Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Az-Zariyat Ayat 46

وَقَوْمَ نُوحٍ مِنْ قَبْلُ ۖ إِنَّهُمْ كَانُوا قَوْمًا فَاسِقِينَ

Arab-Latin: Wa qauma nụḥim ming qabl, innahum kānụ qauman fāsiqīn

Terjemah Arti: Dan (Kami membinasakan) kaum Nuh sebelum itu. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang fasik.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan Kami juga telah membinasakan kaum Nuh Sebelum mereka itu, karena mereka adalah kaum yang menyelisihi perintah Allah, menyimpang dari ketaatan kepadaNya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

16. Dan telah Kami hancurkan kaum Nabi Nuh dengan cara tenggelam sebelum mereka yang telah disebutkan, sesungguhnya mereka adalah kaum yang keluar dari ketaatan kepada Allah maka mereka pantas untuk mendapat siksa.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

46. Kami juga membinasakan kaum Nuh sebelum membinasakan kaum-kaum yang telah disebutkan tersebut. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang tidak taat kepada Allah SWT

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah mengabarkan kebinasaan kaum Nuh, dari kaum-kaum yang sebelumnya; Dimana Allah binasakan dengan banjir bandang; Karena mereka telah mendustakan Rasul yang datang kepada mereka; Mereka adalah kaum yang keluar dari ketaatan kepada Allah dan ketauhidan kepada-Nya, mendustakan Rasul dan sombong.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi


46. Dan seperti itu juga tindakan yang dilakukan Allah terhadap kaum Nabi Nuh ketika mereka mendustakan Nuh serta menyimpang dari perintah Allah, Allah mengutus air bah dari langit dan bumi kepada mereka sehingga menenggelamkan mereka semua hingga tidak tersisa seorang kafir pun di muka bumi. Ini merupakan kebiasaan Allah serta sunnahNya terhadap orang-orang yang mendurhakaiNya.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Yakni demikian pula apa yang Allah lakukan terhadap kaum Nuh ‘alaihis salam ketika mereka mendustakan Nuh ‘alaihis salam dan melanggar perintah Allah, maka Allah kirimkan kepada mereka air yang melimpah dari langit dan bumi, lalu Allah tenggelamkan mereka dengannya. Inilah sunnah atau kebiasaan Allah terhadap orang-orang yang mendurhakai-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


45-46. Petir itu menyambar dengan dahsyat, maka mereka tidak mampu bangun untuk menyelamatkan diri dan juga tidak mendapat pertolongan dari siapa pun. Itulah kisah umat terdahulu yang durhaka kepada para nabinya, dan sesungguhnya sebelum itu telah kami binasakan pula kaum nuh karena keingkaran mereka. Sungguh, mereka semua adalah kaum yang fasik, durhaka, dan enggan beriman. 47. Tidak hanya berkuasa mengazab umat yang durhaka dan ingkar pada ajaran nabi, Allah juga kuasa menciptakan langit dan alam semesta. Dan langit yang terhampar luas di atas kepalamu itu kami bangun dengan kekuasaan kami yang mahadahsyat dan mahasempurna, dan kami benar-benar memiliki kekuasaan yang tidak terbatas sehingga tidak ada yang dapat menghalangi kami untuk meluaskannya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Az-Zariyat Ayat 47 Arab-Latin, Surat Az-Zariyat Ayat 48 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Az-Zariyat Ayat 49, Terjemahan Tafsir Surat Az-Zariyat Ayat 50, Isi Kandungan Surat Az-Zariyat Ayat 51, Makna Surat Az-Zariyat Ayat 52

Category: Surat Az-Zariyat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surat Az Zariyat 46 Surat Az Zariyat Ayat 46