Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Az-Zariyat Ayat 47

وَالسَّمَاءَ بَنَيْنَاهَا بِأَيْدٍ وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ

Arab-Latin: Was-samā`a banaināhā bi`aidiw wa innā lamụsi'ụn

Terjemah Arti: Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Kami juga menciptakan langit dengan sangat bagus. Kami menjadikan langit sebagai atap bagi bumi dengan kekuatan dan kuasa besar. Sesungguhnya Kami melapangkan penjuru-penjuru dan sisi-sisinya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

47. Dan langit itu Kami bangun dan Kami kokohkan pembangunannya dengan kekuatan. Dan sesungguhnya Kami menguasai ujung-ujungnya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

47. وَالسَّمَآءَ بَنَيْنٰهَا بِأَيْي۟دٍ (Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami))
Yakni dengan kekuatan dan kekuasaan Kami.

وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ(dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa)
Yakni Kami telah meluaskan langit itu dengan seluas-luasnya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

47. Langit itu, Kami telah membangunnya dengan kekuatan dan kuasa Kami. Sesungguhnya Kami mampu menciptakannya dan sesuatu yang serupa dengannya. Kami melakukan segala sesuatu.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

47-48. Alla mengabarkan bahwa Dialah yang mengokohkan langit dengan kuasa dan kemampuan-Nya, dan meluaskan dengan sangat luas, dan Allah mampu meluaskan yang lebih dari itu. Allahlah yang menghamparkan bumi dan meratakannya, dan menjadikannya seperti tempat tidur atau ranjang agar manusia dapat mengambil manfaat dalam kehidupannya dan untuk tempat tinggal bagi mereka. Kemudian Allah memuji atas diri-Nya dengan berkata : Sebaik-baik yang menghamparkan adalah Kami. Maka sungguh benar Alla; Dialah yang melakukan sesuatu yang Dia kehendaki.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

47. Allah berfirman menjelaskan KuasaNya yang agung, “Dan langit itu Kami bangun,” artinya, Kami ciptakan, Kami sempurnakan dan Kami jadikan atap untuk bumi dan apa pun yang berada di atas bumi, “dengan tangan-tangan (Kami),” yakni, dengan kekuatan KUasa yang besar, “dan sesungguhnya Kami benar meluaskannya,” sisi-sisi dan arah-arahnya, dan sesungguhnya Kami juga meluaskan untuk hamba-hamba Kami dengan rizki yang mana Allah tidak meninggalkan satu binatang pun di dalam sarangnya, binatang yang berada di gelombang samudra dan yang berada di seluruh kawasan bumi, baik di daratan tinggi maupun rendah, melainkan rizki yang mencukupinya pasti sampai padanya, kebaikan Allah yang mencukupinya sampai padanya. Mahasuci Dzat yang kemuliaanNya mencakup seluruh makhluk, Mahasuci Dzat yang rahmatNya meliputi seluruh manusia.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman menerangkan kekuasaan Allah yang besar.

Yakni meluaskan penjuru-penjuru dan ujung-ujungnya serta meluaskan rezeki kepada hamba-hamba-Nya sehingga tidak ada satu makhluk hidup pun yang tinggal di bumi dan di laut serta di penjuru alam kecuali Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyampaikan rezeki-Nya yang cukup buatnya serta memberikan ihsan-Nya yang mencukupkannya.

Maka Mahasuci Allah yang meratakan kemurahan-Nya ke segenap makhluk-Nya dan Maha banyak berkah Tuhan yang rahmat-Nya mengena kepada segala sesuatu.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Tidak hanya berkuasa mengazab umat yang durhaka dan ingkar pada ajaran nabi, Allah juga kuasa menciptakan langit dan alam semesta. Dan langit yang terhampar luas di atas kepalamu itu kami bangun dengan kekuasaan kami yang mahadahsyat dan mahasempurna, dan kami benar-benar memiliki kekuasaan yang tidak terbatas sehingga tidak ada yang dapat menghalangi kami untuk meluaskannya. 48. Dan bumi kami hamparkan seluas-luasnya untuk menjadi tempat tinggal manusia dan makhluk lain; maka dengan bukti-bukti itu nyatalah bahwa kami adalah sebaik-baik yang telah menghamparkan.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Az-Zariyat Ayat 48 Arab-Latin, Surat Az-Zariyat Ayat 49 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Az-Zariyat Ayat 50, Terjemahan Tafsir Surat Az-Zariyat Ayat 51, Isi Kandungan Surat Az-Zariyat Ayat 52, Makna Surat Az-Zariyat Ayat 53

Category: Surat Az-Zariyat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surah Az Zariyat 47 Surat 51 Ayat 47 Qs 51 Ayat 47 Ad Dzariyat 47