Surat Ar-Rum Ayat 21

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Arab-Latin: Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja'ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

« Ar-Rum 20Ar-Rum 22 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Mengenai Surat Ar-Rum Ayat 21

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rum Ayat 21 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasikan berbagai penjelasan dari para mufassirun mengenai kandungan surat Ar-Rum ayat 21, di antaranya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan diantara ayat-ayat Allah yang menunjukkan kebesaran Allah dan kesempurnaan KuasaNya adalah bahwa Dia menciptakan para istri untuk kalian (wahai kaum laki-laki) dari jenis kalian sendiri, agar jiwa kalian menjadi tenang dan damai kepadanya, dan Dia menjadikan kecintaan dan kasih sayang antara suami dan istri. Sesungguhnya dalam penciptaan Allah terhadap semua itu terkandung petunjuk atas Kuasa Allah dan keesaanNya bagi kaum yang berpikir dan mengambil pelajaran.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

21. Dan termasuk tanda keesaan Allah juga, Dia menciptakan istri-istri bagi kalian -hai para lelaki- dari golongan kalian sendiri, agar kalian merasa tentram dengan mereka. Dan Allah menjadikan rasa cinta dan kasih sayang di antara kalian.

Sungguh pada pengaturan yang bijaksana itu merupakan tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah bagi orang-orang yang memikirkan kekuasaan dan kebesaran-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

21. Dan di antara tanda-tanda-Nya yang agung sekaligus menunjukkan kekuasaan-Nya dan keesaan-Nya, bahwa Dia menciptakan untuk kalian -wahai orang laki-laki- dari jenismu pasangan-pasangan agar jiwa kalian merasa cenderung dan tenang kepadanya karena ada kesamaan di antara kalian. Dan Dia menjadikan rasa cinta di antara kalian dan mereka. Sesungguhnya di dalam hal itu sungguh terdapat bukti-bukti dan tanda-tanda yang jelas bagi orang-orang yang berfikir, karena hanya orang-orang yang berfikir sajalah yang bisa mendapatkan faedah dari pemikiran akal mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

21. وَمِنْ ءَايٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوٰجًا (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri)
Yakni diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya untuk membangkitkan makhluk-Nya adalah Dia menciptakan bagi kalian wanita-wanita dari jenis manusia yang kalian nikahi.

لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا(supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya)
Yakni agar kalian condong kepada mereka. Dan menetapkan bahwa dari diri mereka terdapat ketentraman dan ketenangan bagi jiwa kalian.

وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ( dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang)
Yakni rasa kasih sayang dan cinta antara suami dan istrinya di dalam ikatan pernikahan. Mereka saling berlemah lembut padahal sebelumnya mereka berdua tidak saling mengenal dan tidak saling mencintai.
Imam Mujahid berpendapat yang dimaksud dengan (المودة) adalah berjima’ dan (الرحمة) adalah keturunan.

إِنَّ فِى ذٰلِكَ(Sesungguhnya pada yang demikian itu)
Yakni hal yang telah disebutkan itu.

لَاٰيٰتٍ(benar-benar terdapat tanda-tanda)
Yakni tanda-tanda yang sangat menakjubkan dan sangat jelas dalam menunjukkan kekuasaan dan hikmah Allah.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1 ). Meningkatnya angka kasus perceraian mencapai jumlah yang menakutkan -mendekati 40.000 kasus dalam satu tahun- dan ini telah menyalahi asal dari tujuan pernikahan suami istri: { خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا } "Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya" jika tercapai ketentraman, niscaya tidak akan terjadi perceraian -umumnya- oleh karenanya pasti ada sebab yang menghalangi tercapainnya tujuan asal itu, solusinya: perbaiki hubungan dirimu dengan dengan Allah ta'ala; maka Allah akan memperbaiki pasanganmu, perhatikan ayat ini: { وَأَصْلَحْنَا لَهُۥ زَوْجَهُ } "dan Kami jadikan isterinya lebih baik" [ Al-Anbiya' : 90 ].

