Surat Muhammad Ayat 26

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا۟ لِلَّذِينَ كَرِهُوا۟ مَا نَزَّلَ ٱللَّهُ سَنُطِيعُكُمْ فِى بَعْضِ ٱلْأَمْرِ ۖ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ إِسْرَارَهُمْ

Arab-Latin: żālika bi`annahum qālụ lillażīna karihụ mā nazzalallāhu sanuṭī'ukum fī ba'ḍil-amr, wallāhu ya'lamu isrārahum

Artinya: Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka (orang-orang munafik) itu berkata kepada orang-orang yang benci kepada apa yang diturunkan Allah (orang-orang Yahudi): "Kami akan mematuhi kamu dalam beberapa urusan", sedang Allah mengetahui rahasia mereka.

« Muhammad 25Muhammad 27 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Dengan Surat Muhammad Ayat 26

Paragraf di atas merupakan Surat Muhammad Ayat 26 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan pelajaran menarik dari ayat ini. Ada sekumpulan penjelasan dari para ulama mengenai isi surat Muhammad ayat 26, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Pembiaran terhadap mereka sehingga mereka masuk kedalam kekafiran adalah disebabkan mereka berkata kepada orang-orang Yahudi yang membenci apa yang Allah turunkan, “Kami akan mematuhi kalian pada sebagian urusan yang menyelisihi hukum Allah dan rasulNya.” Allah mengetahui apa yang mereka simpan dan sembunyikan. Hendaknya seorang muslim waspada untuk taat kepada selain Allah pada apa yang bertentangan dengan ketetapan Allah dan ketetapan RasulNya, Muhammad.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

26. Penyesatan yang terjadi pada mereka itu disebabkan karena mereka berkata secara sembunyi-sembunyi kepada orang-orang musyrik yang benci terhadap wahyu yang diturunkan kepada Rasul-Nya, “Kami akan menaati kalian dalam beberapa hal seperti keengganan untuk berperang.” Dan Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka tampakkan, tidak ada sesuatupun yang tersembunyi dari-Nya, lalu Dia menunjukkan yang dikehendaki-Nya kepada Rasul-Nya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

26. ذٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا۟ لِلَّذِينَ كَرِهُوا۟ مَا نَزَّلَ اللهُ (Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka (orang-orang munafik) itu berkata kepada orang-orang yang benci kepada apa yang diturunkan Allah)
Yakni karena orang-orang munafik yang kembali murtad berkata kepada orang-orang yang benci terhadap apa yang diturunkan Allah, yaitu orang-orang musyrik atau Yahudi.

سَنُطِيعُكُمْ فِى بَعْضِ الْأَمْرِ ۖ( “Kami akan mematuhi kamu dalam beberapa urusan”)
Sebagian urusan yang dimaksud adalah dalam memusuhi Rasulullah dan menyelisihi apa yang dibawanya.

وَاللهُ يَعْلَمُ إِسْرَارَهُمْ (sedang Allah mengetahui rahasia mereka)
Yakni rencana buruk yang mereka buat secara sembunyi-sembunyi dengan para musuh Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

26. Kesesatan itu akibat dari perkataan orang munafik kepada orang musyrik dan Yahudi, padahal mereka tahu bahwa orang musyrik dan Yahudi membenci Alquran: “Kami akan mengikuti kalian pada beberapa perintah kalian. Diantaranya adalah membantu kalian dalam memerangi musuh dan memusuhi Muhammad yang terus menyeru kepada Islam. Allah Maha Tahu atas kelicikan kalian dibalik perkataan ini, atau apa yang kalian sembunyikan.Allah akan membuka rahasia itu, Dia Maha Tahu yang tampak maupun yang tersembunyi.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan memanjangkan angan-angan dan harapan mereka {Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka telah berkata kepada orang-orang yang tidak senang pada apa yang diturunkan Allah} kepada orang-orang musyrik yang benci terhadap turunnya Al-Qur’an kepada nabi Muhammad SAW {“Kami akan mematuhi kalian dalam beberapa urusan” Dan Allah mengetahui rahasia mereka} apa yang mereka rahasiakan dan sembunyikan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

