Surat Al-Hijr Ayat 77

إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّلْمُؤْمِنِينَ

Arab-Latin: Inna fī żālika la`āyatal lil-mu`minīn

Artinya: Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

« Al-Hijr 76Al-Hijr 78 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Tentang Surat Al-Hijr Ayat 77

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 77 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah penting dari ayat ini. Diketemukan beraneka penjelasan dari para mufassir mengenai makna surat Al-Hijr ayat 77, di antaranya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

75-77. Sesungguhnya dalam kejadian siksaan yang menimpa mereka benar-benar terkandung pelajaran-pelajaran bagi orang-orang yang memperhatikan lagi mau mengambil pelajaran. Dan sesungguhnya negeri-negeri mereka benar-benar berada dalam lokasi yang tetap yang dapat disaksikan oleh kaum yang menempuh perjalanan jauh lagi melewatinya. Sesungguhnya dalam peristiwa penghancuran kami terhadap mereka benar-benar terdapat petunjuk nyata bagi orang-orang yang beriman dan melaksanakan syariat Allah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

77. Sesungguhnya pada peristiwa ini terkandung petunjuk bagi orang-orang yang beriman, mereka mengambil pelajaran darinya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

77. إِنَّ فِى ذٰلِكَ (Sesungguhnya pada yang demikian itu)
Yakni azab yang ditimpakan Allah kepada orang-orang yang bermaksiat terhadap nabi mereka dan terus-menerus melakukan perbuatan Sodom, begal, dan kemungkaran-kemungkaran dengan terang-terangan.

لَاٰيَةً لِّلْمُؤْمِنِينَ(benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman)
Agar mereka dapat mengambil pelajaran darinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

77. Sesungguhnya pada azab itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang beriman


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang mukmin


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


77. “sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda (kekuasaan Allah) bagi orang orang yang beriman” dalam kisah ini terkandung berbagai macam pelajaran penting, (dianatranya); perhatian Allah kepada kekasihNya, Ibrahim, karena nabi luth termasuk pengikut beliau, dan orang yang beriman kepada beliau. Seolah olah menjadi muridnya. Maka, ketika Allah berkehendak untuk menghancurkan kaum Nabi Luth, saat mereka berhak mendapatkan balasan itu maka Allah memerintahkan para utusanNya (malaikat) untuk mampir ke Nabi Ibrahim guna menyampaikan kabar gembira (mengenai kelahiran) seorang anak dan memberitahukan kepada beliau misi pengutusan mereka, hingga akhirnya beliau mempersoalkan kepada mereka tentang pemusnahan kaum luth. Sampai akhirnya para malaikat berhasil menyampaikan jawaban yang memuaskan kepada beliau, dan jiwa beliaupun lega, begitu pula luth saat mereka itu (kaum yang akan ditimpa siksa) adalah penduduk negerinya, mungkin saja rasa iba dan kasihan kepada mereka mengendalikan perasaannya. Maka Allah menakdirkan sebab kausalitas yang membuatnya semakin marah dan geram (terhadap kaumnya) sampai beliaupun menganggap waktu kedatangan pemusnahan mereka terlalu lama, ketika disampaikan kepada beliau, bahwa “sesungguhnya saat jatuhnya azab kepada mereka ialah waktu shubuh. Bukanlah waktu shubuh itu sudah dekat?”
Pelajaran yang lain, bahwasannya Allah jika berkehendak untuk membinasakan suatu daerah maka keburukan dan sifat melampaui batas mereka semakin menggila. jika sudah sampai ambang batas, maka Allah menjatuhkan hukuman hukuman yang pantas mereka terima.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 73-77
Allah SWT berfirman: (Maka mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur) yaitu apa yang menimpa mereka berupa suara keras yang mengguntur ketika matahari terbit. Selain itu kota tempat mereka diangkat ke langit, lalu dibalikkan dan menjadikan bagian atasnya di bawah dan bagian bawahnya di atas, setelah itu mereka dihujani oleh batu dari tanah liat yang keras. Telah disebutkan pembahasan tentang makna “sijjil” di surah Hud dengan penjelasan yang cukup.
Firman Allah: (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Kami) bagi orang-orang yang memper­hatikan tanda-tanda (75)) yaitu sesungguhnya sisa-sisa azab ini masih tampak pada negeri-negeri itu bagi orang yang memperhatikan dan memandangnya dengan pandangan mata dan hatinya. Sebagaimana yang dikatakan Mujahid tentang firmanNya: (bagi orang-orang yang memperhatikan tanda-tanda) dia berkata yaitu orang-orang yang menafsirkannya.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas yaitu bagi orang-orang yang memperhatikannya.
Qatadah berkata yaitu orang-orang yang mengambil pelajaran.
Malik berkata dari sebagian ulama Madinah tentang (bagi orang-orang yang memperhatikan tanda-tanda) yaitu orang-orang yang merenungkannya.
Firman Allah: (Dan sesungguhnya kota itu benar-benar terletak di jalan yang masih tetap (dilalui manusia) (76)) yaitu sesungguhnya kota Sodom yang telah ditimpa sesuatu yang menimpanya berupa dibalikkan bentuknya dan dilempari sehingga menjadi danau yang berbau busuk dan kotor di jalan Mahya' itu masih dilalui sampai hari ini. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Mekah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi (137) dan di waktu malam. Maka apakah kalian tidak memikirkan? (138)) (Surah Ash-Shaffat)
Mujahid mengatakan sehubungan tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya kota itu benar-benar terletak di jalan yang masih tetap (dilalui manusia) (76)) dia berkata yaitu tanda-tanda.
Qatadah berkata yaitu di jalan yang jelas.
Firman Allah: (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman (77)) yaitu Sesungguhnya apa yang Kami perbuat terhadap kaum nabi Luth berupa pembinasaan dan penghancuran mereka, serta penyelamatan Kami terhadap nabi Luth dan keluarganya itu benar-benar terdapat tanda yang jelas dan terang bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat: Firman-Nya “Pada yang demikian terdapat ayat bagi orang-orang yang beriman.” Pelajaran bagi orang-orang mukmin, sehingga mereka tidak berani menerjang keharaman Allah dan tidak melakukan maksiat.

