Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Maryam Ayat 29

فَأَشَارَتْ إِلَيْهِ ۖ قَالُوا كَيْفَ نُكَلِّمُ مَنْ كَانَ فِي الْمَهْدِ صَبِيًّا

Arab-Latin: Fa asyārat ilaīh, qālụ kaifa nukallimu mang kāna fil-mahdi ṣabiyyā

Terjemah Arti: Maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: "Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?"

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Maryam memberikan isyarat kepada bayinya, isa, agar mereka bertanya langsung dan berbicara kepadanya. Mereka menjawab dengan nada pengingkaran kepada maryam, ”bagaimana mungkin kami akan berbicara dengan seorang yang berada di buaian ibunya berupa anak kecil yang masih disusui?”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

29. Maka ia pun menunjuk kepada anaknya Isa -'alaihissalām- yang masih bayi yang masih di ayunan. Kaumnya berkata kepadanya dengan penuh keheranan, "Bagaimana bisa kami berbicara dengan seorang anak yang masih dalam ayunan?"

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

29. فَأَشَارَتْ إِلَيْهِ ۖ (maka Maryam menunjuk kepada anaknya)
Yakni kepada Isa. Maryam cukup menunjuk Isa tanpa menyuruhnya untuk berbicara, sebab Maryam telah bernazar kepada Allah untuk berpuasa dari bicara.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

29. Maka Maryam menunjuk kepada anaknya agar anaknya yang menjawab. Mereka berkata: "Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?"

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Maryam tidak gentar menghadapi cemoohan kaumnya, maka untuk menjawabnya dia menunjuk kepada anak yang sedang digendongnya. Melihat isyaratnya untuk bertanya kepada anak tersebut, mereka berkata, 'bagaimana mungkin kami akan berbicara dengan bayi yang masih dalam ayunan itu''30. Isa yang berada dalam gendongan ibunya mendengar pembicaraan kaumnya. Dia berkata, 'sesungguhnya aku adalah hamba Allah yang mahakasih. Dia akan memberiku sebuah kitab injil sesuai ketetapan-Nya, dan dia juga akan menjadikan aku seorang nabi untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya kepada bani israil.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Maryam Ayat 30 Arab-Latin, Surat Maryam Ayat 31 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Maryam Ayat 32, Terjemahan Tafsir Surat Maryam Ayat 33, Isi Kandungan Surat Maryam Ayat 34, Makna Surat Maryam Ayat 35

Category: Surat Maryam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!