Surat Az-Zukhruf Ayat 52

أَمْ أَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْ هَٰذَا ٱلَّذِى هُوَ مَهِينٌ وَلَا يَكَادُ يُبِينُ

Arab-Latin: Am ana khairum min hāżallażī huwa mahīnuw wa lā yakādu yubīn

Terjemah Arti: Bukankah aku lebih baik dari orang yang hina ini dan yang hampir tidak dapat menjelaskan (perkataannya)?

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 52

Ada beragam penjabaran dari berbagai mufassirun terkait kandungan surat Az-Zukhruf ayat 52, misalnya sebagaimana tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

51-52 Fir’aun mengumumkan di depan para pembesar kaumnya dengan penuh kebangggan dan kesombongan sebagai penguasa mesir, ”bukanlah kerajaan mesir ini adalah milikku, cabang-cabang nil mengalir di bawah istanaku di sela-sela kebunku, apakah kalian tidak melihat keagunganku dan kekuatanku serta kelemahan dan kemiskinan musa? lebih dari itu aku lebih baik daripada orang yang tidak punya kemuliaan ini. dia merendahkan dirinya demi menutupi kebutuhan-kebutuhannya karena kerendahan dan kemiskinannya, dia juga hampir tidak bisa berbicara dengan jelas karena cacat pada lisannya.” Firaun mengatakan semua itu karena terdorong oleh kekafiran dan penentangannya demi menghalang-halangi manusia dari jalan Allah.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

52. Maka aku lebih baik dari pada Musa yang terusir dan lemah, yang tidak mampu berbicara dengan baik.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

52. أَمْ أَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْ هٰذَا الَّذِى هُوَ مَهِينٌ (Bukankah aku lebih baik dari orang yang hina ini)
Yakni namun aku lebih baik dari Musa yang lemah dan hina, serta tidak memiliki kehormatan.

وَلَا يَكَادُ يُبِينُ(dan yang hampir tidak dapat menjelaskan (perkataannya)?)
Yakni perkataannya tidak jelas akibat lidahnya yang memiliki kekurangan; dan penjelasan tentang ini telah disebutkan pada surat Taha.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

52. Bukankah aku lebih baik dari Musa yang lemah, hina, dan tidak mempunyai kemuliaan ini. Dia juga hampir tidak bisa menjelaskan perkataannya, karena lisannya cedal.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


52. ”bukankah aku lebih baik dari orang yang hina ini,?” Firaun, semoga Allah memburukannya, menghina nabi musa bin Imran, kalimullah yang terpandang di sisi Allah. Artinya, aku (firaun) perkasa sedangkan ia (musa) hina, manakah diantara yang lebih baik? Disamping itu “hampir tidak dapat menjelaskan (perkataanNya),” dari dasar benaknya dengan pekataan, sebab nabi musa tidak bisa bebicara fasih. Ini sama sekali bukanlah cacat jika musa bisa mengucapkan apa yang ada dibenaknya meski untuk berbicara terasa berat baginya.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 52: (Bukankah) kalian telah melihat sesudah kesemuanya itu (aku lebih baik dari orang ini) dari Nabi Musa (yang dia adalah orang hina) lemah lagi hina (dan yang hampir tidak dapat berbicara dengan jelas) tidak dapat menjelaskan perkataannya, karena sewaktu kecil ia pernah memakan bara api, hingga lisannya pelan atau tidak fasih.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Hal itu karena Beliau tidak fasih lisannya. Ini bukanlah aib jika Beliau masih bisa menerangkan isi hatinya meskipun berat dalam mengucapkan.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 52

Bukankah dengan kehebatan, kekayaan, dan kekuasaanku itu aku lebih baik dan lebih tinggi kedudukannya dari orang yang hina ini, yaitu musa, yang tidak memiliki kekuasaan apa pun dan dia juga adalah orang yang hampir tidak dapat menjelaskan perkataannya dengan kalimat-kalimat yang baik' tentulah aku lebih baik daripada musa. 53. Maka kalau memang musa merupakan utusan tuhan yang dikirim kepada kami, mengapa dia, yakni musa, tidak dipakaikan oleh tuhannya gelang dari emas sebagai identitasnya atau para malaikat datang bersama-sama dia untuk mengiringinya sebagai bentuk dukungan terhadap pengutusannya''.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah variasi penjelasan dari banyak ahli ilmu berkaitan makna surat Az-Zukhruf ayat 52, moga-moga berfaidah untuk kita bersama. Bantulah dakwah kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 53 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 54 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 55, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 56, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 57, Makna Az-Zukhruf Ayat 58

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi