Surat Al-Qari’ah Ayat 2

مَا ٱلْقَارِعَةُ

Arab-Latin: Mal-qāri'ah

Artinya: Apakah hari Kiamat itu?

« Al-Qari'ah 1Al-Qari'ah 3 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Terkait Dengan Surat Al-Qari’ah Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qari’ah Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam hikmah penting dari ayat ini. Didapati bermacam penjelasan dari banyak ahli ilmu mengenai isi surat Al-Qari’ah ayat 2, sebagiannya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Apa itu hari kiamat?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

2. Apakah Hari yang menggetarkan hati manusia karena kedahsyatan huru-haranya itu?


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2-3. Apakah itu kiamat? Istifham (pertanyaan) itu digunakan untuk membesarkan dan mengagungkan perkara tentangnya. Apakah kamu mengetahui apa itu kiamat wahai manusia? kamu tidak akan mengetahui dan tidak akan dapat membayangkannya


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apakah hari kiamat itu} Apakah hari kiamat itu?


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1-3. “Hari Kiamat.” Al qoriah Adalah salah satu nama Hari Kiamat. Disebut demikian karena Hari Kiamat amat menggelisahkan dan merisaukan manusia karena huru-haranya. Karena itu Allah mengagungkan perihal Hari Kiamat dengan FirmanNya, “Hari Kiamat. Apakah Hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah Hari Kimat itu?”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-11
Al-Qari'ah adalah salah satu hari kiamat, seperti Al-Haqqah, Ath-Thammah, Ash-Shakhkhah, Al-Ghasyiyah, dan lainnya.
Kemudian Allah SWT menggambarkan tentang kedahsyatan dan kengeriannya: (Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? (3)) Kemudian Dia menjelaskannya dengan firmanNya: ((yaitu) pada hari manusia seperti anai-anai yang bertebaran (4)) yaitu mereka menyebar tercerai-berai, ke sana kemari karena kebingungan atas apa yang mereka alami, seakan-akan mereka anai-anai yang bertebaran. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam ayat lain: (seakan-akan mereka belalang yang beterbangan) (Surah Al-Qamar: 7)
Firman Allah SWT: (dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan (5)) yaitu, gunung-gunung di hari itu seakan-akan seperti bulu domba yang dihambur-hamburkan sehingga lenyap dan porak-poranda.
Qatadah berkata tentang firmanNya, "Al-'ihni" bahwa maknannya adalah adalah bulu domba.
Kemudian Allah SWT memberitahukan tentang apa yang akan dialami orang-orang yang beramal dan tempat kembali mereka, yang adakalanya di tempat yang mulia atau tempat yang terhina sesuai dengan amal perbuatan mereka. Jadi Allah SWT berfirman: (Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya (6)) yaitu, timbangan kebaikannya lebih berat daripada timbangan keburukannya (maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (7)) yaitu di surga (Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya (8)) yaitu timbangan keburukannya lebih berat daripada timbangan kebaikannya.
Firman Allah: (maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah (9)) Dikatakan bahwa maknanya adalah terjatuh ke dalam neraka dengan kepala di bawah, yaitu neraka Jahanam.
Diriwayatkan dari Qatadah, dia berkata bahwa maknanya adalah neraka, dan neraka itu adalah tempat kembali mereka. Oleh karena itu Allah berfirman seraya menjelaskan tentang Hawiyah, yaitu. (dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (10) (Yaitu) api yang sangat panas (11))
Firman Allah: ((Yaitu) api yang sangat panas (11)) yaitu amat sangat panas dan sangat kuat nyala dan gejolak apinya.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda: “Api Bani Adam yang biasa kalian nyalakan merupakan suatu bagian dari tujuh puluh bagian api neraka Jahanam”


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Apa yang kamu ketahui tentang hari kiamat, dana bagaimana kengerian peristiwa pada hari itu ? tidak siapapun yang mengetahuinya kecuali Allah - عز وجل - .

Pertanyaan diatas ditujukan kepada manusia, ya kepada diri manusia, karena manusia dalam keadaan lalai dari megingat hari kiamat itu, mereka tidak berusaha untuk selalu mengingatnya, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi peristiwa yang menakutkan pada hari itu, manusia lalai seakan-akan mereka akan selamat dari peristiwa kiamat yang menakutkan itu, Allah - عز وجل - mengingatkan kita agar segera bangkit dari kelalaian dan mempersiapkan diri untuknya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Dan Firman-Nya: مَا الْقَارِعَةُ "Apa Itu hari kiamat" kata ماَ [Ma: Apa itu] adalah istifhaam (kata tanya) yang bermakna pengagungan dan pembesaran. Yakni: Apakah hari kiamat yang mengagetkan itu?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qari’ah ayat 2: 1-3. Allah memulai dengan penyebutan nama dari nama-nama hari kiamat dan ia adalah Al Qari’ah dimana timbul pada hati manusia penyesalan karena sebab keadaan hari kiamat, yang urusannya mengerikan (dan) yang menimbulkan pertanyaan : Sesuatu yang seperti apa Al Qari’ah ini ? Kemudian Allah tambahkan rasa penasaran dengan berkata : Apakah engkau tahu wahai Nabi Allah apa Al Qari’ah itu ?


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kalimat ini untuk membesarkan perkaranya, demikian pula kalimat setelahnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qari’ah Ayat 2

1-2. Hari kiamat yang mengerikan; apakah hari kiamat itu' Allah mengulang penyebutan kata 'al-q'ri'ah' untuk menggugah perhatian manusia tentang kengeriannya dan peristiwa-peristiwa dahsyat yang terjadi pada hari itu. 3. Allah mengulangi sekali lagi pertanyaan itu agar manusia semakin tergugah, 'dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu''.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penafsiran dari beragam mufassir mengenai makna dan arti surat Al-Qari’ah ayat 2 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk kita. Dukunglah dakwah kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Sering Dibaca

Kaji ratusan materi yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Bayyinah, Ali ‘Imran 159, Inna Lillahi, Al-Fil, Al-Fath, Alhamdulillah. Juga Yusuf 4, Al-Ma’un, At-Tin, Al-Insyirah, Al-Baqarah 183, Al-‘Alaq.

  1. Al-Bayyinah
  2. Ali ‘Imran 159
  3. Inna Lillahi
  4. Al-Fil
  5. Al-Fath
  6. Alhamdulillah
  7. Yusuf 4
  8. Al-Ma’un
  9. At-Tin
  10. Al-Insyirah
  11. Al-Baqarah 183
  12. Al-‘Alaq

Pencarian: al-infitar, surah almujadilah ayat 11, surat ath thariq, al mauun, surat al anbiya ayat 19-20

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: