Surat An-Nas Ayat 3

إِلَٰهِ النَّاسِ

Terjemah Arti: Sembahan manusia.

TAFSIR AYAT

Tuhan semabahan manusia yang tidak ada sesembahan yang haq kecuali Dia

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

3. Dzat yang disembah manusia dengan sebenar-benarnya, dan nama Tuhan itu hanya dikhususkan untuk Allah SWT, dan tidak ada satupun sekutu bagiNya. Ini adalah tiga sifat Allah, yaitu Rububiyyah, Malik, dan Uluhiyyah (Mendidik, Merajai dan Menjadi Tuhan)

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Aku berlindung dengan Tuhan manusia dan sesembahan mereka yang benar, yang memalingkan keburukan sihir dan ‘ain, serta keburukan setan dari kalangan manusia dan jin.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

3. Sesembahan mereka yang benar tidak ada sesembahan mereka yang benar kecuali Allah

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

{ إِلَٰهِ النَّاسِ } Inil adalah sifat ketiga yang disebutkan dalam surah ini, "Al-Ilah" berarti : "Al-Ma'bud" yang disembah, dan "Al-Ma'bud" terbagi menjadi dua bagian :

- Sembahan yang haq, dan ini hanyalah milik Allah - عز وجل - semata.
- Sembahan yang bathil, yaitu sembahan selain Allah - عز وجل - dari sembahan-sembahan kaum musyrikin, dan mereka juga berasal dari manusia atau benda-benda mati tak bernyawa.

Jadi dalam surah ini disimpulkan ada tidak macam dari pembagian tauhid : "Rabb" dan "Al-Malik" dan "Al-Ilah".

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Sembahan manusia, tuhan yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Itulah tuhan yang patut disembah dan dimintai perlindungan. 4-6. Aku berlindung kepada-Nya dari kejahatan bisikan setan yang bersembunyi pada diri manusia dan selalu bersamanya layaknya darah yang mengalir di dalam tubuhnya, yang membisikkan kejahatan dan kesesatan ke dalam dada manusia dengan cara yang halus, lihai, licik, dan menjanjikan secara terus-menerus. Aku berlindung kepada-Nya dari setan pembisik kejahatan dan kesesatan yang berasal dari golongan jin, yakni makhluk halus yang tercipta dari api, dan juga dari golongan manusia yang telah menjadi budak setan.

Tafsir Ringkas Kemenag

Ustadza