Tulisan Assalaamualaikum

Salah satu kalimat yang paling sering kita dengar di sekitar kita, terutama jika kita berteman dengan sesama muslim adalah kalimat Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Nah berikut adalah tulisan assalamualaikum dalam bahasa Arab beserta artinya:

ุฃู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh

“Semoga keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah untukmu”

Makna Tulisan Assalaamualaikum

Tulisan assalamualaikum, atau ucapan salam Islami, bukanlah sebuah basa-basi sebagaimana ucapan selamat pagi, selamat siang atau selamat sore. Kalimat ini bukanlah kalimat yang tanpa makna, akan tetapi memiliki makna yang mendalam.

Jika kita membaca tulisan assalamualaikum dari rekan kita di layar saat mereka menyapa kita, maka sejatinya mereka sedang mendoakan kebaikan kepada kita. Mengapa demikian? Mari kita cek satu persatu kata yang menjadi penyusun kalimat mulia ini.

Pertama, kata as-salam, yang berarti keselamatan atau terhindarnya kita dari sesuatu hal yang dapat membahayakan kita, baik membahayakan urusan dunia kita maupun urusan akhirat kita.

Berikutnya kata ‘alaikum, yang menunjukkan bahwa orang yang mengucapkan salam atau menuliskan tulisan assalamualaikum kepada kita mengarahkan doa kebaikan tersebut kepada kita.

Warahmatullah wa barakaatuh, yang memiliki arti dan rahmat Allah serta berkah darinya. Di sini bermakna orang yang mengucapkan salam atau menuliskan tulisan assalamualaikum kepada kita selain mendoakan keselamatan untuk kita juga mendoakan kasih sayang dari Allah dan berkah dari Allah agar selalu menyelimuti kita.

Maka orang yang mengucapkan salam kepada kita, atau cara menggoreskan tulisan assalamualaikum untuk kita, sejatinya mereka sedang memberikan doa kepada kita, doa agar kita selamat dan mendapat rahmat serta berkah dari Allah ta’ala.

Keutamaan Ucapan Salam

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa ucapan salam bukanlah ucapan basa-basi semata, akan tetapi merupakan sebuah doa yang mulia yang diucapkan dari seorang muslim kepada muslim lainnya. Selain indah kandungannya, ucapan ini juga termasuk salah satu amal kebaikan yang besar pahalanya di dalam ajaran agama Islam.

Mari kita perhatikan sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr Bin al-‘ash radiallahuanhu:

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง : ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ุงู‹ ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽูŠู‘ู ุงู„ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุชูุทู’ุนูู…ู ุงู„ุทู‘ูŽุนูŽุงู…ูŽุŒ ูˆูŽุชูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ ุนูŽุฑูŽูู’ุชูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุนู’ุฑููู’

Dari โ€˜Abdullah bin โ€˜Amr bin al-โ€˜Ash Radhiyallahu anhuma bahwa ada seorang yang bertanya kepada Rasรปlullรขh Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, Apakah (amal dalam) Islam yang paling baik? Maka Rasรปlullรขh Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda, โ€œ(Yaitu) kamu memberi makan (orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang (Muslim) yang kamu kenal maupun tidak kamu kenalโ€ {HSR. Al-Bukhรขri, no. 12 dan 28 dan Muslim, no. 39]Sumber: almanhaj

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan mengucapkan salam kepada setiap Muslim yang dikenal maupun tidak dikenal, karena ini termasuk amal kebaikan yang paling utama dalam Islam dan sebab besar untuk masuk Surga, dengan taufik dari Allรขh Subhanahu wa Taโ€™ala.

Jika kita perhatikan hadis ini maka jelaslah bagi kita bahwa Ucapan salam termasuk salah satu ucapan yang sangat besar pahalanya, karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam sendiri yang mengatakan bahwa ini adalah salah satu amal terbaik dalam agama Islam. Dengan demikian berarti ucapan salam ini bisa menjadi salah satu sebab kita masuk ke dalam surga dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Selain itu dari hadis ini juga ada sebuah pelajaran tambahan yaitu disunahkan untuk mengucapkan salam kepada setiap muslim, baik muslim itu kita kenal ataupun tidak kita kenal. Dan hal inilah yang sering Terlupakan di zaman ini, seringkali kita hanya memberikan salam kepada orang yang kita kenal saja. Padahal jika mengikuti sunnah Rasulullah maka seharusnya kita pun mengucapkan salam kepada orang yang tidak kita kenal sekalipun. Jika kita lihat dari ciri-ciri dia memakai atribut keislaman, maka sudah cukuplah hal tersebut menjadi alasan bagi kita untuk mengucapkan salam atau memberikan tulisan assalamualaikum kepada dirinya tersebut. Tidak perlu malu karena ini merupakan salah satu sunah beliau shallallahu alaihi wasallam yang telah banyak ditinggalkan.

Diantara salah satu manfaat mengucapkan salam Selain mendapatkan pahala adalah tumbuhnya rasa cinta di antara sesama muslim. Bagaimana tidak tumbuh rasa cinta jika mereka merasa mendapatkan doa terus-menerus dari saudaranya yang bertemu dengannya. Bertemu saudara di jalan mereka mendapat ucapan salam, bertemu lewat surat apa tulisan mereka mendapat tulisan assalamualaikum, apalagi jika salam tersebut diiringi dengan wajah yang cerah ceria berseri-seri, maka sungguh rasa cinta akan semakin kuat tumbuhnya.

Maka tidak heran jika dalam sebuah hadis Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda tentang ucapan salam ini:

ู„ุงูŽ ุชูŽุฏู’ุฎูู„ููˆู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูุคู’ู…ูู†ููˆุง ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูุคู’ู…ูู†ููˆุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุญูŽุงุจู‘ููˆุง. ุฃูŽูˆูŽู„ุงูŽ ุฃูŽุฏูู„ู‘ููƒูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุดูŽู‰ู’ุกู ุฅูุฐูŽุง ููŽุนูŽู„ู’ุชูู…ููˆู‡ู ุชูŽุญูŽุงุจูŽุจู’ุชูู…ู’ ุฃูŽูู’ุดููˆุง ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽูƒูู…ู’

โ€œKalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.โ€ (HR. Muslim no. 54)

Sumber: Rumaysho

Maka sudah selayaknya kita semakin mempopulerkan ucapan salam atau tulisan assalamualaikum jika kita bertemu atau berkorespondensi dengan saudara-saudari kita sesama muslim. Baik kita kenal dengan dirinya ataupun kita tidak kenal dengan dirinya, sebagaimana yang disunnahkan oleh nabi kita tercinta.

Link Paling Sering Dilihat

Kaji banyak halaman yang paling sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 45, Tentang Al-Quran, Al-Hadid 20, Al-Isra 25, At-Thalaq, Ad-Dukhan. Termasuk Ali ‘Imran 139, Al-Ma’idah 8, Al-Jin, Al-Qamar 49, Ali ‘Imran 97, Al-Baqarah 43.

  1. Al-Baqarah 45
  2. Tentang Al-Quran
  3. Al-Hadid 20
  4. Al-Isra 25
  5. At-Thalaq
  6. Ad-Dukhan
  7. Ali ‘Imran 139
  8. Al-Ma’idah 8
  9. Al-Jin
  10. Al-Qamar 49
  11. Ali ‘Imran 97
  12. Al-Baqarah 43

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: