Surat Muhammad Ayat 31

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ حَتَّىٰ نَعْلَمَ ٱلْمُجَٰهِدِينَ مِنكُمْ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَنَبْلُوَا۟ أَخْبَارَكُمْ

Arab-Latin: Wa lanabluwannakum ḥattā na'lamal-mujāhidīna mingkum waṣ-ṣābirīna wa nabluwa akhbārakum

Terjemah Arti: Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Muhammad Ayat 31

Terdokumentasikan beragam penjabaran dari beragam ahli ilmu berkaitan makna surat Muhammad ayat 31, sebagiannya seperti tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kami pasti menguji kalian (wahai orang-orang beriman) dengan perang dan jihad melawan musuh-musuh Allah hingga terlihat apa yang telah Allah ketahui di alam azali, dan Kami hendak membedakan ahli jihad dan sabar di antara kalian dalam memerangi musuh-musuh Allah, Kami akan menguji kata-kata dan perbuatan kalian, sehingga Nampak siapa yang jujur dan siapa yang dusta.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

31. Dan sungguh Kami akan menguji kalian -wahai orang-orang yang beriman- dengan jihad, peperangan melawan musuh dan kematian sehingga Kami mengetahui dengan sebenar-benarnya -dengan menunjukkan kepada para hamba- orang-orang yang berjuang dari kalian di jalan Allah dan orang-orang yang sabar dari kalian dalam memerangi musuh-musuh-Nya dan Kami akan menguji kalian sehingga Kami mengetahui siapa orang yang benar di antara kalian dari orang yang dusta.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

31. Sungguh Kami akan menguji orang-orang beriman dengan kewajiban berjihad, agar jelas siapa dari kalian yang berjihad di jalan Allah dan yang bersabar. Dan Kami akan menguji perkataan dan perbuatan kalian agar terlihat antara yang jujur dan yang dusta.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

31. وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ حَتَّىٰ نَعْلَمَ الْمُجٰهِدِينَ مِنكُمْ وَالصّٰبِرِينَ (Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu)
Yaitu dengan memerintahkan kalian untuk berjuhad, agar Kami mengetahui siapa yang menjalankan perintah itu serta bersabar dalam menjalankan agama dan kewajiban-kewajibannya.

وَنَبْلُوَا۟ أَخْبَارَكُمْ(dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu)
Yakni Kami akan menampakkan keadaan kalian sebagai cobaan agar nyata bagi orang-orang siapa yang mentaati perintah Allah dan siapa yang menyalahinya.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

31. Kami akan menguji atau memberi cobaaan kepada kalian untuk melakukan Jihad dan tanggung jawab syariat, wahai kaum muslim. Sehingga Kami tahu, siapa yang benar sungguh-sungguh di antara kalian. Sehingga Kami tahu siapa saja yang senantiasa sabar dalam ketaatan untuk menjalankan kewajiban. Kami juga akan menguji amal perbuatan kalian dan akan menampakkannya


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

31. Selanjutnya Allah menyebutkan ujian terberat yang diberikan pada hamba-hambaNYa, yaitu jihad di jalan Allah. Allah berfirman, “Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu.” Artinya Kami akan menguji keimanan dan kesabaran kalian, “agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu; dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu,” maka barangsiapa yang menunaikan perintah Allah dan berjuang di jalanNya untuk menolong agamaNya dan meninggikan kalimatNya, maka dialah Mukmin sejati, dan barangsiapa yang bermalas-malasan untuk berjihad, maka itulah kekurangan yang terdapat dalam keimanan mereka.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Muhammad ayat 31: Allah menjelaskan akan sunnah atas sunnah-sunnah-Nya dalam penciptaan, Allah berkata : Sungguh Kami menjadikan pelajaran bagi kalian wahai orang-orang yang beriman dengan peperangan dan jihad kepada musuh-musuh Allah sampai Kami terangkan kepada kalian siapa mujahid yang jujur, yang sabar di antara kalian, dan siapa yang menjadi mujahid tidak jujur, dan bersabar. Kami terangkan kabar-kabar kepada kalian agar jelas kejujuran atas kedustaan.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan ujian paling besar yang Allah uji dengannya hamba-hamba-Nya, yaitu jihad fii sabilillah.

Yakni iman dan kesabaranmu dengan adanya jihad dan lainnya.

Bisa juga diartikan, “dan akan Kami tampakkan perihal kamu.” Yakni taat atau maksiat dalam jihad dan lainnya.

Barang siapa yang mengikuti perintah Allah dan berjihad di jalan-Nya untuk menolong agama-Nya dan meninggikan kalimat-Nya, maka dia adalah mukmin hakiki, sebaliknya barang siapa yang malas terhadapnya, maka ada kekurangan dalam imannya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Muhammad Ayat 31

Dan sungguh, kami benar-benar akan menguji kamu, wahai kaum muslim dengan menyuruhmu berjuang dan melakukan perbuatan berat, sehingga kami mengetahui orang-orang yang benar-benar berjihad di jalan Allah dan bersabar dalam melaksanakan kewajiban di antara kamu; dan akan kami uji perihal kamu sehingga kami mengetahui siapa di antara kamu yang benar-benar beriman dan siapa yang dusta. 32. Pada ayat-ayat yang lalu Allah menerangkan keadaan orang-orang munafik yang selalu melaksanakan tipu daya dan maksud jahat kepada orang-orang yang beriman. Mereka mengira perbuatan jahat itu tidak diketahui oleh Allah. Pada ayat ini Allah menerangkan keadaaan orang-orang yang menghalangi manusia mengikuti jalannya setelah datang kepada mereka petunjuk. Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allah dan rasul-Nya dan menghalang-halangi orang lain dari jalan Allah untuk mengikuti agama-Nya serta memusuhi rasul setelah ada petunjuk yang jelas bagi mereka, yang menyatakan bahwa nabi Muhammad adalah rasul-Nya mereka tidak akan dapat memberi mudarat bahaya kepada Allah sedikit pun dengan sebab kekafirannya itu. Dan kelak Allah menghapus pahala segala amal mereka, disebabkan kekafirannya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah bermacam penjabaran dari banyak ahli ilmu berkaitan kandungan surat Muhammad ayat 31, semoga berfaidah bagi kita semua. Sokonglah syi'ar kami dengan memberi backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Muhammad Ayat 32 Arab-Latin, Muhammad Ayat 33 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Muhammad Ayat 34, Terjemahan Tafsir Muhammad Ayat 35, Isi Kandungan Muhammad Ayat 36, Makna Muhammad Ayat 37

Terkait: « | »

Kategori: 047. Muhammad

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates