Surat Az-Zariyat Ayat 48

وَالْأَرْضَ فَرَشْنَاهَا فَنِعْمَ الْمَاهِدُونَ

Terjemah Arti: Dan bumi itu Kami hamparkan, maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami).

TAFSIR AYAT

Kami juga menjadikan bumi terbentang untuk manusia tinggal di atasnya. Sebaik-baik penghampar adalah Kami.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

48. Bumi itu, Kami bentangkan dan kami susun sebagai hamparan untuk tempat tinggal, tempat istirahat dan hidup di atas permukaannya. Sebaik-baik yang memberikan hamparan (bagi kalian) adalah kami

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yakni Kami jadikan bumi sebagai hamparan bagi makhluk, dimana mereka dapat melakukan segala yang mereka perlukan untuk maslahat mereka, seperti membuat rumah, menanam pepohonan, menempuh jalan untuk menuju tempat yang mereka tuju, dsb. Oleh karena hamparan terkadang bisa dimanfaatkan dari segala sisi dan terkadang hanya bisa dimanfaatkan dari sisi tertentu, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan, bahwa Dia telah menghamparkannya dengan sebaik-baiknya dan Dia memuji diri-Nya terhadap hal itu, firman-Nya, “Maka (Kami) sebaik-baik yang menghamparkan.” Dia menyiapkan untuk hamba-hamba-Nya yang sesuai dengan kebijaksanaan-Nya, rahmat-Nya dan ihsan-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dan bumi kami hamparkan seluas-luasnya untuk menjadi tempat tinggal manusia dan makhluk lain; maka dengan bukti-bukti itu nyatalah bahwa kami adalah sebaik-baik yang telah menghamparkan. 49. Dan segala sesuatu di alam semesta telah kami ciptakan secara berpasang-pasangan untuk saling melengkapi. Yang demikian ini agar kamu selalu mengingat kekuasaan dan kebesaran Allah.

Tafsir Ringkas Kemenag