26. “Yang demikian itu,” adalah karena telah jelas petunjuk pada mereka namun mereka tidak mau menerima tapi menolaknya, dan mereka (orang-orang munafik) itu “berkata kepada orang-orang yang benci kepada apa yang diturunkan Allah,” dari orang-orang yang menampakkan permusuhan kepada Allah dan RasulNya, “Kami akan mematuhi kamu dalam beberapa urusan,” yakni orang-orang yang memiliki keinginan sama dengan mereka. Karena itulah Allah menyiksa mereka dengan kesesatan dan menempatkan mereka tetap pada jalur yang akan menyampaikan mereka pada kesengsaraan dan siksa abadi, “dan Allah mengetahui rahasia mereka,” dank arena itulah Allah membuka kedok mereka serta dijelaskan pada hamba-hambaNya yang beriman agar tidak tertipu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 24-28
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada manusia untuk merenungkan dan memahami Al-Qur'an. Serta melarang mereka berpaling dari Al-Qur'an. Jadi Allah berfirman: (Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur’an ataukah hati mereka terkunci? (24)) yaitu, bahkan pada hati mereka terdapat kunci yang menutupnya. Oleh karena itu hati mereka terkunci mati. Tidak ada sesuatupun yang dapat menghidupkannya dapat masuk ke dalamnya.
Kemudian Allah SWT berfirman (Sesungguhnya orang-orang yang kembali ke belakang (kepada kekafiran) sesudah petunjuk itu jelas bagi mereka) yaitu mereka meninggalkan keimanan dan kembali kepada kekafiran (sesudah petunjuk itu jelas bagi mereka, setan telah menjadikan mereka mudah (berbuat dosa)) yaitu, setan menjadikan mereka memandang baik perbuatan mereka (dan memanjangkan angan-angan mereka) yaitu menipu dan memperdaya mereka (Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka (orang-orang munafik) itu berkata kepada orang-orang yang benci kepada apa yang diturunkan Allah (orang-orang Yahudi), "Kami akan mematuhi kamu dalam beberapa urusan”) yaitu mendukung dan menasehati mereka untuk berbuat bathil dalam hati mereka. Demikianlah perkara orang-orang munafik, mereka menampakkan apa yang bertentangan dengan yang mereka sembunyikan. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (sedangkan Allah mengetahui rahasia mereka) yaitu mengetahui semua rahasia dan apa yang mereka sembunyikan, Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahuinya. sebagaimana firmanNya: (Allah menulis siasat yang mereka atur di malam hari itu) (Surah An-Nisa: 81)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat (maut) mencabut nyawa mereka seraya memukuli muka dan punggung mereka? (27)) yaitu bagaimanakah keadaan mereka apabila malaikat maut datang mencabut nyawa mereka, sedangkan ruh mereka membangkang untuk meninggalkan jasadnya, lalu malaikat maut mencabutnya dengan paksa seraya memukulinya. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka) (Surah Al-Anfal: 50). Allah SWT berfirman: (Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakaratul maut, sedangkan para malaikat memukul dengan tangannya,) (Surah Al-An’am: 93) yaitu dengan pukulan ((sambil berkata), "Keluarkanlah nyawamu.” Di hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya) (Surah Al-An'am: 93) Oleh karena itu Allah berfirman di sini (Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka mengikuti apa yang menimbulkan kemurkaan Allah dan (karena) mereka membenci (apa yang menimbulkan) keridaan-Nya; sebab itu Allah menghapus (pahala) amal-amal mereka (28))


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Muhammad ayat 26: Allah menjelaskan sebab dari kemurtadan mereka yang bahwasanya mereka berkata kepada manusia yang membenci Al Qur’an dan islam dari golongan yahudi dan munafik, mereka berkata : Kami akan mentaati kalian dan akan saling tolong menolong bersama kalian dalam memusuhi Rasul ﷺ, dan menyelisihi apa yang datang darinya. Allah kemudian menampakkan apa yang mereka katakan dan apa yang mereka sembunyikan dan pembicaraan rahasia meeka dan juga apa yang mereka perintahkan dalam senyap; Dengan ini semua, Allah singkap mereka, dan Allah jelaskan urusan mereka kepada orang-orang yang beriman agar tidak tertipu oleh mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni penyesatan oleh setan itu, karena telah jelas petunjuk bagi mereka, namun mereka membenci dan menolaknya.

Yaitu mereka yang terang-terangan memusuhi Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu adalah orang-orang Yahudi.

Yaitu dengan membantu memusuhi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan melemahkan semangat kaum muslimin dari berjihad. Bisa juga maksud, “Kami akan mematuhi kamu dalam beberapa urusan,” adalah kami akan mematuhi kamu dalam sebagian urusan yang sesuai dengan hawa nafsu kami. Oleh karena itu, Allah Subhaanahu wa Ta'aala menghukum mereka dengan kesesatan serta tetap berada di atas sesuatu yang membawa mereka kepada kesengsaraan dan azab. Mereka mengatakan kata-kata itu secara rahasia, namun Allah Subhaanahu wa Ta'aala menampakkannya.

Oleh karena itu, Dia membuka aib mereka dan menerangkan kepada hamba-hamba-Nya yang mukmin agar mereka tidak tertipu dengannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Muhammad Ayat 26

Orang-orang munafik kembali kepada kekafiran, padahal tadi-Nya mereka kelihatan telah beriman, karena memihak dan bersekutu dengan orang-orang yahudi untuk memerangi orang yang beriman. Kaum munafik menyatakan bahwa mereka akan turut berperang di pihak orang-orang yahudi dari suku bani na'ir dan bani qurai'ah menghadapi kaum muslim, sekiranya orang yahudi diusir dari madinah. Yang demikian itu, yakni kesesatan dan kemurtadan itu, karena sesungguhnya mereka telah mengatakan kepada orang-orang yang tidak senang kepada apa yang diturukan Allah, yakni orang yahudi dari suku bani nadzir dan bani quraidzah atau kaum musyrik mekah yang mempunyai hubungan dengan musuh-Musuh islam di madinah, 'kami akan mematuhi kamu dalam beberapa urusan, antara lain tidak ikut berperang sebagaimana yang dianjurkan nabi Muhammad. ' tetapi Allah mengetahui rahasia mereka dan tipu daya yang mereka sembunyikan. 27. Ayat ini masih berbicara tentang kaum munafik. Mereka hanya dapat melakukan kemunafikan dan tipu daya selagi mereka masih hidup. Ayat ini menjelaskan bagaimana keadaan mereka pada waktu kematian mendekati mereka. Maka bagaimana nasib dan keadaan mereka apabila malaikat maut datang untuk mencabut nyawa mereka dengan cara yang buruk dan mengerikan' pada saat nyawa dicabut para malaikat itu mengeluarkan ruh mereka dengan kasar dan terus menerus memukul wajah dan punggung mereka sebagai penghinaan' keadaan orang munafik itu sangat terhina dan sengsara dalam menghadapi kematian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penafsiran dari kalangan mufassirun berkaitan isi dan arti surat Muhammad ayat 26 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi ummat. Dukunglah dakwah kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Sering Dicari

Kaji banyak halaman yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: An-Najm 39-42, Al-Qalam, Al-Hujurat 11, Ar-Ra’d 31, Al-Baqarah 261, Al-Baqarah 285. Ada juga Al-‘Ashr 3, Ar-Rahman 33, Al-Anbiya 19, Ali Imran 26-27, Al-Baqarah 282, Al-Ahzab 43.

  1. An-Najm 39-42
  2. Al-Qalam
  3. Al-Hujurat 11
  4. Ar-Ra’d 31
  5. Al-Baqarah 261
  6. Al-Baqarah 285
  7. Al-‘Ashr 3
  8. Ar-Rahman 33
  9. Al-Anbiya 19
  10. Ali Imran 26-27
  11. Al-Baqarah 282
  12. Al-Ahzab 43

Pencarian: inni ja'ilun fil ardhi khalifah artinya, surah al-anbiya ayat 19, qs ar rum ayat 21 dan artinya, al anfal 12, bunyi surat an nisa ayat 59

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: