Daftar Isi > Ad-Dukhan > Ad-Dukhan 56

Surat Ad-Dukhan Ayat 56

لَا يَذُوقُونَ فِيهَا ٱلْمَوْتَ إِلَّا ٱلْمَوْتَةَ ٱلْأُولَىٰ ۖ وَوَقَىٰهُمْ عَذَابَ ٱلْجَحِيمِ

Arab-Latin: Lā yażụqụna fīhal-mauta illal-mautatal-ụlā, wa waqāhum 'ażābal-jaḥīm

Artinya: Mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka,

« Ad-Dukhan 55Ad-Dukhan 57 »

GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Ad-Dukhan Ayat 56 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Ad-Dukhan Ayat 56 dengan text arab, latin dan artinya. Didapati berbagai penjelasan dari para mufassirun terkait makna surat Ad-Dukhan ayat 56, antara lain sebagaimana tercantum:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

56-58. Orang-orang yang bertakwa di surga itu tidak merasakan lagi kematian setelah kematian yang mereka rasakan di dunia. Allah melindungi orang-orang yang bertakwa itu dari azab Neraka Jahim sebagai kebaikan dan karunia dariNya. Apa yang Kami berikan kepada orang-orang yang bertakwa di akhirat berupa kemuliaan ini adalah kemenangan yang besar dimana tiada kemenangan sesudahnya. Kami memudahkan lafazh dan makna al-Quran dengan menggunakan bahasamu wahai rasul agar mereka dapat mengambil pelajaran dan merasa takut (dari berbuat maksiat).


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

56. Mereka kekal di dalamnya, tidak merasakan kematian di dalamnya kecuali kematian pertama di kehidupan dunia dan Rabb mereka menjaga mereka dari siksa Neraka.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

56. لَا يَذُوقُونَ فِيهَا الْمَوْتَ إِلَّا الْمَوْتَةَ الْأُولَىٰ ۖ (mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia)
Yakni mereka tidak mati selamanya, dan kematian mereka di dunia telah mereka rasakan dan tidak akan mereka rasakan lagi.
Orang-orang berimanlah yang merasakan kematian hanya sekali saja, berbeda dengan orang-orang kafir yang mengatakan “kematian kita hanya di dunia ini dan kita tidak akan dibangkitkan”, maka mereka akan merasakan azab yang lebih berat daripada kematian itu sendiri.

وَوَقَىٰهُمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ(Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka)
Yakni mereka dipalingkan dan dilindungi dari azab neraka.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

56. Mereka tidak merasakan mati didalamnya, karena kematian telah mereka rasakan di dunia dan telah mereka habiskan, dan Allah menjaga mereka dari siksa yang pedih.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka tidak akan merasakan kematian di dalamnya selain kematian pertama} kematian yang mereka rasakaan di dunia {Allah melindungi mereka dari azab neraka Jahim


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

56. karena itu Allah berfirman “meeka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia,” yakni, tidak ada kematian dalam surga secara keseluruhan. Andai di surga ada kematian yang dikecualikan, tentu kematian pertama yang ada di dunia tidak di kecualikan. Semua yang meeka damba dan harap ada secara sempurna. “dan Allah memelihara mereka dari azab neraka,”


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 56: (Mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati yang pertama) yaitu kematian sewaktu di dunia. Sebagian ahli tafsir ada yang mengatakan bahwa lafal Illaa di sini bermakna Ba'da, yakni sesudah. (Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka.)


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 56

56-57. Mereka tidak akan merasakan di dalamnya, yakni dalam surga itu, kematian selain kematian pertama sewaktu mereka di dunia. Allah melindungi mereka dari azab neraka, sebagai karunia dari tuhanmu, wahai Muhammad. Demikian itulah kemenangan yang agung yang akan di peroleh oleh orang-orang yang taat dan patuh kepada Allah di akhirat nanti


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beberapa penjelasan dari banyak ulama terkait kandungan dan arti surat Ad-Dukhan ayat 56 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi ummat. Dukung kemajuan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.