Surat Thaha Ayat 1-5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

طه

Arab-Latin: ṭā hā

Artinya: Thaahaa.

مَآ أَنزَلْنَا عَلَيْكَ ٱلْقُرْءَانَ لِتَشْقَىٰٓ

Arab-Latin: mā anzalnā 'alaikal-qur`āna litasyqā

Artinya: Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah;

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat Thaha Ayat 1-5

Ada beraneka penjabaran dari beragam ulama tafsir terkait kandungan surat thaha ayat 1-5, sebagiannya sebagaimana di bawah ini:

Kami tidak menurunkan kepadamu (wahai Rasul) al-Qur’an ini agar kamu menjadi celaka disebabkan ketidakmampuanmu mengamalkannya. (Tafsir al-Muyassar)

Tidaklah Kami menurunkan Al-Qur`ān kepadamu -wahai Rasul- untuk menjadi sebab kesusahan dirimu karena kaummu berpaling dari keimanan kepada dirimu. (Tafsir al-Mukhtashar)

Wahai Nabi, Kami tidak menurunkan Al-Qur’an untuk menguras tenagamu karena sangat lelah dalam beribadah atau karena sangat merugi dan sedih atas kekufuran kaummu dan penolakan mereka untuk beriman kepada risalahmu. Maka ringankanlah dirimu. Maqatil berkata: “Abu Jahal dan Nadhr bin Harits berkata kepada Nabi SAW: “Sesungguhnya kamu akan susah karena meninggalkan agama kami” hal itu dikatakan karena mereka berdua melihat Nabi lama dalam beribadah dan berusaha. Kemudian Allah SWT menurunkan ayat ini: {Maa Anzalnaa ..} [2]” (Tafsir al-Wajiz)

مَآ أَنزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْءَانَ لِتَشْقَىٰٓ (Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah) Yakni akibat kesedihanmu karena mereka tidak beriman, sesungguhnya keimanan mereka bukanlah tanggungjawabmu. (Zubdatut Tafsir)

إِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَن يَخْشَىٰ

Arab-Latin: illā tażkiratal limay yakhsyā

Artinya: tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah),

Akan tetapi, Kami menurunkannya sebagai nasihat (pelajaran) agar dapat mengambil pelajaran dengannya orang-orang yang takut kepada siksaan Allah, lalu dia menghindarinya dengan menjalankan kewajiban-kewajiban dan menjauhi apa-apa yang diharamkan. (Tafsir al-Muyassar)

Kami tidaklah menurunkannya melainkan sebagai peringatan bagi orang yang diberikan petunjuk oleh Allah agar merasa takut kepada-Nya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Kami tidak menurunkannya kecuali sebagai pengingat dan pelajaran bagi orang yang takut kepada Allah (Tafsir al-Wajiz)

إِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَن يَخْشَىٰ (tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah)) Yakni al-Qur’an yang Kami turunkan kepadamu adalah sebagai peringatan bagi orang yang diberi taufik oleh Allah untuk takut kepada-Nya, dan kamu tidak diperintahkan untuk memaksa mereka agar beriman. (Zubdatut Tafsir)

تَنزِيلًا مِّمَّنْ خَلَقَ ٱلْأَرْضَ وَٱلسَّمَٰوَٰتِ ٱلْعُلَى

Arab-Latin: tanzīlam mim man khalaqal-arḍa was-samāwātil-'ulā

Artinya: yaitu diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi.

Al-Qur’an ini diturunkan dari Allah yang telah menciptakan bumi dan langit yang tinggi. (Tafsir al-Muyassar)

Ia diturunkan oleh Allah yang menciptakan bumi ini, dan menciptakan langit-langit yang tinggi, itulah Al-Qur`ān yang agung karena diturunkan dari sisi Tuhan Yang Maha Agung. (Tafsir al-Mukhtashar)

Kami menurunkannya dari sisi Sang Pencipta Bumi dan Langit yang tinggi. Maksudnya yaitu untuk memberitahukan tentang keagungan turunnya Al-Qur’an. (Tafsir al-Wajiz)

تَنزِيلًا مِّمَّنْ خَلَقَ الْأَرْضَ وَالسَّمٰوٰتِ الْعُلَى (yaitu diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi) Ini merupakan penjelasan tentang kesempurnaan kebesaran Allah yang menurunkan al-Qur’an agar mereka menghargainya dengan sepatutnya. (Zubdatut Tafsir)

ٱلرَّحْمَٰنُ عَلَى ٱلْعَرْشِ ٱسْتَوَىٰ

Arab-Latin: ar-raḥmānu 'alal-'arsyistawā

Artinya: (Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang bersemayam di atas 'Arsy.

(Yaitu) Yang Maha Pengasih, Yang bersemayam di atas Arasy. Maksudnya, tinggi dan berada di atas (nya), bersemayam yang sesuai dengan keagungan dan kebesaranNYa. (Tafsir al-Muyassar)

Yaitu Tuhan Yang Maha Pengasih, yang berada dan bersemayam di atas Arasy dengan sifat ketinggian yang sesuai dengan kemuliaan-Nya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Sang Maha Pengasih yang beristiwa’ (Meninggi dan naik) di atas Arsy kerajaanNya. Itu adalah istiwa’ yang pantas untukNya tanpa ada yang menyerupai dan tidak bisa diumpamakan (Tafsir al-Wajiz)

الرَّحْمٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَىٰ (Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang bersemayam di atas ‘Arsy) Telah dijelaskan tafsir dari ayat ini pada surat al-A’raf: 54. (Zubdatut Tafsir)

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beraneka penjelasan dari para mufassirun berkaitan makna dan arti surat thaha ayat 1-5 (arab, latin, artinya), moga-moga berfaidah untuk kita. Bantulah dakwah kami dengan memberi hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Paling Banyak Dikunjungi

Terdapat berbagai konten yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Qamar 49, Ad-Dukhan, Al-Isra 25, Ali ‘Imran 97, Al-Jin, Al-Baqarah 43. Ada pula Al-Ma’idah 8, Al-Hadid 20, At-Thalaq, Tentang Al-Quran, Ali ‘Imran 139, Al-Baqarah 45.

  1. Al-Qamar 49
  2. Ad-Dukhan
  3. Al-Isra 25
  4. Ali ‘Imran 97
  5. Al-Jin
  6. Al-Baqarah 43
  7. Al-Ma’idah 8
  8. Al-Hadid 20
  9. At-Thalaq
  10. Tentang Al-Quran
  11. Ali ‘Imran 139
  12. Al-Baqarah 45

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: