami pula bersama malaikat jibril dan kaum mukmin yang selalu memelihara keaslian, kesucian, dan kekekalan-Nya hingga akhir zaman. Pendustaan yang dialami oleh nabi Muhammad juga terjadi pada para rasul sebelumnya. Allah menyatakan, dan sungguh, kami telah mengutus beberapa rasul sebelum kami mengutus engkau, wahai nabi Muhammad. Kami telah mengutus mereka kepada umat-umat terdahulu.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Al-Hijr Ayat 10 Arab-Latin, Surat Al-Hijr Ayat 11 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Hijr Ayat 12, Terjemahan Tafsir Surat Al-Hijr Ayat 13, Isi Kandungan Surat Al-Hijr Ayat 14, Makna Surat Al-Hijr Ayat 15

Category: Surat Al-Hijr


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!