Surat Muhammad Ayat 27

فَكَيْفَ إِذَا تَوَفَّتْهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَٰرَهُمْ

Arab-Latin: Fa kaifa iżā tawaffat-humul-malā`ikatu yaḍribụna wujụhahum wa adbārahum

Terjemah Arti: Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat mencabut nyawa mereka seraya memukul-mukul muka mereka dan punggung mereka?

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Muhammad Ayat 27

Didapati berbagai penafsiran dari berbagai mufassir terhadap kandungan surat Muhammad ayat 27, misalnya sebagaimana tercantum:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bagaimana keadaan mereka saat para malaikat mencabut ruh mereka dan para malaikat itu memukuli wajah-wajah dan punggung-punggung mereka?


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

27. Bagaimana engkau lihat siksa yang mereka rasakan dan kondisi mengenaskan yang menimpa mereka jika nyawa mereka dicabut oleh malaikat yang ditugaskan untuk mencabut nyawa mereka sambil memukul wajah mereka punggung mereka dengan cambuk-cambuk besi.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

27. فَكَيْفَ إِذَا تَوَفَّتْهُمُ الْمَلٰٓئِكَةُ (Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat mencabut nyawa mereka)
Yakni bagaimana pengetahuan-Nya tentang rahasia mereka jika malaikat telah mencabut nyawa mereka.
Pendapat lain mengatakan maknanya adalah apa yang dapat mereka perbuat ketika malaikat telah mencabut nyawa mereka.

يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبٰرَهُمْ (seraya memukul-mukul muka mereka dan punggung mereka?)
Yakni jika azab ditangguhkan bagi mereka maka keadaan mereka kelak akan seperti itu.
Pendapat lain mengatakan bahwa hal ini ketika peperangan terjadi, dan para malaikat memberi pertolongan bagi Rasulullah.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

27. Bagaimana jadinya keadaan mereka ketika malaikat mencabut nyawa mereka. Malaikat memukul-mukul muka dan punggung mereka dengan penjepit dari besi. Sehingga ruh mereka keluar dengan pedih dan keras.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

27. “Bagaimanakah ,” engkau melihat kondisi mereka yang buruk serta pemandangan mereka yang mengerikan, “Apabila malaikat (maut) mencabut nyawa mereka,” yakni para malaikat yang ditugaskan untuk mencabut nyawa mereka, “seraya memukul muka dan punggung mereka,” dengan alat pemukul secara keras.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Muhammad ayat 27: Allah mengabarkan keadaan orang-orang kafir yang buruk ketika mereka meninggal dan malaikat datang di sisi mereka, para malaikat memukul wajah-wajah mereka dan punggung mereka alat pemukul yang terbuat dari besi ?!!


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu dengan cambuk-cambuk dari besi.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Muhammad Ayat 27

Ayat ini masih berbicara tentang kaum munafik. Mereka hanya dapat melakukan kemunafikan dan tipu daya selagi mereka masih hidup. Ayat ini menjelaskan bagaimana keadaan mereka pada waktu kematian mendekati mereka. Maka bagaimana nasib dan keadaan mereka apabila malaikat maut datang untuk mencabut nyawa mereka dengan cara yang buruk dan mengerikan' pada saat nyawa dicabut para malaikat itu mengeluarkan ruh mereka dengan kasar dan terus menerus memukul wajah dan punggung mereka sebagai penghinaan' keadaan orang munafik itu sangat terhina dan sengsara dalam menghadapi kematian. 28. Mereka yang mengalami keadaan yang demikian itu, yakni kematian yang mengerikan, karena sesungguhnya mereka mengikuti apa yang me-nimbulkan kemurkaan Allah, seperti kemunafikan dan berbuat maksiat dan membenci apa yang menimbul'kan keridaan-Nya seperti ketulusan dalam beriman dan bersungguh-sungguh melaksanakan perintahnya, sebab itu Allah menghapus segala amal mereka. Ayat ini menyatakan bahwa kematian yang mengerikan akan menimpa kita, apabila kita sering mengerjakan maksiat, dan tidak mau mengerjakan perbuatan yang diridai-Nya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian aneka ragam penafsiran dari para mufassirin terkait kandungan surat Muhammad ayat 27, semoga membawa faidah untuk kita. Bantu perjuangan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Muhammad Ayat 28 Arab-Latin, Muhammad Ayat 29 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Muhammad Ayat 30, Terjemahan Tafsir Muhammad Ayat 31, Isi Kandungan Muhammad Ayat 32, Makna Muhammad Ayat 33

Terkait: « | »

Kategori: 047. Muhammad

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates