Surat Al-Qari’ah Ayat 3

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْقَارِعَةُ

Arab-Latin: Wa mā adrāka mal-qāri'ah

Artinya: Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?

« Al-Qari'ah 2Al-Qari'ah 4 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Terkait Dengan Surat Al-Qari’ah Ayat 3

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qari’ah Ayat 3 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir penting dari ayat ini. Terdokumentasi sekumpulan penafsiran dari kalangan ahli ilmu terhadap isi surat Al-Qari’ah ayat 3, sebagiannya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan adakah yang memberi tahumu tentang hari kiamat?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. Tahukah kamu -wahai Rasul- kepada hari yang menggetarkan hati manusia karena kedahsyatan huru-haranya? Itulah hari Kiamat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2-3. Apakah itu kiamat? Istifham (pertanyaan) itu digunakan untuk membesarkan dan mengagungkan perkara tentangnya. Apakah kamu mengetahui apa itu kiamat wahai manusia? kamu tidak akan mengetahui dan tidak akan dapat membayangkannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apakah kamu mengetahui apakah hari kiamat itu} Apakah kamu mengetahui hari kiamat itu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1-3. “Hari Kiamat.” Al qoriah Adalah salah satu nama Hari Kiamat. Disebut demikian karena Hari Kiamat amat menggelisahkan dan merisaukan manusia karena huru-haranya. Karena itu Allah mengagungkan perihal Hari Kiamat dengan FirmanNya, “Hari Kiamat. Apakah Hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah Hari Kimat itu?”


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

( Lihat tafsir ayat 2 )


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ " Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?"Ini adalah tambahan dalam pengagungan, pembesaran dan ancaman, maksudnya: Sesuatu apa yang memberimu pengetahuan tentang hari kiamat ini? Maknanya: Alangkah besar dan kerasnya hari tersebut.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qari’ah ayat 3: 1-3. Allah memulai dengan penyebutan nama dari nama-nama hari kiamat dan ia adalah Al Qari’ah dimana timbul pada hati manusia penyesalan karena sebab keadaan hari kiamat, yang urusannya mengerikan (dan) yang menimbulkan pertanyaan : Sesuatu yang seperti apa Al Qari’ah ini ? Kemudian Allah tambahkan rasa penasaran dengan berkata : Apakah engkau tahu wahai Nabi Allah apa Al Qari’ah itu ?


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qari’ah Ayat 3

Allah mengulangi sekali lagi pertanyaan itu agar manusia semakin tergugah, 'dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu''4. Allah menggambarkan dahsyatnya hari kiamat melalui dua hal, yaitu keadaan manusia dan gunung-gunung. Pada hari kiamat itu manusia seperti laron yang beterbangan. Mereka berlarian tidak tentu arah, kacau balau, dan tidak lagi menghiraukan sekelilingnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penjelasan dari beragam ulama terhadap makna dan arti surat Al-Qari’ah ayat 3 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk ummat. Bantulah kemajuan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Banyak Dikaji

Telaah berbagai konten yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Bayyinah, Alhamdulillah, Al-Ma’un, Ali ‘Imran 159, Al-Insyirah, Al-Fil. Serta Al-Fath, Al-Baqarah 183, At-Tin, Yusuf 4, Al-‘Alaq, Inna Lillahi.

  1. Al-Bayyinah
  2. Alhamdulillah
  3. Al-Ma’un
  4. Ali ‘Imran 159
  5. Al-Insyirah
  6. Al-Fil
  7. Al-Fath
  8. Al-Baqarah 183
  9. At-Tin
  10. Yusuf 4
  11. Al-‘Alaq
  12. Inna Lillahi

Pencarian: alam tarakai, al mu'min ayat 17, al imran 134, ayat syifa, surat al baqarah ayat 256

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: