Innallaha Ma’ash Shabiriin

Kehidupan tidak selamanya sesuai dengan harapan kita. Kadang yang kita inginkan tidak tercapai, kadang yang tidak kita inginkan malah kita dapatkan. Dalam posisi seperti itu kita hanya bisa bersabar, karena Innallaha ma’ash shabiriin, … Apa artinya? Innallaha ma’ash shabiriin memliki makna bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang sabar. Yang bagaimana sabarnya? Yang bagaimana kebersamaannya? Berikut tafsirnya:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Arab-Latin: yā ayyuhallażīna āmanusta'īnụ biṣ-ṣabri waṣ-ṣalāh, innallāha ma'aṣ-ṣābirīn

Terjemah Arti: Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Tafsir Innallaha Ma’ash Shabiriin

Wahai sekalian orang-orang yang beriman, Mintalah bantuan dari Allah dalam seluruh urusan kalian dengan bersabar dalam menghadapi berbagai bala dan musibah, dan  bersabar dalam meninggalkan maksiat-maksiat dan dosa-dosa ,serta bersabar dalam menjalankan ketaatan dan ibadah-ibadah serta amalan yang mendekatkan kepada Allah, dan dengan shalat yang menyebabkan jiwa-jiwa menjadi tentram, serta dapat menahan diri dari perbuatan keji dan munkar. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar dengan pertolongan Nya,  Taufik dan tuntunan Nya kepada jalan yang lurus.Dalam ayat ini terdapat dalil penetapan “Ma’iyyah” (kebersamaan) Allah yang khusus bagi kaum Mukminin, yang mendatangkan apa yang telah disebutkan. Adapun “ma’iyyah” (kebersamaan) yang bersifat umum yang bermakna mengetahui dan meliputi, maka itu berlaku umum pada semua makhluk. (Tafsir al-Muyassar)

Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan dengan kesabaran dan salat untuk melakukan ketaatan kepada-Ku dan tunduk pada perintah-Ku. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Dia senantiasa membimbing dan menolong mereka. (Tafsir al-Mukhtashar)

Wahai orang-orang mukmin, saling tolong menolonglah dengan penuh kesabaran dalam menanggung beban yang disyariatkan seperti shalat, puasa dan jihad, serta dengan melakukan shalat yang bisa mempererat hubungan dengan Allah, menghilangkan kesedihan, dan kebingungan. Sesungguhnya Allah menemani dan menyelamatkan orang-orang yang bersabar (Tafsir al-Wajiz)

اسْتَعِينُوا۟ بِالصَّبْرِ وَالصَّلَوٰةِ ۚ (jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu) Yakni dalam menjalankan perintah-Nya dan cobaan yang Dia berikan kepada kalian.إِنَّ اللَّـهَ مَعَ الصّٰبِرِينَ (sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar) Yakni dengan memberikan apa yang mereka inginkan (Zubdatut Tafsir)

Terkait: « | »

Kategori: Tafsir Topik