Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Mu’min Ayat 17

الْيَوْمَ تُجْزَىٰ كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ ۚ لَا ظُلْمَ الْيَوْمَ ۚ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Arab-Latin: Al-yauma tujzā kullu nafsim bimā kasabat, lā ẓulmal-yaụm, innallāha sarī'ul-ḥisāb

Terjemah Arti: Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Pada hari itu, setiap jiwa akan diberikan balasan atas apa yang dikerjakannya di dunia, kebaikan atau keburukan, tidak ada kedzhaliman bagi seorangpun dengan dikurangi pahalanya atau ditambahkan keburukannya. Sesungguhnya Allah Mahacepat hisabNya, maka jangan pernah merasa bahwa hari itu masih jauh, karena sebenarnya ia sudah dekat.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

17. Pada hari ini, setiap jiwa akan diberi balasan sesuai dengan amal perbuatannya, entah itu baik atau buruk. Pada hari itu tidak ada seorangpun yang dirugikan, tidak dikurangi juga tidak diberi tambahan. Allah sangat cepat dalam menimbang amal semua manusia, kira-kira setara dengan separuh hari di dunia. Itu semua karena Ilmu Allah meliputi segala sesuatu

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

(Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya) Dia menghisab semua makhluk hanya dalam waktu setengah hari dunia, demikianlah menurut keterangan hadis.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Di dunia, baik atau buruk.

Dengan ditambah keburukannya atau dikurangi kebaikannya.

Hal itu karena ilmu-Nya yang meliputi segala sesuatu dan sempurna kekuasaan-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Ayat-ayat yang lalu menegaskan bahwa Allah telah memperingatkan manusia tentang hari pertemuan, yang pada hari itu semua tampak dengan jelas, tanpa kemampuan menutup apa yang dirahasiakan. Ayat ini memperjelas penegasan tersebut, dengan firman Allah, 'pada hari itu, yakni pada hari pertemuan, setiap jiwa diberi balasan sesuai de-ngan apa yang telah dikerjakannya di kehidupan dunia. Tidak ada yang dirugikan atau dianiaya pada hari itu. Sungguh, Allah yang maha bijaksana sangat cepat perhitungan-Nya. 18. Dan wahai nabi Muhammad, berilah mereka para pendurhaka itu peringatan akan hari yang semakin lama semakin dekat yakni hari kiamat, di hari ketika hati kaum musyrik itu menyesak sampai di kerongkongan karena menahan kesedihan. Tidak ada seorang pun teman setia atau karib kerabat maupun teman sejawat bagi orang yang zalim itu, dan tidak ada juga baginya seorang penolong yang diterima pertolongannya. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Mu’min Ayat 18 Arab-Latin, Surat Al-Mu’min Ayat 19 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Mu’min Ayat 20, Terjemahan Tafsir Surat Al-Mu’min Ayat 21, Isi Kandungan Surat Al-Mu’min Ayat 22, Makna Surat Al-Mu’min Ayat 23

Category: Surat Al-Mu'min

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!