Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 55

۞ مِنْهَا خَلَقْنَاكُمْ وَفِيهَا نُعِيدُكُمْ وَمِنْهَا نُخْرِجُكُمْ تَارَةً أُخْرَىٰ

Arab-Latin: Min-hā khalaqnākum wa fīhā nu'īdukum wa min-hā nukhrijukum tāratan ukhrā

Terjemah Arti: Dari bumi (tanah) itulah Kami menjadikan kamu dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu dan daripadanya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain,

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dari bumi Kami menciptakan kalian (wahai sekalian manusia) dan kedalamnya Kami akan mengembalikan kalian setelah kematian kalian, dan dari dalam bumi, Kami akan mengeluarkan kalian hidup-hidup dalam kehidupan yang lain lagi untuk menghadapi proses perhitungan amal perbuatan dan pembalasannya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

55. Dari tanah bumi inilah Kami menciptakan nenek moyang kalian yaitu Adam -'alaihissalām-, dan kepada tanah itulah Kami akan mengembalikan kalian ketika kalian mati, dan darinyalah Kami akan mengeluarkan kalian pada kali yang lain untuk dibangkitkan pada hari Kiamat kelak.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

55. مِنْهَا خَلَقْنٰكُمْ (Dari bumi (tanah) itulah Kami menjadikan kamu)
Yakni dari tanah Kami ciptakan kalian dalam lingkup penciptaan Adam.

وَفِيهَا (dan kepadanya)
Yakni pada tanah itu.

نُعِيدُكُمْ (Kami akan mengembalikan kamu)
Setelah kematian kalian akan dikubur di dalamnya, kemudian tubuh kalian akan hancur sampai menjadi bagian dari tanah.

وَمِنْهَا (dan daripadanya)
Yakni dari tanah.

نُخْرِجُكُمْ تَارَةً أُخْرَىٰ (Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain)
Yang membangkitkan kalian.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

55. Pada dasarnya Kami menciptakan kalian dari tanah, karena sesungguhnya tanah adalah asal mula penciptaan Adam. Dan ke dalam tanah pula Kami mengembalikan kalian setelah mati dengan dikuburkan di dalamnya. Serta dari bumi juga Kami membangkitkan kalian untuk kesekian kalianya untuk dihisab dan dibalas.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dengan dikubur dalam tanah setelah mati.

Untuk dibangkitkan.

Ayat 53 dan 55 menunjukkan Allah Mahakuasa menghidupkan kembali, sebagaimana Dia berkuasa menghidupkan tanah yang mati dan menciptakan mereka darinya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Kami hamparkan tanah untuk kamu. Sesungguhnya darinya kami menciptakan kamu, wahai fir'aun dan seluruh manusia, dan kepadanyalah kami akan mengembalikan kamu setelah mati, dan dari sanalah pula kami akan mengeluarkan kamu pada waktu yang lain, yaitu pada hari kebangkitan. '56. Meski mendapat bukti nyata yang menguatkan dakwah nabi musa, fir'aun tetap enggan beriman. Dan sungguh, kami telah memperlihatkan kepadanya tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan kami semuanya. Namun, ternyata dia keras kepala dan terus mendustakan dan enggan menerima kebenaran. Ia pun tidak mau patuh pada risalah yang disampaikan kepadanya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 56 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 57 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 58, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 59, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 60, Makna Surat Thaha Ayat 61

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!