Pelajaran dari ayat:
• Penjelasan bahwa azab Allah kepada orang-orang zalim adalah untuk pelajaran dan peringatan.
• Penetapan kenabian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, karena kabar seperti ini tidak mungkin didapat kecuali melalui wahyu ilahi.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 77: Di antara pelajaran yang dapat diambil dari kisah di atas adalah perhatian Allah Ta’ala kepada wali-Nya, dan bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala apabila hendak membinasakan suatu negeri, kemaksiatan penduduknya semakin bertambah, dan jika sudah semakin parah, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan menurunkan hukuman-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 77

Sungguh, pada yang demikian itu, yaitu peristiwa-peristiwa yang digambarkan dalam kisah-kisah tentang nabi ibrahim dan nabi lut bersama kaum mereka, benar-benar terdapat tanda kekuasaan Allah bagi orang yang beriman. Setelah mengisahkan pembinasaan kaum nabi lut karena kedurhakaan mereka pada ayat-ayat sebelumnya, pada ayat berikut Allah menuturkan kisah kaum nabi syu'aib dan kebinasaan mereka. Allah berfirman, dan sesungguhnya penduduk aikah itu, yakni sebuah lokasi di wilayah madyan yang ditinggali oleh kaum nabi syu'aib, benar-benar kaum yang zalim. Mereka suka menyamun dan merampok orangorang yang melewati negeri mereka serta curang dalam menakar dan menimbang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penjelasan dari banyak ulama tafsir mengenai isi dan arti surat Al-Hijr ayat 77 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita. Sokong dakwah kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Banyak Dikunjungi

Telaah ratusan materi yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Yunus 41, Al-Baqarah 284-286, Al-A’raf, Al-Fatihah 1, Ali ‘Imran 104, Ali ‘Imran 191. Serta Luqman 13-14, Al-Fatihah 7, Assalaamualaikum, Al-Baqarah 216, Al-Fatihah 2, Yasin 40.

  1. Yunus 41
  2. Al-Baqarah 284-286
  3. Al-A’raf
  4. Al-Fatihah 1
  5. Ali ‘Imran 104
  6. Ali ‘Imran 191
  7. Luqman 13-14
  8. Al-Fatihah 7
  9. Assalaamualaikum
  10. Al-Baqarah 216
  11. Al-Fatihah 2
  12. Yasin 40

Pencarian: surah al kahfi ayat 23, al anbiya ayat 30 latin, اَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ artinya, surah ali imran ayat 20, waj'alna min baini aidihim saddaw

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: