Surat Al-Hijr Ayat 78

وَإِن كَانَ أَصْحَٰبُ ٱلْأَيْكَةِ لَظَٰلِمِينَ

Arab-Latin: Wa ing kāna aṣ-ḥābul-aikati laẓālimīn

Artinya: Dan sesungguhnya adalah penduduk Aikah itu benar-benar kaum yang zalim,

« Al-Hijr 77Al-Hijr 79 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Mengenai Surat Al-Hijr Ayat 78

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 78 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran berharga dari ayat ini. Ditemukan aneka ragam penjabaran dari banyak ulama tafsir mengenai makna surat Al-Hijr ayat 78, antara lain sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

78-79. Dan sesungguhnya para penduduk kota yang dikelilingi oleh pepohonan, yaitu kaum syuaib, mereka berbuat kezhaliman terhadap diri mereka, dikarenakan kekafiran mereka kepada Allah dan rasul mereka yang mulia. Karena itu, kami membalas mereka dengan suara yang menggelegar dan siksaan pada hari yang mendung. Dan sesungguhnya pemukiman kaum luth dan kaum syuaib benar-benar berada pada jalan yang jelas yang dilintasi manusia dalam safar mereka, Sehingga mereka dapat mengambil pelajaran.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

78-79. Dan sungguh para penduduk negeri yang dikelilingi pepohonan adalah kaum yang zalim terhadap diri mereka sendiri karena mereka telah mendustakan Allah dan rasul-Nya, Syuaib, sehingga Kami binasakan mereka.

Sungguh negeri kaum nabi Luth dan Syuaib terletak pada jalan yang biasa dilewati para musafir antara Hijaz dan Syam.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

78. Dahulunya kaum Syu'aib, penduduk negeri yang memiliki pepohonan yang lebat, adalah orang-orang zalim, karena kafir kepada Allah dan mendustakan Rasul mereka yaitu Syuaib -'alaihissalām-.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

78. وَإِن كَانَ أَصْحٰبُ الْأَيْكَةِ (Dan sesungguhnya adalah penduduk Aikah)
Makna (الأيكة) yakni tempat yang memiliki pepohonan yang rimbun. Pendapat lain mengatakan ia adalah nama negeri yang dihuni oleh kaum nabi Syu’aib.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

78. Sesungguhnya penduduk Aikah - yaitu masyarakat yang hidup dibawah pohonan yang banyak rantingnya, yang berada di pesisir laut merah dan negeri Madyan - itu benar-benar kaum yang zalim karena mendustakan Syu’aib dan kufur kepada Allah,


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya} sungguh {penduduk Aikah} kaum Syu’aib, penduduk suatu negeri yang diselimuti pepohonan {itu benar-benar orang-orang yang zalim


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


78. mereka adalah kaum Nabi syua’aib Allah menceritakan potret mereka dan menisbatkan mereka dengan nama al-aikah. yaitu, sebuah kebun yang banyak pepohonannya. tujuannya untuk mengingatkan mereka tentang kenikmatan Allah pada mereka dan (mengingatkan bahwa) mereka belum menjalankannya. Bahkan telah datang kepada mereka Nabi syuab. Dia menyeru mereka kepada tauhid dan meninggalkan praktik kezhaliman kepada sesama manusia dalam takaran takaran dan penimbangan penimbangan. Dia mengobati mereka di atas dakwah itu dengan intensif. Namun, mereka tetap saja berkutat pada kezhaliman mereka terhadap hak pencipta mereka dan hak sesama manusia. Oleh karena itu, di sini Allah melekatkan sifat zhalim pada diri mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 78-79
Penduduk Aikah adalah kaum nabi Syu'aib.
Aikah adalah sebuah pohon rindang .
Kezaliman mereka adalah menyekutukan Allah, menghalang-halangi jalan, dan mengurangi takaran dan timbangan. Lalu Allah menghukum mereka dengan teriakan yang mengguntur, gempa, dan azab di hari mereka dinaungi. Mereka berada di dekat dengan kaum nabi Luth setelah kaum nabi Luth binasa, tempat tinggal mereka berdampingan. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya kedua kota itu benar-benar terletak di jalan umum yang terang) yaitu jalan yang terang.
Oleh karena itu ketika nabi Syu'aib memperingatkan kaumnya, dalam ancamannya kepada mereka dia berkata: (sedangkan kaum Luth tidak (pula) jauh (tempatnya) dari kalian) (Surah Hud: 89)


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (أَصۡحَٰبُ ٱلۡأَيۡكَةِ) ashhaabul aikah : “penduduk negeri Aikah.” Kaum Nabi Syu’aib ‘alaihissalam. Aikah adalah sebuah hutan dekat Madyan.

Makna ayat: Firman-Nya ta’ala “Dan sungguh penduduk Aikah telah berbuat zalim.” Ini adalah sedikit kisah tentang Nabi Syu’aib ‘alaihissalam bersama kaumnya para penduduk Aikah. Aikah adalah rimba atau hutan yang dipenuhi pohon yang rindang, dan rumah mereka berada di sekitarnya, mereka adalah orang-orang musyrik, dan itulah kezaliman yang dimaksud dalam ayat yaitu mereka menzalimi diri mereka sendiri dengan menyembah selain Allah ta’ala.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 78: Penduduk Aikah adalah kaum Syu'aib. Aikah adalah tempat yang berhutan di daerah Madyan.

Karena berbuat syirk kepada Allah, membajak, mengurangi takaran dan timbangan serta mendustakan Syu’aib.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 78

Setelah mengisahkan pembinasaan kaum nabi lut karena kedurhakaan mereka pada ayat-ayat sebelumnya, pada ayat berikut Allah menuturkan kisah kaum nabi syu'aib dan kebinasaan mereka. Allah berfirman, dan sesungguhnya penduduk aikah itu, yakni sebuah lokasi di wilayah madyan yang ditinggali oleh kaum nabi syu'aib, benar-benar kaum yang zalim. Mereka suka menyamun dan merampok orangorang yang melewati negeri mereka serta curang dalam menakar dan menimbang. Akibat dari sikap, perbuatan, dan kezaliman mereka itu maka kami membinasakan mereka, yakni kaum nabi syu'aib. Dan sesungguhnya kedua negeri itu, yakni kota sodom yang didiami kaum nabi lut dan kota aikah yang didiami kaum nabi syu'aib, terletak di satu jalur jalan raya yang masih biasa dilalui manusia hingga saat ini.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penjabaran dari para pakar tafsir mengenai isi dan arti surat Al-Hijr ayat 78 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita semua. Dukunglah perjuangan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Sering Dikaji

Telaah berbagai topik yang sering dikaji, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 190, At-Taubah, At-Tin 4, Al-Muthaffifin, An-Nahl 114, Al-Fatihah 4. Juga Al-Humazah, Al-Fatihah 5, Al-Anbiya 30, An-Nisa, Al-A’raf 54, Al-Ma’idah 48.

  1. Ali ‘Imran 190
  2. At-Taubah
  3. At-Tin 4
  4. Al-Muthaffifin
  5. An-Nahl 114
  6. Al-Fatihah 4
  7. Al-Humazah
  8. Al-Fatihah 5
  9. Al-Anbiya 30
  10. An-Nisa
  11. Al-A’raf 54
  12. Al-Ma’idah 48

Pencarian: al baqarah 1-10 latin, quran surah al-qasas ayat 77, al imran 55, al fajr dan artinya, yasin ayat 78

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: