Surat az-Zalzalah Ayat 7-8

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ

Arab-Latin: fa may ya'mal miṡqāla żarratin khairay yarah

Artinya: Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ

Arab-Latin: wa may ya'mal miṡqāla żarratin syarray yarah

Artinya: Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat az-Zalzalah Ayat 7-8

Terdapat sekumpulan penjabaran dari kalangan mufassirin mengenai isi surat az-zalzalah ayat 7-8, sebagiannya seperti berikut:

Dan barangsiapa berbuat kejahatan seberat semut kecil pula, maka ia pun akan melihatnya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Dan barangsiapa melakukan keburukan di dunia seberat dzarrah, maka dia akan mengetahui balasannya di akhirat. Ibnu Abu Hatim dari Sa’id bin Jubair berkata: “Saat ayat ini turun {wa yuth’imuunath tha’aama ‘ala hubbihi …} orang-orang muslim beranggapan bahwa mereka tidak menerima pahala atas sesuatu yang sedikit bila memberikannya (kepada orang lain), sedangkan yang lain beranggapan bahwa mereka tidak akan disalahkan atas dosa yang remeh, yaitu berbohong, mengintip, mengumpat dan dosa-dosa lain yang serupa, sesungguhnya Allah hanya menjanjikan neraka bagi orang-orang yang berdosa besar, maka Allah menurunkan dua ayat ini [ayat 7 dan 8]” (Tafsir al-Wajiz)

وَمَن يَعْمَلْ (Dan barangsiapa yang mengerjakan) Ketika di dunia. مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ(kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula) Yakni dia akan melihatnya di hari kiamat, sehingga dia akan merasa sedih; dan bisa jadi Allah akan mengampuninya. Makna (الذر) yakni debu yang beterbangan yang terlihat saat terkena sinar matahari. (Zubdatut Tafsir)

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penafsiran dari berbagai ulama terhadap kandungan dan arti surat az-zalzalah ayat 7-8 (arab, latin, artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita. Dukunglah syi'ar kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dicari

Terdapat ratusan topik yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Inna Lillahi, Al-Fil, Al-‘Alaq, Al-Baqarah 183, Al-Bayyinah, Al-Ma’un. Serta Yusuf 4, Al-Insyirah, Ali ‘Imran 159, At-Tin, Alhamdulillah, Al-Fath.

  1. Inna Lillahi
  2. Al-Fil
  3. Al-‘Alaq
  4. Al-Baqarah 183
  5. Al-Bayyinah
  6. Al-Ma’un
  7. Yusuf 4
  8. Al-Insyirah
  9. Ali ‘Imran 159
  10. At-Tin
  11. Alhamdulillah
  12. Al-Fath

Pencarian: terjemahan surat an nisa ayat 59, surat al a raf, al maidah 116, al maidah 91, al baqarah ayat 44

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.