2 ). Prinsip kehidupan rumah tangga tanpa terputus adalah:
- Setiap pihak merasa betah dengan pasangannya
- Kasih sayang
- Kecintaan

Dan jika salah satunya terabaikan, maka ada kekurangan dalam mencapai tujuan ayat Allah ta'ala pada diri seorang yang lalai, amati ayat ini:

{ وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ }
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

3 ). Siapa yang benar-benar mengamati al-Qur'an, ia akan memahami bahwa kata (السكن) adalah rahasia sebuah eksistensi yang Al-Qur'an menunjukkan jalan untuk mencapainya pada hubungan antara laki-laki dan perempuan { لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا } "supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya"; oleh karena itu diantara tujuan utama seorang perempuan dalam kehidupan setelah menunaikan hak Allah ta'ala adalah mempelajari bagaimana menjadi sebab kecendrungan dan ketentraman suaminya dan keluarganya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

21. Di antara ayat-ayat Allah SWT juga yang menunjukkan kepada kebangkitan adalah Dia menciptakan untuk kalian pasangan-pasangan dari golongan manusia agar kalian dapat mewujudkan ketenangan dan kesenangan. Dia juga menumbuhkan cinta dan kasih antara suami-istri. Sesungguhnya dalam hal itu ada ayat-ayat yang menunjukkan kekuasaan Allah SWT bagi kaum yang mau memikirkan ciptaan Allah SWT, pengaturanNya, kekuasaanNya, dan kebijaksanaanNya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Di antara tanda-tandaNya ialah bahwa Dia menciptakan untuk kalian pasangan-pasangan dari diri kalian} dari jenis kalian {agar kalian tenteram dengannya} agar kalian bersatu dan tenang dengannya {Dia menjadikan di antara kalian rasa cinta dan kasih sayang} rasa cinta dan kasih sayang {Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

21. “dan di antara tanda-tandaNya” yang membuktikan rahmatNya terhadap hamba-hambaNya, kebijaksanaanNya yang agung dan ilmuNya yang mencakup segala sesuatu, ”ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri,” mereka yang serasi dengan kalian, dan kalian serasi dengan mereka, mereka serupa dengan kalian, dan kalian serupa dengan mereka, “supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih sayang,” dengan memberikan pada pernikahan itu berbagai sebab yang dapat mendatangkan rasa kasih sayang, sehingga dengan adanya istri dapat merasakan kenikmatan, kelezatan dan manfaat dengan adanya anak-anak, mengasuh mereka dan dapat merasakan kedamaian padanya. Anda biasanya tidak akan menjumpai pada seseorang rasa kasih dan sayang seperti yang dapat dirasakan oleh kedua suami istri “sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir,” yaitu mereka yang mengaktifkan akal pikiran mereka, merenungkan ayat-ayat Allah dan berpindah (dalam merenung) dari sesuatu ke suatu yang lain.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 20-21
Allah SWT berfirman: (Di antara tanda-tanda kekuasaanNya) yaitu yang menunjukkan keagungan dan kesempurnaan kekuasaanNya bahwa Dia telah menciptakan nenek moyang kalian, yaitu nabi Adam dari tanah liat (kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak) Asal mula kalian dari tanah liat, kemudian dari air yang hina, kemudian menjadi segumpal darah yang menempel, kemudian menjadi segumpal daging, lalu menjadi tulang-tulang yang berbentuk manusia, kemudian Allah memakaikan daging tulang-tulang itu dan meniupkan ruh ke dalamnya, maka tiba-tiba dia menjadi manusia yang mempunyai pendengaran dan penglihatan. Kemudian dia keluar dari perut ibunya dalam keadaan kecil dan lemah. Lalu setiap kali bertambah usianya, maka bertambah kekuatannya, dan bertambah kuat gerakannya, sehingga dia menjadi manusia yang sempurna dan mampu membangun kota-kota dan benteng-benteng serta melakukan perjalanan ke berbagai wilayah, menaiki perahu di laut dan mengelilingi dunia. Dia berusaha dan mengumpulkan harta. Dia mempunyai pikiran, wawasan, nalar, pendapat, ilmu, dan keluasan tentang perkara dunia dan akhirat yang masing-masing sesuai dengan kemampuannya. Maha Suci Dzat yang telah membuat mereka memiliki kemampuan, berjalan, menundukkan mereka, dan mengarahkan mereka dalam menjalani kehidupan dan beragam mata pencaharian. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia men­ciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak (20))
Firman Allah SWT: (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia men­ciptakan untukmu istri-istrimu dari jenismu sendiri) yaitu,”Dia menciptakan bagi kalian kaum wanita dari jenis kalian yang menjadi istri-istri kalian (supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya) sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan darinya Dia menciptakan istrinya, agar dia merasa senang kepada­nya) (Surah Al-A'raf: 189) yang dimaksud adalah Hawa. Allah menciptakannya dari nabi Adam, yaitu dari tulang rusuknya yang paling pendek dari sebelah kirinya.
Seandainya Allah SWT menjadikan semua anak cucu nabi Adam terdiri dari laki-laki, dan menjadikan pasangan mereka dari jenis lain, seperti dari jenis jin atau hewan, maka tidak akan terjadi kerukunan dan perkawinan di antara mereka ini. Bahkan yang terjadi adalah pertentangan, seandainya mereka berpasangan bukan dari jenis mereka. Kemudian di antara kesempurnaan rahmat Allahkepada anak cucu nabi Adam adalah Dia menjadikan pasangan mereka dari jenis mereka sendiri, dan menjadikan (kasih) yaitu cinta dan (sayang) yaitu rasa sayang, di antara pasangan-pasangan itu. Karena seorang lelaki itu tetap memegang wanita karena kecintaannya kepadanya atau karena rasa sayangnya kepadanya, karena mempunyai anak darinya, atau kerena wanita itu membutuhkannya untuk menafkahinya, atau keduanya saling menyukai, dan hal lainnya (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rum ayat 21: Sebagian dari tanda akan kemaha-esaan dan kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya adalah bahwasanya Allah menciptakan kalian dari jenis kalian berupa perempuan sebagai istri, yang tinggal dengan kalian karena pernikahan, yang kalian lembut kepada istri-istri kalian dan condong kepadanya. Allah jadikan di antara kalian kecintaan, simpati dan kasih sayang, sungguh itu semua adalah tanda yang jelas akan kemaha esaaan Allah dan kasih sayang-Nya kepada makhluk-Nya bagi kaum yang menjalankan akal mereka dan memikirkannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni yang menunjukkan kasih sayang-Nya, perhatian-Nya kepada hamba-hamba-Nya, kebijaksanaan-Nya yang besar, dan ilmu-Nya yang meliputi.

