Surat Thaha Ayat 1-5

ุทู‡

Arab-Latin: แนญฤ hฤ

Artinya: Thaahaa.

ู…ูŽุงู“ ุฃูŽู†ุฒูŽู„ู’ู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูฑู„ู’ู‚ูุฑู’ุกูŽุงู†ูŽ ู„ูุชูŽุดู’ู‚ูŽู‰ูฐู“

Arab-Latin: mฤ anzalnฤ 'alaikal-qur`ฤna litasyqฤ

Artinya: Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah;

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat Thaha Ayat 1-5

Didapati beraneka penjabaran dari para pakar tafsir berkaitan makna surat thaha ayat 1-5, misalnya sebagaimana terlampir:

Kami tidak menurunkan kepadamu (wahai Rasul) al-Qurโ€™an ini agar kamu menjadi celaka disebabkan ketidakmampuanmu mengamalkannya. (Tafsir al-Muyassar)

Tidaklah Kami menurunkan Al-Qur`ฤn kepadamu -wahai Rasul- untuk menjadi sebab kesusahan dirimu karena kaummu berpaling dari keimanan kepada dirimu. (Tafsir al-Mukhtashar)

Wahai Nabi, Kami tidak menurunkan Al-Qurโ€™an untuk menguras tenagamu karena sangat lelah dalam beribadah atau karena sangat merugi dan sedih atas kekufuran kaummu dan penolakan mereka untuk beriman kepada risalahmu. Maka ringankanlah dirimu. Maqatil berkata: โ€œAbu Jahal dan Nadhr bin Harits berkata kepada Nabi SAW: โ€œSesungguhnya kamu akan susah karena meninggalkan agama kamiโ€ hal itu dikatakan karena mereka berdua melihat Nabi lama dalam beribadah dan berusaha. Kemudian Allah SWT menurunkan ayat ini: {Maa Anzalnaa ..} [2]โ€ (Tafsir al-Wajiz)

ู…ูŽุข ุฃูŽู†ุฒูŽู„ู’ู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุกูŽุงู†ูŽ ู„ูุชูŽุดู’ู‚ูŽู‰ูฐู“ (Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah) Yakni akibat kesedihanmu karena mereka tidak beriman, sesungguhnya keimanan mereka bukanlah tanggungjawabmu. (Zubdatut Tafsir)

ุฅูู„ู‘ูŽุง ุชูŽุฐู’ูƒูุฑูŽุฉู‹ ู„ู‘ูู…ูŽู† ูŠูŽุฎู’ุดูŽู‰ูฐ

Arab-Latin: illฤ taลผkiratal limay yakhsyฤ

Artinya: tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah),

Akan tetapi, Kami menurunkannya sebagai nasihat (pelajaran) agar dapat mengambil pelajaran dengannya orang-orang yang takut kepada siksaan Allah, lalu dia menghindarinya dengan menjalankan kewajiban-kewajiban dan menjauhi apa-apa yang diharamkan. (Tafsir al-Muyassar)

Kami tidaklah menurunkannya melainkan sebagai peringatan bagi orang yang diberikan petunjuk oleh Allah agar merasa takut kepada-Nya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Kami tidak menurunkannya kecuali sebagai pengingat dan pelajaran bagi orang yang takut kepada Allah (Tafsir al-Wajiz)

ุฅูู„ูŽู‘ุง ุชูŽุฐู’ูƒูุฑูŽุฉู‹ ู„ูู‘ู…ูŽู† ูŠูŽุฎู’ุดูŽู‰ูฐ (tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah)) Yakni al-Qurโ€™an yang Kami turunkan kepadamu adalah sebagai peringatan bagi orang yang diberi taufik oleh Allah untuk takut kepada-Nya, dan kamu tidak diperintahkan untuk memaksa mereka agar beriman. (Zubdatut Tafsir)

ุชูŽู†ุฒููŠู„ู‹ุง ู…ู‘ูู…ู‘ูŽู†ู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ูฑู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถูŽ ูˆูŽูฑู„ุณู‘ูŽู…ูŽูฐูˆูŽูฐุชู ูฑู„ู’ุนูู„ูŽู‰

Arab-Latin: tanzฤซlam mim man khalaqal-arแธa was-samฤwฤtil-'ulฤ

Artinya: yaitu diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi.

Al-Qurโ€™an ini diturunkan dari Allah yang telah menciptakan bumi dan langit yang tinggi. (Tafsir al-Muyassar)

Ia diturunkan oleh Allah yang menciptakan bumi ini, dan menciptakan langit-langit yang tinggi, itulah Al-Qur`ฤn yang agung karena diturunkan dari sisi Tuhan Yang Maha Agung. (Tafsir al-Mukhtashar)

Kami menurunkannya dari sisi Sang Pencipta Bumi dan Langit yang tinggi. Maksudnya yaitu untuk memberitahukan tentang keagungan turunnya Al-Qurโ€™an. (Tafsir al-Wajiz)

ุชูŽู†ุฒููŠู„ู‹ุง ู…ูู‘ู…ูŽู‘ู†ู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถูŽ ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู…ูฐูˆูฐุชู ุงู„ู’ุนูู„ูŽู‰ (yaitu diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi) Ini merupakan penjelasan tentang kesempurnaan kebesaran Allah yang menurunkan al-Qurโ€™an agar mereka menghargainya dengan sepatutnya. (Zubdatut Tafsir)

ูฑู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽูฐู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูฑู„ู’ุนูŽุฑู’ุดู ูฑุณู’ุชูŽูˆูŽู‰ูฐ

Arab-Latin: ar-raแธฅmฤnu 'alal-'arsyistawฤ

Artinya: (Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang bersemayam di atas 'Arsy.

(Yaitu) Yang Maha Pengasih, Yang bersemayam di atas Arasy. Maksudnya, tinggi dan berada di atas (nya), bersemayam yang sesuai dengan keagungan dan kebesaranNYa. (Tafsir al-Muyassar)

Yaitu Tuhan Yang Maha Pengasih, yang berada dan bersemayam di atas Arasy dengan sifat ketinggian yang sesuai dengan kemuliaan-Nya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Sang Maha Pengasih yang beristiwaโ€™ (Meninggi dan naik) di atas Arsy kerajaanNya. Itu adalah istiwaโ€™ yang pantas untukNya tanpa ada yang menyerupai dan tidak bisa diumpamakan (Tafsir al-Wajiz)

ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูฐู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุนูŽุฑู’ุดู ุงุณู’ุชูŽูˆูŽู‰ูฐ (Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang bersemayam di atas โ€˜Arsy) Telah dijelaskan tafsir dari ayat ini pada surat al-Aโ€™raf: 54. (Zubdatut Tafsir)

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penjabaran dari banyak ulama terkait makna dan arti surat thaha ayat 1-5 (arab, latin, artinya), moga-moga membawa manfaat bagi ummat. Dukunglah usaha kami dengan memberikan hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Sering Dilihat

Kaji banyak konten yang paling sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 45, Tentang Al-Quran, Al-Ma’idah 8, Ali ‘Imran 97, Al-Hadid 20, Al-Baqarah 43. Serta Al-Qamar 49, Ali ‘Imran 139, Al-Jin, Ad-Dukhan, At-Thalaq, Al-Isra 25.

  1. Al-Baqarah 45
  2. Tentang Al-Quran
  3. Al-Ma’idah 8
  4. Ali ‘Imran 97
  5. Al-Hadid 20
  6. Al-Baqarah 43
  7. Al-Qamar 49
  8. Ali ‘Imran 139
  9. Al-Jin
  10. Ad-Dukhan
  11. At-Thalaq
  12. Al-Isra 25

Pencarian: ...

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.