Surat Al-Fath Ayat 19

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمَغَانِمَ كَثِيرَةً يَأْخُذُونَهَا ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا

Arab-Latin: Wa magānima kaṡīratay ya`khużụnahā, wa kānallāhu 'azīzan ḥakīmā

Artinya: Serta harta rampasan yang banyak yang dapat mereka ambil. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

« Al-Fath 18Al-Fath 20 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Terkait Dengan Surat Al-Fath Ayat 19

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Fath Ayat 19 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan pelajaran mendalam dari ayat ini. Didapatkan sekumpulan penjabaran dari kalangan mufassirun mengenai makna surat Al-Fath ayat 19, di antaranya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

18-19. Sungguh Allah telah meridhai orang-orang beriman saat mereka membai’atmu (wahai Nabi) dibawah pohon itu. Bai’at ini adalah bai’at ar-Ridhwan di Hudaibiyah. Allah mengetahui apa yang ada di dalam hati orang-orang beriman tersebut, yaitu iman, kejujuran, dan kesetiaan. Maka Allah menurunkan ketenangan kepada mereka, meneguhkan hati mereka dan menjanjikan mengganti apa yang tidak terwujud dengan perjanjian Hudaibiyah dengan sebuah kemenangan yang dekat, yaitu kemenangan pada Perang Khaibar dan harta rampasan perang yang besar yang mereka raih dari harta orang-orang Yahudi Khaibar. Allah MahaPerkasa dalam membalas musuh-musuhNya, Mahabijaksana dalam mengatur urusan makhlukNya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

19. Dan Allah memberikan kepada mereka harta rampasan yang banyak yang mereka ambil dari penduduk Khaibar, dan Allah Maha Perkasa, tidak ada seorangpun yang bisa mengalahkan-Nya, Maha Bijaksana dalam penciptaan-Nya, takdir-Nya dan pengaturan-Nya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. وَمَغَانِمَ كَثِيرَةً يَأْخُذُونَهَا ۗ( Serta harta rampasan yang banyak yang dapat mereka ambil)
Yakni dan Allah membalas kalian dengan harta ghanimah yang banyak, yaitu harta ghanimah dari kota Khaibar.

وَكَانَ اللهُ عَزِيزًا حَكِيمًا(Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana)
Yakni Maha Perkasa yang perbuatan dan firman-Nya penuh dengan hikmah dan kebijaksanaan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Allah memberi imbalan kepada mereka juga berupa rampasan perang yang sangat banyak. Mereka mengambilnya (rampasan perang Khaibar) setelah menaklukannya pada tahun ke-7 Hijriyah dan melakukan perdamaian dengan musuh dengan memberi separuh dari hasil buminya yang berupa buah-buahan dan tanama. Allah adalah Dzat yang Maha Kuat, tidak ada yang mampu mengungguliNya dan Maha Bijaksana dalam mengatur urusan-urusan ciptaanNya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{dan harta rampasan perang yang banyak yang dapat mereka ambil. Allah Maha perkasa lagi Maha bijaksana


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

18-19. Allah mengabarkan tentang karunia, rahmat, serta keridhaanNya terhadap kaum Mukminin yang berbai’at setia kepada Rasulullah dalam persitiwa pembai’atan yang membuat wajah mereka putih bersinar, dan dengan bai’at itu pun mereka mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.
Penyebab bai’at ini, yaitu yang dikenal dengan Bai’at ar-Ridhwan adalah karena Allah ridha terhadap kaum Mukminin yang melakukan Bai’at setia itu. Disebut juga bai’at orang-orang yang berada di sekitar pohon, yaitu pada saat pembicaraan antara Rasulullah dan kaum musyrikin berlangsung dalam perjanjian Hudaibiyah mengenai sebab kedatangan Rasulullah ke Makkah, Rasulullah tidak datang untuk memerangi seorang pun, Rasulullah datang hanya untuk mengunjungi Baitullah serta untuk mengagungkannya. Kemudian Rasulullah mengirim Utsman bin Affan ke Makkah untuk mengutarakan tujuan kedatangan Rasulullah. Kemudian tersiar berita bohong bahwa Utsman dibunuh. Kemudian Rasulullah mengumpulkan kaum Mukminin yang turut bersama Rasulullah yang jumlahnya sekitar seribu lima ratus orang, dan mereka pun berbai’at setia kepada Rasulullah di bawah sebatang pohon untuk memerangi kaum musyrikin dan tidak akan lari hingga mereka gugur sekalipun.
Kemudian Allah memberitahukan bahwa Dia ridha terhadap kaum Mukminin pada saat itu yang mana bai’at itu merupakan salah satu ketaatan terbesar serta ibadah paling luhur. “Maka Allah mengetahui apa yang ada di dalam hati mereka,” yakni, Allah mengetahui keimanan mereka, “lalu menurunkan ketenangan atas mereka,” sebagai rasa terima kasih Allah terhadap keimanan yang terdapat dalam diri mereka, Allah menambahkan petunjuk pada mereka dan Allah juga mengetahui kesedihan dalam benak mereka karena isi-isi perjanjian yang disyaratkan oleh kaum musyrikin terhadap Rasulullah, kemudian Allah menurunkan ketenangan yang membuat hati mereka kokoh dan damai, “dan memberi balasan kepada kepada mereka dengan kemenangan yang dekat (waktunya).” Yaitu penaklukan Khaibar yang hanya diikuti oleh orang-orang yang ikut serta dalam peristiwa Hudaibiyah, sehingga harta rampasannya khusus bagi mereka sebagai balasan untuk mereka dan sebagai ucapan terima kasih atas ketaatan terhadap Allah serta menunaikan amalan yang membuatNya ridha yang dilakukan oleh kaum Mukminin, “serta harta rampasan yang banyak yang dapat mereka ambil. Dan Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” Allah memiliki keperkasaan dan kekuasaan yang memaksa segala sesuatu. Andai Allah berkehendak, tentu kaum Muslimin akan dapat mengalahkan kaum kafir dalam setiap peperangan, namun Allah Mahabijaksana, yang menguji sebagian mereka dengan yang lain; Allah menguji orang-orang Mukmin dengan kemenangan orang kafir.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 18-19
Allah SWT memberitahukan tentang ridhaNya kepada orang-orang mukmin yang telah berjanji setia kepada Rasulullah SAW di bawah pohon. Telah disebutkan jumlah mereka, bahwa mereka semua terdiri dari seribu empat ratus orang; dan bahwa pohon itu adalah pohon Samurah yang terdapat di Hudaibiyah
Firman Allah: (maka Allah mengetahui apa yang ada di dalam hati mereka) yaitu kepercayaan, kejujuran, dan ketaatan mereka (lalu menurunkan ketenangan atas mereka) yaitu ketenangan (dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat (waktunya)) yaitu melalui apa yang ditetapkan Allah SWT untuk mereka berupa perjanjian damai antara mereka dan musuh-musuh mereka, dan kebaikan yang banyak yang terus-menerus mereka dapatkan dengan ditandatanganinya perjanjian itu berupa penaklukkan Khaibar, penaklukkan Makkah, kemudian kemenangan atas semua negeri dan kawasan. Ini merupakan anugerah Allah kepada mereka, dan apa yang mereka peroleh berupa kemuliaan, pertolongan, dan kedudukan tinggi di dunia dan akhirat. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (serta harta rampasan yang banyak yang dapat mereka ambil. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (19))


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Fath ayat 19: Allah mengabarkan bahwasanya Dia memberikan kepada mereka rezeki rupa harta-harta rampasan perang yang mereka dapatkan dari harta harta peninggalan yahudi khaibar, Allah Maha Kuat dan Maha bijak dalam menjaga urusan makhluk-Nya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dia memiliki keperkasaan dan kekuasaan, dimana dengannya Dia tundukkan segala sesuatu. Jika Dia menghendaki, Dia mampu memenangkan kaum muslimin dalam setiap pertempuran, akan tetapi Dia Mahabijaksana, Dia uji sebagiannya dengan sebagian yang lain dan menguji orang mukmin dengan orang kafir.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Fath Ayat 19

Dan kepada mereka dianugerahkan harta rampasan perang yang banyak yang akan mereka peroleh dalam peperangan itu. Dan Allah mahaperkasa, tidak ada yang dapat menghalangi kehendak-Nya mahabijaksana dalam segala ketetapan-Nya. 20. Allah menjanjikan kepadamu harta rampasan perang yang banyak yang dapat kamu ambil dari negeri-negeri yang kamu taklukkan di masa yang akan datang. Akan tetapi Allah tidak membiarkan kamu sekalian menunggu berlama-lama, maka dia segerakan harta rampasan perang ini untukmu yaitu dalam perang khaibar. Dan dia menahan tangan manusia dari membinasa'kanmu agar kamu mensyukuri-Nya dan agar menjadi bukti bagi orang-orang mukmin bahwa Allah senantiasa menjaga dan menolong mereka atas musuh-Musuh-Nya dan agar dia oleh karena ketaatanmu kepada Allah dan rasul-Nya menunjukkan kamu ke jalan yang lurus.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penjabaran dari para ulama tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Al-Fath ayat 19 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita. Bantu usaha kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Sering Dibaca

Tersedia berbagai topik yang paling sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Ahzab 43, Al-‘Ashr 3, Ar-Rahman 33, Al-Baqarah 261, Al-Qalam, Al-Baqarah 285. Juga Al-Anbiya 19, Ar-Ra’d 31, An-Najm 39-42, Ali Imran 26-27, Al-Hujurat 11, Al-Baqarah 282.

  1. Al-Ahzab 43
  2. Al-‘Ashr 3
  3. Ar-Rahman 33
  4. Al-Baqarah 261
  5. Al-Qalam
  6. Al-Baqarah 285
  7. Al-Anbiya 19
  8. Ar-Ra’d 31
  9. An-Najm 39-42
  10. Ali Imran 26-27
  11. Al-Hujurat 11
  12. Al-Baqarah 282

Pencarian: surah al ma'un dan artinya, surat fathir ayat 32, maka dirikanlah salat karena tuhanmu dan, al maidah ayat 5 48, makna surat az zumar ayat 53

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: