Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 54

كُلُوا وَارْعَوْا أَنْعَامَكُمْ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِأُولِي النُّهَىٰ

Arab-Latin: Kulụ war'au an'āmakum, inna fī żālika la`āyātil li`ulin-nuhā

Terjemah Arti: Makanlah dan gembalakanlah binatang-binatangmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu, terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berakal.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan makanlah (wahai sekalian manusia) dari apa-apa yang baik-baik yang telah Kami tumbuhkan bagi kalian, dan gembalakanlah hewan-hewan dan ternak-ternak kalian. Sesungguhnya pada hal-hal yang disebutkan itu benar-benar terdapat tanda-tanda yang menunjukkan Kuasa Allah dan seruan untuk mengesakan Allah (dalam Dzat dan SifatNya) dan mengesakanNya dengan ibadah bagi orang yang memiliki akal yang selamat.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

54. Makanlah -wahai manusia- dari makanan yang baik yang Kami berikan kepadamu, dan gembalakanlah hewan ternak kalian, karena sungguh pada aneka nikmat yang Kami sebutkan itu pasti terdapat tanda-tanda kekuasaan dan keesaan Allah bagi orang-orang yang berakal.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

54. كُلُوا۟ وَارْعَوْا۟ أَنْعٰمَكُمْ ۗ (Makanlah dan gembalakanlah binatang-binatangmu)
Allah memberi karunia-Nya dengan menciptakan tumbuh-tumbuhan dengan berbagai jenisnya yang baik bagi manusia dan binatang ternak.

إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّأُو۟لِى النُّهَىٰ( Sesungguhnya pada yang demikian itu, terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berakal)
Yakni orang-orang yang memiliki akal yang sehat.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

54. Makanlah kalian dari tumbuhan-tumbuhan itu dan peliharalah hewan-hewan ternak kalian dengannya. Sesungguhnya dalam sesuatu yang disebutkan disini menunjukkan kepada keesaan Allah dan kekuasaanNya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Susunan ayat ini nampaknya menunjukkan karunia-Nya kepada manusia. Ayat ini menunjukkan bahwa hukum asal semua tumbuhan adalah mubah, sehingga tidak ada yang haram selain yang membahayakan seperti racun, ganja, dsb.

Demikian pula menunjukkan karunia Allah, ihsan-Nya, rahmat-Nya, luasnya kepemurahan-Nya, perhatian-Nya, dan menunjukkan bahwa hanya Allah-lah Tuhan yang berhak disembah satu-satunya, dan yang berhak mendapat pujian dan sanjungan, dan bahwa Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Di samping itu, dihidupkan-Nya tanah yang sebelumnya mati menunjukkan bahwa Dia mampu menghidupkan orang-orang yang telah mati.

Akal disebut “nuha” karena ia melarang pemiliknya dari mengerjakan perbuatan buruk. Dikhususkan kepada orang-orang yang berakal, karena hanya mereka yang dapat mengambil manfaat dan pelajaran darinya, di mana mereka memandangnya dengan pandangan yang disertai pengambilan pelajaran. Adapun selain mereka, maka tidak ubahnya seperti hewan ternak, melihat tanpa mengambil pelajaran, pandangan mereka tidak sampai mengetahui maksud daripadanya, bahkan yang mereka peroleh sebagaimana yang diperoleh binatang ternak yaitu bersenang-senang semata; hanya makan dan minum, sedangkan hati mereka lalai dan badan mereka berpaling. Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, ”Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi yang mereka lalui, sedang mereka berpaling daripadanya.” (Terj. Yusuf: 105)

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Kami telah menganugerahkan kepadamu berjenis-jenis tetumbuhan, maka makanlah dan gembalakanlah hewan-hewanmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang yang berakal. 55. Kami hamparkan tanah untuk kamu. Sesungguhnya darinya kami menciptakan kamu, wahai fir'aun dan seluruh manusia, dan kepadanyalah kami akan mengembalikan kamu setelah mati, dan dari sanalah pula kami akan mengeluarkan kamu pada waktu yang lain, yaitu pada hari kebangkitan. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 55 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 56 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 57, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 58, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 59, Makna Surat Thaha Ayat 60

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!