Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 7

وَإِنْ تَجْهَرْ بِالْقَوْلِ فَإِنَّهُ يَعْلَمُ السِّرَّ وَأَخْفَى

Arab-Latin: Wa in taj-har bil-qauli fa innahụ ya'lamus-sirra wa akhfā

Terjemah Arti: Dan jika kamu mengeraskan ucapanmu, maka sesungguhnya Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan bila engkau mengeraskan ucapanmu (wahai Rasul) sehingga menampakannya atau menyembunyikannya, sesungguhnya tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagiNya sama sekali. Dia mengetahui sesuatu yang dirahasiakan dan apa yang lebih tersembunyi dari itu yang dibisikkan hatimu.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

7. Dan jika engkau mengeraskan ucapanmu -wahai Rasul- atau membisikkannya, maka sungguh Dia mengetahui semua itu, sebab Dialah yang mengetahui segala rahasia, dan apa yang lebih tersembunyi darinya berupa sesuatu yang terbetik dalam hati, dan sama sekali tidak ada sesuatupun yang tersembunyi dari-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

7. وَإِن تَجْهَرْ بِالْقَوْلِ فَإِنَّهُۥ يَعْلَمُ السِّرَّ وَأَخْفَى (Dan jika kamu mengeraskan ucapanmu, maka sesungguhnya Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi)
Makna (السر) adalah perkataan seseorang pada orang lain secara rahasia.
Makna (الأخفى) adalah ucapan seseorang pada dirinya sendiri atau apa yang terbesit dalam fikirannya.
Maksud dari ayat ini adalah jika kamu mengeraskan zikir dan doamu kepada Allah maka ketahuilah bahwa Allah tidak membutuhkan yang demikian, sebab Allah mengetahui ucapan yang dibisikkan atau yang lebih tersembunyi daripada itu.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

7. Dan jika kamu meninggikan suaramu dalam berdzikir atau berdoa, maka ketahuilah bahwa Allah tidak membutuhkan hal itu, karena sesungguhnya Dia mengetahui rahasia yang kamu sembunyikan dan sesuatu yang paling rahasia seperti suatu kemauan, perasaan was-was, dan gejolak jiwa yang tak terucap.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Maksud ayat ini adalah tidak perlu mengeraskan suara dalam berdoa dan berdzikr, karena Allah mendengar semua doa itu meskipun diucapkan dengan suara pelan. Sedangkan maksud “Yang lebih tersembunyi” adalah seperti yang terlintas di hati. Dengan demikian, pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu, yang kecil maupun yang besar, yang samar maupun yang nampak, sama saja kamu keraskan suaramu atau kamu pelankan, Dia mendengar dan mengetahuinya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dia mengetahui apa saja yang terjadi di alam semesta. Dan jika engkau mengeraskan ucapanmu saat menyampaikan sesuatu, sungguh dia mengetahui apa yang engkau ucapkan. Dia juga mengetahui apa saja yang rahasia atau yang sengaja kausembunyikan dalam hatimu, dan apa saja yang lebih tersembunyi, yang tidak kausadari dan tidak kauketahui lagi setelah lama mengendap di dasar hatimu. 8. Dialah Allah yang tidak ada tuhan penguasa alam semesta yang patut disembah selain dia. Hanya dia pula yang mempunyai nama-nama yang terbaik.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 8 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 9 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 10, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 11, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 12, Makna Surat Thaha Ayat 13

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!