Surat Al-Isra Ayat 105

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَبِٱلْحَقِّ أَنزَلْنَٰهُ وَبِٱلْحَقِّ نَزَلَ ۗ وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا مُبَشِّرًا وَنَذِيرًا

Arab-Latin: Wa bil-ḥaqqi anzalnāhu wa bil-ḥaqqi nazal, wa mā arsalnāka illā mubasysyiraw wa nażīrā

Artinya: Dan Kami turunkan (Al Quran) itu dengan sebenar-benarnya dan Al Quran itu telah turun dengan (membawa) kebenaran. Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan.

« Al-Isra 104Al-Isra 106 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Surat Al-Isra Ayat 105

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 105 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam hikmah menarik dari ayat ini. Ditemukan aneka ragam penjabaran dari berbagai ulama tafsir terhadap kandungan surat Al-Isra ayat 105, misalnya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan dengan kebenaranlah kami turunkan al-qur’an ini kepada Muhammad untuk memerintahkan hamba-hamba dan melarang mereka serta berisi berita pahala dan siksaan bagi mereka. Dan dengan kebenaran, keadilan, pemeliharaan dari perubahan dan revisi, al-qur’an itu turun. Dan kami tidaklah mengutus engkau (wahai rasul), kecuali sebagai pembawa berita gembira bagi orang yang taat dan mempertakutkan dengan neraka bagi orang yang berbuat maksiat dan kafir.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

105. Allah menjelaskan keagungan al-Qur’an: “Dan Kami turunkan al-Qur’an yang mengandung kebenaran, dan diturunkan kepadamu -hai Muhammad- dalam keadaan terjaga dari segala macam perubahan. Dan Kami tidak mengutusmu melainkan sebagai penyampai kabar gembira berupa surga bagi orang yang taat dan sebagai pemberi peringatan berupa neraka bagi orang yang bermaksiat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

105. Dan Kami turunkan Al-Qur`ān ini dengan sebenarnya kepada Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-, dan ia turun kepadanya dengan membawa kebenaran tanpa bisa diganti dan dirubah. Dan Kami tidaklah mengutusmu -wahai Rasul- kecuali sebagai pembawa kabar gembira atas orang-orang yang bertakwa dengan adanya Surga, dan sebagai pemberi ancaman atas orang-orang kafir dan bermaksiat dengan adanya Neraka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

105. وَبِالْحَقِّ أَنزَلْنٰهُ وَبِالْحَقِّ نَزَلَ ۗ (Dan Kami turunkan (Al Quran) itu dengan sebenar-benarnya dan Al Quran itu telah turun dengan (membawa) kebenaran)
Yakni Kami tidak menurunkan al-Qur’an melainkan dengan kebenaran. Dan al-Qur’an memang telah turun membawa kebenaran.

وَمَآ أَرْسَلْنٰكَ إِلَّا مُبَشِّرًا(Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan sebagai pembawa berita gembira)
Berupa surga bagi orang yang taat.

وَنَذِيرًا (dan pemberi peringatan)
Berupa neraka bagi orang yang bermaksiat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

105. Kami turunkan Al Quran itu dengan sebenar-benarnya dan Al Quran itu telah turun dengan membawa kebenaran tentang syariat, akidah yang benar dan tidak ada keraguan dalam Alquran. Kebenaran yang paling awal adalah bahwa Alquran diturunkan dari Allah. Yang kedua adalah Alquran mengandung akidah dan hukum-hukum. Kami tidak mengutus engkau wahai Muhammad, melainkan sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Kami menurunkannya} Kami menurunkan Al-Qur’an {dengan sebenarnya dan (Al-Qur’an) itu turun dengan (membawa) kebenaran. Kami tidak mengutusmu kecuali sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

105. Maksudnya, Kami menurunkan al-Quran ini dengan kebenaran, untuk memerintahkan dan melarang para hamba, untuk memberi pahala dan hukuman “dan al-Quran itu telah turun dengan (membawa) kebenaran,” dengan kebenaran, keadilan dan perlindungan dari setan yang terkutuk “dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan sebagai pembawa berita gembira,” bagi orang-orang yang menaati Allah dengan balasan pahala di dunia dan akhirat “dan pemberi peringatan,” bagi orang yang bermaksiat kepada Allah dengan hukuman di dunia dan akhirat. Hal ini menuntut adanya penjelasan tentang kabar gembira dan peringatan yang disampaikan itu.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 105-106
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kitabNya, yaitu Al-Qur'an, bahwa Al-Qur'an itu diturunkan dengan sebenar-benarnya, yaitu di da­lamnya terkandung kebenaran. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (tetapi Allah mengakui Al-Qur’an yang diturunkan-Nya kepada­mu, Allah menurunkannya dengan ilmu-Nya; dan malaikat-malaikat pun menjadi saksi (pula)) (Surah An-Nisa: 166) yaitu, di dalamnya terkandung ilmu Allah yang Dia kehen­daki untuk diperlihatkan kepada kalian, berupa hukum-hukum­, perintah, dan laranganNya. Firman Allah: (Dan Kami turunkan (Al-Qur'an) itu dengan sebenar-benarnya) yaitu Al-Qur'an diturunkan kepadamu, wahai Muhammad, seraya dijaga dan dipelihara, tidak ada sesuatu pun selainnya yang mencampuri, menambahi dan menguranginya, melainkan disampaikan kepadamu dengan sebenar-benarnya. Karena sesungguhnya Al-Qur'an itu diturunkan melalui malaikat yang sangat kuat, dipercaya, berkedudukan, dan ditaati di kalangan malaikat tertinggi.
Firman Allah: (Dan Kami tidak mengutus kamu) wahai Muhammad (melainkan sebagai pembawa berita gembira dan pemberi per­ingatan) yaitu membawa berita gembira kepada orang-orang yang taat kepadamu dari kalangan orang-orang mukmin, dan pemberi peringatan terhadap orang-orang yang durhaka kepadamu dari kalangan orang-orang kafir.
Firman Allah: (Dan Al-Qur'an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur) Adapun pembacaan dengan takhfif maka maknannya adalah Kami turunkan dari Lauhil Mahfudz ke Baitl Al- Izzah di langit dunia, kemudian diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW sesuai dengan kejadian-kejadian yang beliau alami dalam masa dua puluh tiga tahun. Pendapat ini dikatakan Ikrimah, dari Ibnu Abbas.
Oleh karena itu Allah berfirman: (agar kamu membacakannya kepada manusia) yaitu untuk kamu sampaikan dan bacakan kepada manusia (secara perlahan-lahan, dan Kami menurunkannya bagian demi bagian) yaitu sedikit demi sedikit.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 105: Bagi orang-orang yang taat kepada Allah dengan surga.

Bagi orang-orang yang bermaksiat dengan neraka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 105

Setelah menguraikan kisah nabi musa dan kaumnya serta kaum musyrik yang enggan menerima kebenaran yang disampaikan nabi Muhammad, ayat selanjutnya menjelaskan tujuan diturunkan kitab suci Al-Qur'an untuk menyatakan bukti-bukti kebenaran itu. Dan kami turunkan Al-Qur'an itu dengan benar, yakni benar Al-Qur'an itu datang dari Allah, dan Al-Qur'an itu turun dengan membawa kebenaran, dalam kandungannya. Dan kami tidaklah mengutus engkau wahai nabi Muhammad, melainkan sebagai pembawa berita gembira bagi orang-orang yang taat akan masuk surga dan pemberi peringatan bagi orang-orang yang durhaka akan masuk neraka. Selanjutnya dijelaskan tentang cara turunnya Al-Qur'an. Dan alqur'an kami turunkan berangsur-angsur, ayat demi ayat dalam masa lebih kurang 23 tahun, tidak kami turunkan secara sekaligus agar engkau wahai nabi Muhammad membacakannya kepada manusia perlahan-lahan, dengan demikian dapat dipahami tuntunannya dengan sebaik-baiknya dan mudah dihafalkan, dan kami menurunkannya secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan kemaslahatan manusia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjabaran dari para ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-Isra ayat 105 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita bersama. Dukunglah syi'ar kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Sering Dikaji

Terdapat ratusan halaman yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: Ar-Rahman 13, Innallaha Ma’ash Shabiriin, Al-Isra, Ayat 15 (Lima Belas), An-Nisa 36, Al-Qashash 77. Ada pula Al-Buruj, Ar-Rum 21, Fatir 37, Al-Baqarah 177, Yasin 82, Ibrahim 7.

  1. Ar-Rahman 13
  2. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  3. Al-Isra
  4. Ayat 15 (Lima Belas)
  5. An-Nisa 36
  6. Al-Qashash 77
  7. Al-Buruj
  8. Ar-Rum 21
  9. Fatir 37
  10. Al-Baqarah 177
  11. Yasin 82
  12. Ibrahim 7

Pencarian: surat al baqarah ayat 284 285 dan 286 beserta artinya, qs shad ayat 27, at tur ayat 21, fainnama'al usri yusro innama'al usri yusro arab, surah ali imran ayat 133

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: