Daftar Isi > Ad-Dukhan > Ad-Dukhan 55

Surat Ad-Dukhan Ayat 55

يَدْعُونَ فِيهَا بِكُلِّ فَٰكِهَةٍ ءَامِنِينَ

Arab-Latin: Yad'ụna fīhā bikulli fākihatin āminīn

Artinya: Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran),

« Ad-Dukhan 54Ad-Dukhan 56 »

GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Ad-Dukhan Ayat 55 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Ad-Dukhan Ayat 55 dengan text arab, latin dan artinya. Ditemukan beberapa penafsiran dari banyak pakar tafsir terhadap isi surat Ad-Dukhan ayat 55, misalnya seperti terlampir:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Di surga orang-orang yang bertakwa itu meminta buah-buahan apa pun yang mereka inginkan, mereka aman tanpa kematian dan apa yang mereka dapatkan tiada berakhir dan berhenti.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

55. Mereka memanggil pelayan-pelayan mereka agar membawakan semua buah-buahan yang mereka inginkan, dan mereka merasa aman dari habisnya buah-buahan itu maupun dari bahayanya.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

55. يَدْعُونَ فِيهَا بِكُلِّ فٰكِهَةٍ ءَامِنِينَ (Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman)
Yakni mereka terbebas dari kekenyangan, wabah penyakit, rasa sakit, kematian, kelelahan, godaan setan, dan kenikmatan yang terputus.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

55. Di dalam surga mereka bebas melakukan apa yang mereka inginkan meminta segala macam buah-buahan dan yang lainnya dengan rasa aman tanpa kekhawatiran dan ketakutan.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Di dalamnya mereka meminta} meminta {segala macam buah-buahan dengan aman


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

55. “mereka meminta di dalamnya,” yakni, di surga, “segala macam buah-buhan,” yang sebagain namanya terdapat di dunia dan juga yang tidak ada padanananya di dunia. Kala penduduk surga menginginkan macam dan jenis buah-buahan apa pun, seketika itu juga buah yang diinginkannya datang tanpa bersusah payah dan meeka aman dari terputusnya buah yang diharapkan (selalu ada dan tidak musiman), aman dari bahaya, kotoran dana man untuk tidak dikeluarkan dari surga serrta terbebas dari kematian.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 55: (Mereka meminta) meminta kepada para pelayan surga (di dalamnya) di dalam surga, supaya para pelayan itu mendatangkan buat mereka (segala macam buah-buahan) surga (dengan aman) dari kehabisan dan dari kemudaratannya, serta aman dari segala kekhawatiran. Lafal Aaminiina berkedudukan menjadi Hal atau kata keterangan keadaan.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Baik yang ada namanya di dunia maupun yang tidak ada namanya serta tidak ada bandingannya di dunia. Buah-buahan itu ada pada saat itu di hadapan mereka tanpa susah payah memperolehnya.

Maksudnya, mereka aman dari dikeluarkan dari surga dan aman dari kematian.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 55

Di dalamnya, yaitu surga, mereka dapat meminta segala macam buah-buahan sesuai dengan selera mereka dengan aman dan tenteram, 56-57. Mereka tidak akan merasakan di dalamnya, yakni dalam surga itu, kematian selain kematian pertama sewaktu mereka di dunia. Allah melindungi mereka dari azab neraka, sebagai karunia dari tuhanmu, wahai Muhammad. Demikian itulah kemenangan yang agung yang akan di peroleh oleh orang-orang yang taat dan patuh kepada Allah di akhirat nanti.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah beragam penafsiran dari kalangan pakar tafsir terkait kandungan dan arti surat Ad-Dukhan ayat 55 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita. Sokong perjuangan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.