Surat An-Naml Ayat 58


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَطَرًا ۖ فَسَاءَ مَطَرُ الْمُنْذَرِينَ

Arab-Latin: Wa amṭarnā 'alaihim maṭarā, fa sā`a maṭarul-munżarīn

Terjemah Arti: Dan Kami turunkan hujan atas mereka (hujan batu), maka amat buruklah hujan yang ditimpakan atas orang-orang yang diberi peringatan itu.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan Kami hujani mereka dari langit dengan hujan batu yang berasal dari tanah yang membinasakan. Amat buruk hujan yang menimpa kaum yang sudah diperingatkan tersebut yang telah jelas hujjah di hadapan mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

58. Dan Kami hujani kaum Lūṭ -'alaihissalām- dengan batu dari langit. Maka itu merupakan hujan yang buruk lagi mencelakakan bagi orang-orang yang sudah diberi peringatan dengan azab, tetapi mereka tidak mau mendengarkannya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

58. فَسَآءَ مَطَرُ الْمُنذَرِينَ (maka amat buruklah hujan yang ditimpakan atas orang-orang yang diberi peringatan itu)
Yakni orang-orang yang mendapat peringatan namun tidak mempedulikan peringatan itu sehingga mereka ditimpa hujan batu sampai mati.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

58. Kami turunkan hujan dari langit kepada mereka (hujan batu), kemudian Kami binasakan mereka dengan hujan batu itu. Maka itulah seburuk-buruk hujan yang ditimpakan atas orang-orang yang diberi peringatan tentang azab Allah jika mereka melakukan maksuat, namun mereka membangkang

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah menurunkan kepada kaum luth adzab dengan menghujani dengan bebatuan dari neraka sijjil yang dijatuhkan di atas kepala-kepala mereka dan binasalah mereka semua, seburuk-buruk hujan adalah hujan yang diberikan kepada kaum Nabi Luth, dan seburuk-buruk adzab adalah adzab mereka, sungguh telah tegak bagi mereka hujjah dan telah datang kepada mereka pemberi peringatan akan tetapi mereka tidak beriman; Bahkan mendustakan dan sombong.
Berkata Ibnu Athiyyah : Sesungguhnya ayat ini adalah asal bagi siapa yang menegakkan hukuman sebagaimana dosa kaum Luth dengan rajam, madzhab malik merajam yang melakukan dan pasangan yang sama-sama berbuat keji, madzhab syafi’i menegakkan hukuman sebagaimana pezina; Di mana jika yang berzina adalah gadis dicambuk dan dirajam, dan madzhab abu hanifah dicela dengan tanpa hukuman.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Seburuk-buruk hujan adalah hujan mereka dan seburuk-buruk azab adalah azab mereka, karena mereka telah diberi peringatan, namun tidak mau berhenti.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dan kami hujani mereka dengan hujan batu yang membinasakan sebagai bentuk azab dari kami, maka sangat buruklah hujan yang ditimpakan pada orang-orang yang diberi peringatan akan datangnya azab itu tetapi tidak mengindahkan. 59. Demikianlah uraian kisah-kisah para nabi dan umatnya yang memberi tuntunan dan pelajaran yang harus disyukuri, maka katakanlah, wahai nabi Muhammad, "segala puji hanya bagi Allah dalam segala situasi dan kondisi dan salam sejahtera atas hamba-hamba-Nya yang dipilih-Nya sebagai pengemban misi kerasulan. " katakan pula kepada orang-orang musyrik, 'apakah Allah yang lebih baik, ataukah apa yang mereka persekutukan dengan-Nya yang tidak dapat mendatangkan manfaat atau mudarat''.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat An-Naml Ayat 59 Arab-Latin, Surat An-Naml Ayat 60 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat An-Naml Ayat 61, Terjemahan Tafsir Surat An-Naml Ayat 62, Isi Kandungan Surat An-Naml Ayat 63, Makna Surat An-Naml Ayat 64

Category: Surat An-Naml


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!