Surat Al-Qalam Ayat 52

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمَا هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ لِّلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Wa mā huwa illā żikrul lil-'ālamīn

Artinya: Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat.

« Al-Qalam 51Al-Haqqah 1 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-Qalam Ayat 52

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qalam Ayat 52 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran mendalam dari ayat ini. Tersedia aneka ragam penafsiran dari beragam mufassirun terhadap makna surat Al-Qalam ayat 52, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

52. Al-Quran ini tidak lain hanyalah nasihat dan peringatan bagi seluruh alam, yaitu para makhluk dari kalangan jin dan manusia.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

52. Dan tidaklah Al-Qur`ān yang diturunkan kepadamu melainkan hanyalah nasihat dan peringatan untuk manusia dan jin.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

52. Al-Qur’an ini tidak lain kecuali pengingat yang bermanfaat dan nasehat yang dapat menyelamatkan alam semesta yang terdiri dari jin dan manusia. Maka tidak mungkin nabi Muhammad gila karena turunnya Al-Quran itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

(Al-Qur’an) itu tidak lain kecuali peringatan bagi seluruh alam


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

51-52. Nabi kita Muhammad melaksanakan perintah Rabbnya dan bersabar atas ketetapanNYa dengan kesabaran yang tidak bisa ditandingi oleh seorang pun dari seluruh alam. Allah memberikan akibat baik bagi beliau dan juga untuk orang-orang yang bertakwa. Para musuh Nabi Muhammad tidak berbuat apa pun selain yang mencelakai mereka sendiri, hingga (sampai pada tahap) mereka amat menginginkan untuk menggelincirkanmu, “dengan pandangan mereka.” Maksudnya, mencederaimu dengan pandangan-pandangan mereka, berupa sikap hasad, dengki dan marah. Inilah puncak gangguan berupa tindakan yang mereka lakukan, tapi Allah menjaga dan menolongnya. Adapun gangguan berupa perkataan, mereka mengatakan apa saja tentang Muhammad sesuai kehendak hati mereka. Sesekali mereka menyebut Muhammad penyair dan sesekali mereka menyebut Muhammad penyihir. Allah berfirman, “Dan al-Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat.” Maksudnya, al-Quran agung dan peringatan bijak ini tidak lain hanyalah merupakan peringatan untuk seluruh alam. Mereka menjadikannya sebagai peringatan demi kebaikan dunia dan agama mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 48-52
Allah SWT berfirman,”Maka bersabarlah, wahai Muhammad, dalam menghadapi kaummu dan pendustaan mereka terhadapmu, karena sesungguhnya Allah akan menetapkan kemenangan bagimu atas mereka dan menjadikan bagimu dan orang-orang yang mengikutimu akibat yang baik di dunia dan akhirat. (dan janganlah kamu seperti (Yunus) orang yang berada dalam (perut) ikan) yaitu Dzun Nun yaitu nabi Yunus bin Mata ketika pergi meninggalkan kaumnya dalam keadaan marah. Kemudian dia menaiki kapal, dan ikan besar menelannya, lalu membawanya di kedalaman lautan yang gelap gulita, dan dia dapat mendengar tasbih laut dan semua makhluk yang ada di dalamnya kepada Tuhan Yang Maha Tinggi lagi Maha Kuasa yang semua yang Dia takdirkan tidak dapat ditolak. Maka pada saat itulah nabi Yunus mulai berseru dalam kegelapannya (Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim (aniaya)) (Surah Al-Anbiya: 87) dan (Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman (88)) (Surah Al-Anbiya’) serta (Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah (143) niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit (144)) (Surah Ash-Shaffat) dan di sini Allah SWT berfirman: (ketika ia berdoa, sedangkan ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya)) Ibnu Abbas, Mujahid, dan As-Suddi berkata bahwa itu adalah dalam keadaan duka cita.
Firman Allah: (Dan sesungguhnya orang-orang kafir itu benar-benar hampir menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka) Ibnu Abbas dan Mujahid serta selain keduanya berkata tentang firmanNya: (benar-benar hampir menggelincirkan kamu) yaitu mereka benar-benar hampir menembus dirimu dengan pandangan mereka, yaitu mereka hampir saja menimpakan penyakit 'ain terhadapmu dengan penglihatan mereka. yaitu, mereka dengki terhadapmu karena kebencian mereka terhadapmu. Seandainya tidak ada pemeliharaan dari Allah terhadap dirimu dari kebencian mereka, tentu penyakit itu akan menimpamu.
Dalam ayat ini terkandung dalil yang menunjukkan bahwa penyakit 'ain itu ada dan pengaruhnya ada, dengan seizin Allah SWT
Firman Allah: (dan mereka berkata, "Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila") yaitu mereka memandang beliau dengan remeh dan hina serta menyakiti beliau dengan lisan mereka, dan mereka berkata ("Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila") yaitukarena dia telah mendatangkan Al-Qur'an. Maka Allah SWT berfirman: (Dan Al-Qur’an itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat (52))


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qalam ayat 52: 51-52. Ketahuilah wahai Nabi Allah, bahwa mereka orang-orang musyrik ketika mereka mendengar Al Qur’an berencana menyerangmu dengan mata-mata mereka yang hasad dan kegeraman atas diri-diri mereka. Akan tetapi Allah telah menjagamu dari mereka. Mereka berkata : Sesungguhnya Rasul ini sungguh gila (tidak punya akal). Dan mereka tidaklah mengetahui bahwa mereka telah sesat, dan bahwasanya Al Qur’an adalah nasihat dan peringatan bagi setiap manusia dan jin.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dengan Al Qur’an, seluruh alam menyadari hal yang bermaslahat bagi mereka baik pada agama mereka maupun dunia mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qalam Ayat 52

51-52. Setelah perintah bersabar kepada nabi Muhammad ayat ini melanjutkan penjelasannya mengapa nabi Muhammad harus tabah dan menguatkan kesabarannya. Dan sungguh, orang-orang kafir itu hampir-hampir menggelincirkanmu dengan pandangan mata mereka yang penuh kedengkian dan kebencian kepadamu, khususnya ketika mereka mendengar Al-Qur'an dan mereka berkata, ' dia nabi Muhammad itu benar-benar orang gila. Ltu dilakukan agar masyarakat menolak ajaran Al-Qur'an, padahal Al-Qur'an itu tidak lain adalah peringatan, nasihat dan pengajaran bagi seluruh alam. 1- 3. Pada surah sebelumnya disinggung sekilas tentang hari kiamat, pada awal surah ini dimulai dengan kata al-h'qqah yang secara kebahasaan berarti yang pasti kehadirannya yaitu hari kiamat, apakah hari kiamat yang sungguh dahsyat itu' dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu'.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penjelasan dari banyak mufassirun terhadap isi dan arti surat Al-Qalam ayat 52 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita semua. Dukunglah syi'ar kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dilihat

Ada ratusan materi yang cukup sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Jumu’ah 10, An-Nisa 29, Thaha, Al-Anfal, Al-Baqarah 168, An-Nisa 146. Ada pula Al-Ahzab 56, Al-Baqarah 152, Al-Jatsiyah, An-Nur 26, Al-Insyirah 6, Ali ‘Imran 110.

  1. Al-Jumu’ah 10
  2. An-Nisa 29
  3. Thaha
  4. Al-Anfal
  5. Al-Baqarah 168
  6. An-Nisa 146
  7. Al-Ahzab 56
  8. Al-Baqarah 152
  9. Al-Jatsiyah
  10. An-Nur 26
  11. Al-Insyirah 6
  12. Ali ‘Imran 110

Pencarian: surah ibrahim ayat 7 dan artinya, surat an nur ayat 39, surah ali imran 110, yusuf 76, terjemahan surat al imran ayat 159

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: