Surat An-Naml Ayat 85


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

وَوَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ بِمَا ظَلَمُوا فَهُمْ لَا يَنْطِقُونَ

Arab-Latin: Wa waqa'al-qaulu 'alaihim bimā ẓalamụ fa hum lā yanṭiqụn

Terjemah Arti: Dan jatuhlah perkataan (azab) atas mereka disebabkan kezaliman mereka, maka mereka tidak dapat berkata (apa-apa).

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

84-85. Hingga ketika telah datang dari tiap-tiap umat segolongan orang dari orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, dan mereka sudah berkumpul, Allah berfirman kepada mereka, “Apakah kalian mendustakan ayat-ayatKu yang telah Aku turunkan kepada para rasulKu, dan mendustakan ayat-ayatKu yang Aku jadikan sebagai petunjuk atas kewajiban bertauhid kepadaKu dan hakKu untuk diibadahi, sedang kalian tidak mengetahui tentang kebatilannya, sehingga kalian kemudian berpaling darinya dan mendustakannya? Atau apakah yang telah kalian kerjakan?” Dan telah jatuh ketetapan siksaan pada mereka, disebabkan kezhaliman dan pendustaan mereka. Mereka itu tidak berbicara dengan dasar hujjah yang dapat mereka jadikan sebagai penolak siksaan buruk yang menimpa mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

85. Maka mereka pun tertimpa siksa karena kezaliman mereka dengan berbuat kekufuran terhadap Allah dan pendustaan terhadap ayat-ayat-Nya, dan mereka tidak bisa berbicara untuk membela diri mereka masing-masing karena ketidakmampuan mereka dan Ketidakabsahan argumen mereka.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

85. وَوَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِم بِمَا ظَلَمُوا۟ (Dan jatuhlah perkataan (azab) atas mereka disebabkan kezaliman mereka)
Yakni mereka berhak mendapatkan siksaan karena kezaliman mereka dan kezaliman yang paling besar adalah menyekutukan Allah.

فَهُمْ لَا يَنطِقُونَ (maka mereka tidak dapat berkata)
Yakni mereka tidak dapat mengajukan alasan saat azab itu terjadi.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

85. Maka mereka benar-benar ditimpa azab, disebabkan kezaliman mereka sendiri yaitu syirik dan mendustakan ayat-ayat Allah. Maka mereka tidak dapat berkata apa-apa untuk meminta ampunan ketika azab melalap mereka

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah menjelaskan bahwa adzab adalah keharusan dan kemestian bagi mereka karena sebab kedzaliman mereka dan kesyirikan mereka serta pelampauan batas mereka; Mereka tidak sama sekali memiliki udzur yang meringankan mereka. Mereka akan terdiam dan sepakat (atas akibat yang akan menimpa mereka).

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Karena mereka tetap terus di atasnya serta hujjah telah mengalahkan mereka.

Karena mereka sudah tidak memiliki hujjah lagi.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Mereka tidak mendapat dalih untuk membela diri. Mereka bersalah, dan dengan demikian berlakulah perkataan berupa janji azab Allah atas mereka karena kezaliman mereka, maka mereka tidak dapat berkata, bukan saja karena tidak ada dalih yang dapat mereka katakan, tetapi lebih-lebih karena sangat pedihnya azab yang mereka rasakan. Mereka tidak mampu mengelak dan berdalih. 86. Perhatikanlah apa yang dialami manusia setiap hari untuk mendekatkan pemahaman tentang hari kebangkitan. Apakah mereka tidak memperhatikan bahwa kami telah menjadikan malam agar mereka beristirahat padanya dengan tidur dan menjadikan siang yang menerangi agar mereka dapat bekerja dan mencari nafkah' sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah yang bermanfaat bagi orang-orang yang beriman, antara lain menjadi bukti kuasa-Nya menghidupkan manusia setelah kematiannya.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat An-Naml Ayat 86 Arab-Latin, Surat An-Naml Ayat 87 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat An-Naml Ayat 88, Terjemahan Tafsir Surat An-Naml Ayat 89, Isi Kandungan Surat An-Naml Ayat 90, Makna Surat An-Naml Ayat 91

Category: Surat An-Naml


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!