Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 53

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ مَهْدًا وَسَلَكَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلًا وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْ نَبَاتٍ شَتَّىٰ

Arab-Latin: Allażī ja'ala lakumul-arḍa mahdaw wa salaka lakum fīhā subulaw wa anzala minas-samā`i mā`ā, fa akhrajnā bihī azwājam min nabātin syattā

Terjemah Arti: Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan Yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-ja]an, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dia-lah yang menjadikan bagi kalian bumi yang mudah dimanfaatkan oleh kalian. Dan Dia menjadikan di dalamnya jalan-jalan yang banyak, dan menurunkan air hujan dari langit. Kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai macam tumbuhan yang berbeda-beda.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

53. Tuhan yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan agar kalian bisa hidup di atasnya, dan menjadikan jalan-jalan yang pantas dilalui agar kalian bisa berjalan di atasnya, dan menurunkan air hujan dari langit." Lalu dengan air itu Kami tumbuhkan berbagai jenis aneka tumbuh-tumbuhan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

53. الَّذِى جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ مَهْدًا (Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan)
Seperti Kasur yang dihamparkan sehingga kalian dapat hidup di atasnya dengan penuh kemudahan.

وَسَلَكَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلًا(dan Yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-ja]an)
Yakni jalan-jalan yang dimudahkan untuk kalian lalui.

وَأَنزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً(menurunkan dari langit air hujan)
Yakni air hujan.

فَأَخْرَجْنَا بِهِۦٓ أَزْوٰجًا مِّن نَّبَاتٍ شَتَّىٰ( Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam)
Yakni berbagai jenis tumbuhan yang berbeda-beda.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

53. Dzat yang menciptakan untuk kalian bumi yang terhampar layaknya kasur supaya bisa hidup di atasnya dengan mudah, dan memudahkan untuk kalian jalan yang bisa kalian lewati dari satu tanah menuju tanah lainnya supaya kalian bisa mendapatkan manfaatnya. Serta menurunkan hujan dari langit (awan), lalu dengan hujan itu Kami menumbuhkan berbagai jenis tumbuhan yang berbeda-beda warna, rasa dan aromanya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Sehingga meskipun bulat, kamu dapat tinggal dan menetap di sana, mendirikan bangunan dan menggarap tanahnya.

Dari tempat yang satu ke tempat yang lain, dari daerah yang satu ke daerah yang lain, dsb. Sehingga mereka dapat pergi ke daerah yang jauh dengan mudah.

Sebagai rezeki untuk kita dan hewan ternak kita. Jika tidak ada tumbuhan, tentu manusia dan hewan tidak dapat makan dan akan binasa.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Wahai fir'aun, Allah adalah tuhan yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu, juga bagi seluruh manusia, dan menjadikan jalanjalan yang rata dan lebar di atasnya bagimu agar kamu mudah bepergian, dan dia pula yang menurunkan air hujan dari langit untuk menyuburkan tanah di sekitarmu. ' Allah beralih menggunakan kalimat langsung dari- nya, 'kemudian, kami tumbuhkan dengannya, yakni dengan air hujan itu, berjenis-jenis tumbuh-tumbuhan dengan beragam bentuk, rasa, dan kegunaan. 54. Kami telah menganugerahkan kepadamu berjenis-jenis tetumbuhan, maka makanlah dan gembalakanlah hewan-hewanmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang yang berakal.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 54 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 55 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 56, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 57, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 58, Makna Surat Thaha Ayat 59

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!