Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 12

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ

Arab-Latin: Qāla mā mana'aka allā tasjuda iż amartuk, qāla ana khairum min-h, khalaqtanī min nāriw wa khalaqtahụ min ṭīn

Terjemah Arti: Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Allah berfirman sebagai pengingkaran kepada iblis yang menolak untuk bersujud, ”apakah yang menghalangimu untuk bersujud ketika aku perintahkan engkau?” iblis menjawab, ”Aku lebih baik daripada dia dalam asal penciptaan, sebab aku diciptakan dari api, sedang dia diciptakan dari tanah,” iblis memandang api lebih mulia daripada tanah.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

12. Allah -Ta'ālā- mencela sikap Iblis dengan firman-Nya, “Apa yang membuatmu enggan melaksanakan perintah-Ku bersujud kepada Adam?” Iblis menjawab firman Rabbnya dengan mengatakan, “Aku enggan bersujud kepadanya karena aku lebih baik darinya. Engkau menciptakan aku dari api dan menciptakannya (Adam) dari tanah. Dan api lebih mulia dari tanah."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

12. قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ (Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud)
Pertanyaan ini sebagai penegakkan hujjah atas dirinya, dan untuk mencela dan menjelekkan perbuatannya itu, karena Allah sebenarnya Maha Mengetahui mengapa ia tidak mau bersujud.

قَالَ أَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُ (Menjawab iblis “Saya lebih baik daripadanya)
Yang menghalanginya untuk bersujud adalah pengakuan dan anggapannya bahwa ia lebih mulia dibandingkan Adam, serta keingkarannya bagaimana makhluk seperti dia disuruh untuk bersujud kepada makhluk seperti Adam.

خَلَقْتَنِى مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُۥ مِن طِينٍ (Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah”)
Anggapan darinya bahwa unsur api lebih mulia dari unsur tanah.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

{ قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ } "Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" , { قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا لَكَ أَلَّا تَكُونَ مَعَ السَّاجِدِينَ } "Allah berfirman: “Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?” [ Al-Hijr : 32 , { قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ } "Allah berfirman: “Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku" [ Shad : 75 ] , perbedaan konteks di setiap ayat menunjukkan bahwa yang dilaknat telah melakukan dalam maksianya tiga macam maksiat sekaligus, yaitu : melanggar perintah, meninggalkan jamaah, dan meyombongkan diri dan meremehkan penciptaan Adam.

Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim

12. Allah berfirman kepada Iblis untuk menanyakan hujjah dan menghinanya, karena Allah mengetahui hal itu: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud kepada Adam saat Aku memerintahkanmu untuk bersujud?” Iblis berkata: “Aku lebih mulia dari Adam. Engkau menciptakanku dari api, sedangkan dia dari tanah. Unsur yang terkandung dalam api berupa keluhuran dan cahaya itu lebih mulia daripada tanah yang mengandung kegelapan dan tidak berubah (statis)”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Kata-kata Iblis ini nampak seakan-akan benar, padahal sebenarnya salah, karena tanah lebih baik daripada api. Kebiasaan api adalah membakar, merusak, keadaannya tidak kokoh (goyang) dan cepat (terburu-buru). Sedangkan keadaan tanah adalah tenang, mudah diolah dan bermanfaat sehingga dapat menumbuhkan tanaman. Oleh karena itu, Adam ‘alaihis salam yang diciptakan dari tanah lebih mudah rujuk (kembali kepada Allah), bertobat, tunduk kepada perintah Allah, mengakui kesalahan dan meminta ampunan-Nya. Berbeda dengan Iblis yang malah semakin sombong dan angkuh. Dari sinilah diketahui bahwa jika seseorang terkena fitnah syahwat lebih mudah kembali daripada terkena fitnah syubhat.

Selain itu, perkataan Iblis di atas merupakan qiyas yang paling rusak, karena qiyas tersebut digunakan untuk menentang perintah Alah Ta’ala, sedangkan qiyas apabila berbenturan dengan nash, maka qiyas tersebut batil. Hal itu, karena tujuan dari qiyas adalah agar hukum yang tidak ada nashnya mendekati kepada perkara yang ada nashnya, sehingga mengikutinya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Allah mempertanyakan alasan penolakan iblis untuk sujud kepada adam. Dia berfirman, apakah yang menghalangimu untuk menghormati adam sehingga kamu tidak bersujud kepadanya ketika aku menyuruhmu' dengan penuh angkuh dan sombong, iblis menjawab, aku tidak pantas bersujud kepadanya karena aku lebih baik daripada dia sehingga aku tidak wajar bersujud kepadanya. Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia engkau ciptakan dari tanah, dan api lebih baik daripada tanah. Ucapan iblis ini merupakan cerminan keangkuhan dan kesombongannya. Menanggapi kedurhakaan dan sikap iblis, Allah langsung menyuruhnya keluar dari surga. Allah berfirman, maka karena kesombongan dan pembangkanganmu, turunlah kamu darinya, yakni dari dalam surga, karena apa pun alasanmu kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya. Keluarlah kamu dari surga ini, karena sesung-guhnya kamu termasuk makhluk yang hina.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 13 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 14 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 15, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 16, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 17, Makna Surat Al-A’raf Ayat 18

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!