Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 2

مَا أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لِتَشْقَىٰ

Arab-Latin: Mā anzalnā 'alaikal-qur`āna litasyqā

Terjemah Arti: Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah;

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Kami tidak menurunkan kepadamu (wahai Rasul) al-Qur’an ini agar kamu menjadi celaka disebabkan ketidakmampuanmu mengamalkannya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2. Tidaklah Kami menurunkan Al-Qur`ān kepadamu -wahai Rasul- untuk menjadi sebab kesusahan dirimu karena kaummu berpaling dari keimanan kepada dirimu.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

2. مَآ أَنزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْءَانَ لِتَشْقَىٰٓ (Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah)
Yakni akibat kesedihanmu karena mereka tidak beriman, sesungguhnya keimanan mereka bukanlah tanggungjawabmu.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

2. Wahai Nabi, Kami tidak menurunkan Al-Qur’an untuk menguras tenagamu karena sangat lelah dalam beribadah atau karena sangat merugi dan sedih atas kekufuran kaummu dan penolakan mereka untuk beriman kepada risalahmu. Maka ringankanlah dirimu. Maqatil berkata: “Abu Jahal dan Nadhr bin Harits berkata kepada Nabi SAW: “Sesungguhnya kamu akan susah karena meninggalkan agama kami” hal itu dikatakan karena mereka berdua melihat Nabi lama dalam beribadah dan berusaha. Kemudian Allah SWT menurunkan ayat ini: {Maa Anzalnaa ..} [2]”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Maksud diturunkan Al Qur’an dan ditetapkan syari’at bukanlah agar engkau kesusahan. Al Qur’an dan syariat yang ditetapkan Yang Maha Pengasih adalah agar seseorang memperoleh kebahagiaan dan keberuntungan, Dia memudahkan semua jalan yang menuju ke arah sana dan menjadikannya makanan bagi ruh dan hati, yang jika berhadapan dengan fitrah yang masih selamat dan akal yang sehat niscaya akan menerima dan tunduk kepadanya karena kandungannya yang berisi kebaikan di dunia dan akhirat.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Wahai nabi Muhammad, kami, yakni Allah melalui jibril, tidak menurunkan Al-Qur'an ini kepadamu agar engkau menjadi susah akibat ditolak dan dimusuhi kaummu atau dituntut untuk melaksanakan kewajiban di luar batas kemampuanmu. 3. Kami tidak menurunkan Al-Qur'an kepadamu melainkan sebagai peringatan bagi orang yang takut kepada Allah dan ikhlas menaati ajaran dan perintah-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 3 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 4 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 5, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 6, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 7, Makna Surat Thaha Ayat 8

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!