Surat Asy-Syu’ara Ayat 194

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

عَلَىٰ قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ ٱلْمُنذِرِينَ

Arab-Latin: 'alā qalbika litakụna minal-munżirīn

Artinya: Ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan,

« Asy-Syu'ara 193Asy-Syu'ara 195 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Dengan Surat Asy-Syu’ara Ayat 194

Paragraf di atas merupakan Surat Asy-Syu’ara Ayat 194 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan penting dari ayat ini. Tersedia beragam penjabaran dari beragam ahli tafsir berkaitan isi surat Asy-Syu’ara ayat 194, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

192-195. Dan sesungguhnya al-Qur’an ini, yang didalamnya disebutkan kisah-kisah yang benar sungguh-sungguh diturunkan dari Dzat Yang Maha Pencipta makhluk dan pemilik segala urusan semuanya. Jibril turun dengan membawanya, lalu membacakannya kepadamu (wahai rasul) sehingga kamu dapat menangkapnya dengan hatimu dalam bentuk hafalan dan pemahaman, agar kamu termasuk utusan-utusan Allah yang memperingatkan kaum mereka tentang siksaan Allah. Maka dengan al-Qur’an ini, kamu memperingatkan bangsa manusia dan jin secara keseluruhan. Jibril turun kepadamu dengan membawanya dalan bahasa arab yang jelas maknanya, lagi jelas petunjuknya dalam perkara-perkara yang mereka butuhkan untu memperbaiki urusan-urusan agama dan dunia mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

194. Dia menurunkannya ke dalam hatimu -wahai Rasul- agar engkau menjadi salah seorang rasul yang memberi peringatan kepada manusia, dan mengancam mereka akan datangnya azab Allah.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

194. عَلَىٰ قَلْبِكَ (ke dalam hatimu (Muhammad))
Jibril membacakannya ke dalam hatinya karena hati adalah indra batin agar ia dapat menghafal dan memahaminya.

لِتَكُونَ مِنَ الْمُنذِرِينَ(agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan)
Allah menurunkan al-Qur’an kepadamu agar kamu memberi peringatan kepada mereka dengan peringatan dan ancaman yang terkandung di dalamnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

194. Jibril menurunkannya ke dalam hatimu wahai Nabi, sebab hati adalah pusat kesadaran dan pemahaman. Agar engkau menjaganya dan tidak melupakannya. Serta agar engkau menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan akan adanya azab kepada orang-orang yang bermaksiat kepada Allah.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{ke dalam hatimu agar kamu menjadi salah satu pemberi peringatan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

193-195 “dia dibawa turun oleh ar-ruh al- amin,” yaitu jibril yang merupakan malaikat yang termulia dan terkuat; yang terpercaya yang telah aman drai keteledoran untuk menambahi dan menguranginya, “kedalam hatimu,” hai Muhammad, “agar kamu menjadi salah seorang dari orang-orang yang memberi peringatan,” kamu menggunakannya untuk membimbing (manusia) ke jalan yang lurus dan dengannya pula kamu memperingatkan mereka dari jalan kesesatan; “dengan bahasa arab yang jelas,” yang merupakan bahasa yang paling mulia, yaitu dengan bahasa orang yang diutus kepada mereka dan langsung mendakwahi mereka semenjak asal; suatu bahasa yang jelas lagi nyata.
Cobalah anda renungkan bagaimana keutamaan-keutamaan luar biasa tersebut terhimpun di dalam kitab suci ini. Sesungguhnya ia adalah kitab yang paling utama, dibawa turun oleh malaikat yang paling utama, kepada manusia yang paling utama dan dibelahan bumi yang paling mulia yang merupakan jantungnya, kepada suatu umat yang paling utama yang dikeluarkan untuk manusia, dengan bahasa yang paling utama, paling fasih dan paling mencakup, yaitu bahasa Arab yang sangat jelas.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 192-195
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kitab yang Dia turunkan kepada hamba dan RasulNya, nabi Muhammad SAW (Dan sesungguhnya Al-Qur'an ini) yaitu Al-Qur'an yang disebutkan pada permulaan surah dalam firmanNya (Dan sekali-kali tidak datang kepada mereka suatu peringatan baru dari Tuhan Yang Maha Pemurah) (Surah Asy-Syu'ara': 5) (benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam) yaitu diturunkan Allah kepadamu melalui wahyu yang disampaikan kepadamu (dia dibawa turun oleh Ruhul Amin (193)) yaitu, malaikat Jibril, menurut pendapat ulama salaf, yaitu Qatadah, dan Adh-Dhahhak. Hal ini termasuk pendapat yang tidak dipertentangkan.
Mujahid berkata bahwa siapa saja yang diajak bicara Ruhul Amin, maka tubuhnya tidak akan dimakan tanah.
(ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan (194) yaitu Al-Qur'an ini diturunkan oleh malaikat yang mulia, yang mem­punyai kedudukan di sisi Allah, dan ditaati di kalangan penduduk langit. (ke dalam hatimu) wahai Muhammad, dalam keadaan bersih dari kotoran, penambahan, dan pengurangan. (agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan) yaitu agar kami memberi peringatan dengannya kepada orang-orang yang menentang dan mendustakannya dengan azab Allah, serta membawa berita gembira dengannya kepada orang-orang mukmin yang mengikutinya.
Firman Allah SWT: (dengan bahasa Arab yang jelas (195)) yaitu Al-Qur'an ini yang Kami turunkan kepadamu. Kami menurunkannya dengan memakai bahasa Arab yang fasih, sempurna, dan menyeluruh agar jelas, terang dan menang atas semua alasan, serta menjadi hujjah yang tegak dan dalil yang memberikan petunjuk.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Asy-Syu’ara ayat 194: Yakni, agar engkau memberi petunjuk manusia dengannya kepada jalan yang lurus dan memperingatkan manusia dari jalan yang sesat.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Asy-Syu’ara Ayat 194

194. Jibril, langsung memasukkan Al-Qur'an ke dalam hatimu, wahai nabi muhmmad, yang dengan itu Al-Qur'an terpelihara. Tujuannya agar engkau termasuk orang yang memberi peringatan kepada manusia agar mawas diri. Jika mereka memilih kekafiran dan kefasikan, setelah datangnya penjelasan, mereka akan diberi sanksi yang berat oleh Allah. 195. Al-qur'an yang diturunkan kepadamu, dan penjelasanmu tentangnya itu dengan bahasa arab yang jelas. Sehingga bisa dengan mudah dipahami oleh masyarakat arab, di mana Al-Qur'an turun pertama kali kepada mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penjelasan dari berbagai mufassirin terkait isi dan arti surat Asy-Syu’ara ayat 194 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk kita bersama. Bantu dakwah kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Sering Dikunjungi

Baca ratusan halaman yang sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 134, Ar-Ra’d, Al-Baqarah 186, Al-Ahzab 21, Al-Baqarah 30, Al-Jumu’ah 9. Termasuk Az-Zariyat 56, Al-Baqarah 2, Al-Isra 23-24, Ali ‘Imran 133, Al-Infithar, Al-Isra 1.

  1. Ali ‘Imran 134
  2. Ar-Ra’d
  3. Al-Baqarah 186
  4. Al-Ahzab 21
  5. Al-Baqarah 30
  6. Al-Jumu’ah 9
  7. Az-Zariyat 56
  8. Al-Baqarah 2
  9. Al-Isra 23-24
  10. Ali ‘Imran 133
  11. Al-Infithar
  12. Al-Isra 1

Pencarian: surat ali imran 190 191, makna surah al hujurat ayat 10 dan 12, surah al maidah ayat 4, quran surah al isra ayat 23, surah al hujurat ayat 10 beserta artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: