Surat An-Naml Ayat 57


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

فَأَنْجَيْنَاهُ وَأَهْلَهُ إِلَّا امْرَأَتَهُ قَدَّرْنَاهَا مِنَ الْغَابِرِينَ

Arab-Latin: Fa anjaināhu wa ahlahū illamra`atahụ qaddarnāhā minal-gābirīn

Terjemah Arti: Maka Kami selamatkan dia beserta keluarganya, kecuali isterinya. Kami telah mentakdirkan dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan).

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Lalu Kami selamatkan Luth dan keluarganya dari azab yang akan melanda kaum Luth kecuali istrinya, Kami telah takdir dia termasuk orang yang tertinggal dalam siksaan sehingga ikut binasa bersama orang-orang yang binasa. Sebab dia sesungguhnya mendukung kaumnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan buruk mereka lagi menyetujuinya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

57.    Maka Kami menyelamatkannya dan menyelamatkan keluarganya kecuali istrinya, Kami memutuskan baginya untuk tetap bersama orang-orang yang menetap dalam siksaan agar ia termasuk dalam golongan orang-orang yang binasa.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

57. فَأَنجَيْنٰهُ وَأَهْلَهُۥٓ (Maka Kami selamatkan dia beserta keluarganya)
Kami selamatkan dari azab.

إِلَّا امْرَأَتَهُۥ قَدَّرْنٰهَا مِنَ الْغٰبِرِينَ (kecuali isterinya. Kami telah mentakdirkan dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan))
Yakni Kami takdirkan dia termasuk orang yang kekal dalam azab.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

57. Maka Kami selamatkan dia beserta keluarganya yang beriman dari azab, kecuali isterinya. Kami telah mentakdirkan dia termasuk orang-orang yang tertinggal dalam azab (dibinasakan).

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Luth dan keluarganya Allah selamatkan dari adzab yang akan menimpa kaumnya dan keluarganya. Dan Kami kecualikan selamat dari adzab istri Luth, karena dia yang tersisa untuk ikut terkena adzab dan sebagai orang yang celaka.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Ketika para malaikat datang sebagai tamu (dalam rupa manusia) kepada Nabi Luth ‘alaihis salam, maka kaumnya mengetahui kedatangan mereka dan ingin melakukan kejahatan kepada tamu-tamu itu, maka Nabi Luth menutup pintunya dari mereka, dan Beliau (Nabi Luth ‘alaihis salam) kebingungan, lalu para malaikat memberitahukan keadaan yang sebenarnya, bahwa kedatangan mereka adalah untuk menyelamatkan Nabi Luth dan mengeluarkannya dari tengah-tengah kaumnya, mereka ingin membinasakan mereka, di mana waktu pembinasaannya adalah pagi hari, dan mereka (para malaikat) memerintahkan Nabi Luth membawa pergi keluarganya di malam hari sehingga mereka selamat sedangkan kaumnya ditimpa azab pada pagi harinya; Allah membalikkan negeri mereka dan menjadikan bagian atasnya di bawah dan bawahnya menjadi di atas, lalu mereka ditimpa hujan batu dari yanah yang keras dan bertubi-tubi.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maka kami selamatkan dia dan keluarganya serta para pengikutnya dari siksa yang akan menimpa, kecuali istrinya. Kami telah menentukan dan mentakdirkan akibat kedurhakaannya bahwa dia termasuk orang-orang yang tertinggal yakni berada dalam azab dan binasa bersama orang-orang kafir. 58. Dan kami hujani mereka dengan hujan batu yang membinasakan sebagai bentuk azab dari kami, maka sangat buruklah hujan yang ditimpakan pada orang-orang yang diberi peringatan akan datangnya azab itu tetapi tidak mengindahkan.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat An-Naml Ayat 58 Arab-Latin, Surat An-Naml Ayat 59 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat An-Naml Ayat 60, Terjemahan Tafsir Surat An-Naml Ayat 61, Isi Kandungan Surat An-Naml Ayat 62, Makna Surat An-Naml Ayat 63

Category: Surat An-Naml


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!