Maksudnya, yang sesuai dan seperti kamu..

Dengan adanya pasangan, kedua belah pihak dapat bersenang-senang, tidak kesepian, memperoleh manfaat adanya anak, serta mendidik mereka dan cenderung kepada pasangannya. Oleh karena itu, kita hampir tidak menemukan rasa cinta dan sayang lebih dalam seperti yang terdapat dalam pernikahan.

Yakni yang menjalankan akal pikirannya, mentadabburi ayat-ayat Allah, dan berpindah dari satu keadaan kepada keadaan yang lain.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rum Ayat 21

Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah bahwa dia telah menciptakan pasangan-pasangan untukmu, laki-laki dengan perempuan dan sebaliknya, dari jenismu sendiri agar kamu cenderung dan mempunyai rasa cinta kepadanya dan merasa tenteram bersamanya setelah disatukan dalam ikatan pernikahan; dan sebagai wujud rahmat-Nya. Dia menjadikan di antaramu potensi untuk memiliki rasa kasih dan sayang kepada pasangannya sehingga keduanya harus saling membantu untuk mewujudkannya demi terbentuknya bangunan rumah tangga yang kukuh. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebe-saran Allah bagi kaum yang berpikir bahwa tumbuhnya rasa cinta adalah anugerah Allah yang harus dijaga dan ditujukan ke arah yang benar dan melalui cara-cara yang benar pula. 22. Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah penciptaan langit tanpa penyangga dan bumi yang terhampar, demikian pula perbedaan bahasamu yang diucapkan dengan mulut yang terdiri atas unsur yang sama: bibir, gigi, dan lidah; dan perbedaan warna kulitmu meski kamu berasal dari sumber yang satu. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda eksistensi dan keesaan-Nya bagi orang-orang yang mengetahui atau berilmu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penjelasan dari banyak pakar tafsir mengenai kandungan dan arti surat Ar-Rum ayat 21 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita semua. Sokonglah syi'ar kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Banyak Dikunjungi

Nikmati banyak topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah, Ar-Rahman, Asmaul Husna, Yasin, Al-Mulk, Al-Kahfi. Serta Al-Waqi’ah, Ayat Kursi, Al-Kautsar, Shad 54, Al-Ikhlas, Do’a Sholat Dhuha.

  1. Al-Baqarah
  2. Ar-Rahman
  3. Asmaul Husna
  4. Yasin
  5. Al-Mulk
  6. Al-Kahfi
  7. Al-Waqi’ah
  8. Ayat Kursi
  9. Al-Kautsar
  10. Shad 54
  11. Al-Ikhlas
  12. Do’a Sholat Dhuha

Pencarian: surat al quraisy, surat yunus 40-41, surat an nisa, ad dhuha, al balad

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: