Surat Al-Qamar Ayat 21

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَكَيْفَ كَانَ عَذَابِى وَنُذُرِ

Arab-Latin: Fa kaifa kāna 'ażābī wa nużur

Artinya: Maka alangkah dahsyatnya azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku.

« Al-Qamar 20Al-Qamar 22 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Qamar Ayat 21

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 21 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan hikmah penting dari ayat ini. Didapati kumpulan penafsiran dari berbagai mufassirun mengenai isi surat Al-Qamar ayat 21, antara lain sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bagaimana azab dan siksaKu atas siapa yang kafir kepadaKu, mendustakan para utusanKu dan tidak beriman kepada mereka? Sesungguhnya azabKu itu besar dan pedih.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

21. Maka perhatikanlah -wahai penduduk Makkah- bagaimana siksa-Ku atas mereka? Dan bagaimana peringatan-Ku terhadap yang lain dengan siksaan terhadap mereka?


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

21. Alangkah dahsyatnya azab dan ancamanKu terhadap mereka. Allah mengulang-ulangnya sebagai bentuk peringatan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maka betapa dahsyatnya azab dan peringatanKu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

21. “Maka betapakah dahsyatnya azab dan ancaman-ancamanKu.” Demi Allah, siksaNya amat pedih dan ancamanNya tidak membiarkan seorang pun memiliki alasan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 18-22
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kaum 'Ad, yaitu kaum nabi Hud. Mereka juga mendustakan rasulNya, sebagaimana yang dilakukan kaum nabi Nuh, dan bahwa Allah SWT menimpakan kepada mereka (angin yang sangat kencang) yaitu angin yang kencang dan sangat dingin (pada hari nahas) yaitu menimpa mereka, Pendapat ini dikatakan Adh-Dhahhak, Qatadah, dan As-Suddi. (yang terus-menerus) ditimpakan atas mereka yang membinasakan dan menghancurkan mereka, karena hari itu merupakan hari azab dunia bagi mereka yang langsung berhubungan dengan azab akhirat.
Firman Allah: (yang menggelimpangkan manusia seakan-akan mereka pokok kurma yang tumbang (20)) Demikian itu karena angin menimpa seseorang dari mereka, lalu menerbangkan dia sehingga tidak terlihat lagi, kemudian dijatuhkannya dengan kepala di tanah, sehingga hancurlah kepalanya dan yang tersisa hanyalah tubuhnya saja tanpa kepala. Oleh karena itu Allah berfirman: (seakan-akan mereka pokok kurma yang tumbang (20) Maka betapa dahsyatnya azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku (21) Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (22))


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 21: 21-22. Telah berlalu tafsir dari dua ayat yang sebelumnya pada ayat 16 dan 17 dari surat ini.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 21

20-21. Allah mengembuskan angin mahadahsyat yang membuat manusia durhaka itu bergelimpangan seakan-akan mereka bagaikan pohon-pohon kurma yang tumbang dengan akar-akarnya. Maka perhatikanlah betapa dahsyatnya azab-ku dan peringatan-ku kepada orang-orang yang ingkar dan durhaka. 22. Peristiwa yang menimpa kaum 'ad merupakan pelajaran berharga bagi orang yang mau memperhatikan. Dan sungguh, telah kami mudahkan Al-Qur'an untuk menjadi pelajaran dan peringatan bagi semua manusia. Maka, adakah di antara mereka orang yang mau mengambil pelajaran sehingga Allah melimpahkan karunia kepadanya dan membantunya memahami kitab suci ini'.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penjabaran dari kalangan ahli tafsir berkaitan makna dan arti surat Al-Qamar ayat 21 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita bersama. Dukunglah perjuangan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dikunjungi

Telaah ratusan topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 255, Al-Kautsar 2, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, At-Talaq 3, Luqman 12, Az-Zalzalah 7-8. Termasuk An-Nahl, Yusuf 87, At-Taubah 103, An-Nahl 97, Ali ‘Imran 173, Al-Baqarah 156.

  1. Al-Baqarah 255
  2. Al-Kautsar 2
  3. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  4. At-Talaq 3
  5. Luqman 12
  6. Az-Zalzalah 7-8
  7. An-Nahl
  8. Yusuf 87
  9. At-Taubah 103
  10. An-Nahl 97
  11. Ali ‘Imran 173
  12. Al-Baqarah 156

Pencarian: lafal yang bermakna kesulitan adalah, ali imran 159 beserta artinya, tuliskan arti surat maryam ayat 2-4, annisa 24, surah maryam 33

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: