Quran Surat Thaha Ayat 3


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

إِلَّا تَذْكِرَةً لِمَنْ يَخْشَىٰ

Arab-Latin: Illā tażkiratal limay yakhsyā

Terjemah Arti: Tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah),

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Akan tetapi, Kami menurunkannya sebagai nasihat (pelajaran) agar dapat mengambil pelajaran dengannya orang-orang yang takut kepada siksaan Allah, lalu dia menghindarinya dengan menjalankan kewajiban-kewajiban dan menjauhi apa-apa yang diharamkan.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

3. Kami tidaklah menurunkannya melainkan sebagai peringatan bagi orang yang diberikan petunjuk oleh Allah agar merasa takut kepada-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. إِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَن يَخْشَىٰ (tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah))
Yakni al-Qur’an yang Kami turunkan kepadamu adalah sebagai peringatan bagi orang yang diberi taufik oleh Allah untuk takut kepada-Nya, dan kamu tidak diperintahkan untuk memaksa mereka agar beriman.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. Kami tidak menurunkannya kecuali sebagai pengingat dan pelajaran bagi orang yang takut kepada Allah

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Yakni agar orang yang takut kepada Allah ingat dan sadar, di mana dengan mengingat targhib (dorongan) yang disebutkan di dalamnya ia dapat mencapai harapan yang utama, dan dengan mengingat tarhib (ancaman kerugian dan kesengsaraan) ia dapat menjauhinya, dan ia pun ingat hukum-hukum syar’i secara rinci yang sebelumnya tergambar secara garis besar di akalnya, lalu sesuailah hukum-hukum yang disebutkan secara rinci itu dengan apa yang diperolehnya dalam fitrah dan akalnya. Oleh karena itu, Allah menamai Al Qur’an dengan tadzkirah (pengingat), di mana ia merupakan pengingat hal yang telah ada, hanyasaja kebanyakan manusia lalai darinya. Namun pengingat ini dikhususkan bagi orang-orang yang takut kepada Allah, karena selain mereka tidak dapat mengambil manfaat darinya, dan bagaimana mungkin orang yang tidak beriman kepada surga dan neraka dapat mengambil manfaat darinya, demikian pula orang yang di hatinya tidak ada rasa takut kepada Allah?

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kami tidak menurunkan Al-Qur'an kepadamu melainkan sebagai peringatan bagi orang yang takut kepada Allah dan ikhlas menaati ajaran dan perintah-Nya. 4. Wahai nabi, Al-Qur'an ini diturunkan kepadamu dari Allah yang mahaagung yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi. Kandungannya merupakan petunjuk bagi mereka yang mau meyakini.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Quran Surat Thaha Ayat 4 Arab-Latin, Quran Surat Thaha Ayat 5 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Quran Surat Thaha Ayat 6, Terjemahan Tafsir Quran Surat Thaha Ayat 7, Isi Kandungan Quran Surat Thaha Ayat 8, Makna Quran Surat Thaha Ayat 9

Category: Surat Thaha


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!