Surat al-Insyirah Ayat 5-6

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Arab-Latin: fa inna ma'al-'usri yusrā

Artinya: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Arab-Latin: inna ma'al-'usri yusrā

Artinya: sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat al-Insyirah Ayat 5-6

Didapati aneka ragam penafsiran dari berbagai ahli tafsir berkaitan makna surat al-insyirah ayat 5-6, antara lain seperti berikut:

Sesungguhnya bersamaan dengan kesusahan itu terdapat kelapangan. Jika engkau mengerti hal itu maka janganlah sampai gangguan kaummu itu membuatmu takut dan janganlah sampai hal itu menghalangi dari dakwah ke jalan Allah. (Tafsir al-Mukhtashar)

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan) Yakni bersama kesulitan yang disebutkan tadi terdapat kemudahan, yang keduanya adalah dari Allah. (Zubdatut Tafsir)

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penjelasan dari kalangan ulama berkaitan makna dan arti surat al-insyirah ayat 5-6 (arab, latin, artinya), semoga berfaidah untuk kita semua. Sokonglah syi'ar kami dengan memberikan hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dicari

Telaah banyak konten yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Adh-Dhuha, Al-Kafirun, An-Naba, Do’a Setelah Adzan, Al-Hujurat 13, Seribu Dinar. Ada pula Al-A’la, Al-Fatihah, Al-Falaq, Al-Isra 32, Al-Qadr, Yusuf 28.

  1. Adh-Dhuha
  2. Al-Kafirun
  3. An-Naba
  4. Do’a Setelah Adzan
  5. Al-Hujurat 13
  6. Seribu Dinar
  7. Al-A’la
  8. Al-Fatihah
  9. Al-Falaq
  10. Al-Isra 32
  11. Al-Qadr
  12. Yusuf 28

Pencarian: qs an nisa ayat 36, an najiat, arti surah alfatihah, al baqarah ayat 50, al isra ayat 79

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.