Tulisan Bismillah

Dapatkan Amal Jariyah

Bismillahirahmanirahim atau biasa disebut basmalah adalah salah satu kata yang paling sering diucapkan oleh umat muslim di seluruh dunia. Kalimat ini dibaca 114 kali saat membaca Quran, dan minimal dibaca 17 kali dalam sehari yakni pada setiap rakaat salat inilah bentuknya dalam teks bahasa Arab:

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

“Bismillaahirrahmaanirrahiim”

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Makna Kalimat Basmalah

Kalimat bismillahirrohmanirrohim atau kalimat basmalah ini pada dasarnya terdiri atas 5 kata, yaitu bi (dengan) asma (nama) Allah (Allah, Tuhan kita), ar-Rahman (Yang Maha Pengasih), ar-Rahiim (Yang Maha Penyayang). Sehingga jika diartikan secara bebas maka bisa bermakna Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Terjemahan ini Dapat anda temukan juga pada berbagai mushaf Alquran yang dicetak dan ada di pasaran.

Allah adalah nama yang paling mulia diantara nama-nama Allah subhanahu Wa Ta’ala, dan masih banyak lagi nama-nama yang mulia dan indah yang dimiliki oleh Allah ta’ala yang biasa disebut sebagai al asmaul husna. Adapun makna bismillah atau dengan menyebut nama Allah, maka dimaksudkan oleh penyebutnya agar mendapat berkah dengan menyebut nama Allah saat akan melakukan suatu hal kebaikan. Tidak boleh kita sengaja berbuat keburukan dengan mengucapkan basmalah terlebih dahulu, karena bisa jadi termasuk mempermainkan bacaan basmalah ini, bahkan kita memang tidak boleh berbuat keburukan.

Adapun ar-Rahman biasa diterjemahkan sebagai Yang Maha Pengasih. Disini maksudnya adalah rahmat-Nya atau kasih-Nya meliputi seluruh makhlukNya yang ada di alam semesta ini. Baik makhluk tersebut manusia, maupun hewan dan tumbuhan, bahkan hingga jin dan malaikat. Rahmat Allah, maha pengasihnya Allah juga meliputi makhlukNya yang kita anggap benda mati sebagai contoh bumi, batu, air, angin, api, dan sebagainya. Kepada orang yang beriman Allah memberikan kasih-Nya, kepada orang yang tidak beriman juga Allah memberikan hal yang sama. Maka sifat kasih dari Allah subhanahu wa ta’ala menyeluruh dan meliputi seluruh makhlukNya.

Ar-Rahim biasa diterjemahkan sebagai Maha Penyayang. Kata ini memiliki arti yang mirip atau sejenis dan serupa dengan Arrahman, akan tetapi cakupannya lebih sempit. Dalam sifat ar-rahim kasih sayang Allah hanya diberikan kepada mereka yang beriman di hari kiamat kelak. Adapun orang yang tidak beriman maka di hari kiamat kelak tidak akan mendapatkan kasih sayang dari Allah subhanahu wa ta’ala. Pada hari itu kasih sayang dari Allah subhanahu wa ta’ala hanya akan didapatkan oleh orang-orang muslim, mukmin, yang beriman dan tunduk kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Hukum Terkait Bacaan Bismillah

Tulisan basmalah bukan tulisan biasa, bahkan tulisan basmalah merupakan sebuah tulisan yang merepresentasikan maha pengasih dan penyayangnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tulisan bismillah ini bisa mempunyai konsekuensi hukum di dalam agama Islam.

Sangat ditekankan atau dianjurkan dan juga disyariatkan bagi setiap muslim yang akan membaca Alquran untuk memulai qiroah mereka dengan membaca basmalah ini. Di setiap awal surat dari 114 surat yang ada di dalam Alquran, kecuali Surat Attaubah, kita akan menjumpai tulisan bismillah ini tercantum di awal surat. Begitu pula saat kita membaca surat di dalam shalat, kita membaca basmalah di setiap awal surat yang akan kita baca. Begitu pula saat kita akan melakukan berbagai kegiatan yang baik seperti makan dan minum, saat akan memakai pakaian, saat kita keluar atau masuk dari masjid, saat kita akan mengendarai mobil atau motor atau kendaraan lainnya, dan segala macam perbuatan baik lainnya.

Ada juga kondisi dimana membaca tulisan bismillah/lafadz basmalah ini menjadi wajib, yaitu saat kita akan menyembelih binatang. Dalam kasus ini yang dibaca adalah bismilahi wallahuakbar.

Keutamaan Bismillah

Tulisan bismillah, lafadz basmalah, bukankah tulisan apa lafaz biasa. Maka sudah selayaknya untuk selalu menaruh buku atau kertas bertuliskan kalimat yang mulia ini di tempat yang mulia juga. Jangan ditaruh di lantai, jangan ditaruh di tempat yang kotor dan seterusnya.

Ada banyak hadits yang shahih yang menjelaskan tentang keutamaan membaca lafaz bismillahirrahmanirrahim/basmalah, di mana dengan meluangkan waktu 2-3 detik untuk membacanya kita bisa mendapatkan berbagai keutamaan tersendiri. Di antaranya adalah:

  1. Kalimat ini merupakan kalimat yang sangat agung, yang Allah pilih sebagai pembuka surat-surat di dalam alquran yang mulia
  2. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam terbiasa untuk menggunakan tulisan bismillah sebagai pembuka dari surat-surat yang beliau kirimkan kepada para raja atau para pembesar kaum yang akan didakwahi
  3. Nabi Sulaiman ‘alaihissalam pun membuka suratnya kepada Ratu Saba’ dengan diawali tulisan bismillah
  4. Hadis sahih yang menjelaskan bahwa basmalah ini menjadi kalimat pembuka untuk kegiatan ibadah seperti wudhu
  5. Setan menjadi kecil jika kita membaca bismillah di awal makan kita, dia menjadi lemah dan tidak dapat ikut makan bersama makanan yang kita makan
  6. Bagi pasangan suami istri yang akan berjima /berhubungan badan, setan tidak akan bisa mengganggu mereka dan anak keturunan mereka jika membaca basmalah sebelum berhubungan badan. Dan untuk kasus ini ada doa tambahannya, biasa dikenal sebagai doa berhubungan badan
  7. Kalimat ini bisa melindungi manusia dari pandangan jin yang melihat kepada aurat manusia
  8. Membuat setan menjadi tidak dapat membuka tempat barang berharga yang ada di dalam rumah
  9. Mencegah agar setan tidak dapat menginap di rumah kita, sehingga tidak bisa mengganggu penghuni rumah
  10. Menjadi pembeda halal dan haramnya hewan sembelihan, jika tidak membaca basmalah saat memotong hewan sembelihan maka bisa jadi hewan tersebut akan haram untuk dimakan

Untuk dalil-dalil dari setiap poin tersebut diatas dapat anda lihat pada website konsultasi syariah, adapun pada artikel kali ini kami hanya menjelaskan secara ringkas saja. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan.

Terkait: « | »

Kategori: Serba-Serbi

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi