Surat Ad-Dukhan Ayat 49

ذُقْ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْكَرِيمُ

Arab-Latin: żuq, innaka antal-'azīzul-karīm

Terjemah Arti: Rasakanlah, sesungguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Ad-Dukhan Ayat 49

Terdokumentasikan beberapa penjelasan dari berbagai ahli ilmu terhadap isi surat Ad-Dukhan ayat 49, misalnya sebagaimana berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dikatakan kepada pendosa yang sengsara itu (sebagai perendahan dan penghinaan) “Rasakanlah siksa yang ditimpakan kepadamu hari ini, sesungguhnya kamu adalah orang yang perkasa di kalanganmu dan terhormat di antara mereka.”


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

49. Dan dikatakan kepadanya sebagai hinaan “Rasakan siksa yang pedih ini, sesungguhnya engkau adalah orang perkasa yang kedudukanmu tidak ada yang melawan dan mulia di kalangan kaummu.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

49. ذُقْ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْكَرِيمُ (Rasakanlah, sesungguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia)
Dan katakanlah kepadanya untuk mengolok dan menghinakannya: “Rasakanlah azab ini hai orang yang kuat dan terhormat sebagaimana yang dulu kau katakan.
Diriwayatkan dari Umawy dalam kitabnya tentang peperangan Rasulullah, dari Ikrimah ia berkata: Rasulullah menemui Abu Jahal, lalu bersabda: “Sesungguhnya Allah memerintahkanku untuk mengatakan kepadamu: “Kecelakaanlah bagimu (hai orang kafir) dan kecelakaanlah bagimu, kemudian kecelakaanlah bagimu (hai orang kafir) dan kecelakaanlah bagimu.” Maka Abu Jahal menarik tangannya seraya berkata: “kamu dan para sahabatmu tidak akan mampu berbuat apapun terhadapku, karena aku tahu bahwa aku adalah orang yang paling kuat di antara penduduk Makkah, dan aku adalah orang yang perkasa dan mulia.” Lalu Allah menjadikannya termasuk orang yang terbunuh pada perang Badar, dan menghinakannya akibat perkataannya dahulu. Dan Allah menurunkan ayat: ذُقْ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْكَرِيمُ


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

49. Lalu malaikat Zabaniyah berkata dengan marah dan mencelanya: “rasakanlah wahai orang yang (sok) perkasa dalam kecongkaanmu ketika kamu berkata: “tidak ada yang lebih mulia dan lebih besar dari kedua langit dan bumi, daripadaku”, ‘Akramah berkata: “Rasulullah SAW bertemu Abu Jahal dan berkata: “Allah telah mengutusku dan memerintahkan padaku untuk mengatakan padamu”, “kecelakaanlah bagimu, kemudian kecelakaanlah bagimu dan kecelakaan bagimu”, kemudian Abu Jahal menarik tangannya dari Nabi SAW dan berkata: “kamu bisa menolongku dan tidak ada yang bisa menolongmu, kamu tahu bahwa aku mengahlangi sungai-sungai (kecil), dan aku lah dzat yang mulia dan agung,” kemudian ia terbunuh dalam perang Badar, Allah menghinakannya dan mempemalukannya dengan kata-katanya sendiri, dan diabadikan dalam al-Qur’an: (rasakanlah, sesungguhnya kamu ialah orang yang perkasa dan mulia).


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

43-50. ketika Allah menyebutkan hari kiamat dan Dia memberi putusan terhadap sesame hambanya di hari itu, selanjutnya Allah menyebutkan dua golongan hamba-hambaNya; golongan yang ada di surga dan golongan yang ada di neraka. Golongan kedua adalah orang-orang yang berdosa karena mengerjakan kekufuran dan kemaksiatan. Makanan mereka adalah “pohon Zaqqum,” pohon yang paling buruk dan keji, rasanya “seperti kotoran minyak,” yaitu seperti kotoran minyak yang berbau busuk dan rasanya amat panas, “yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas,” dan dikatakan kepada orang yang disiksa yang menyakitkan ini, “sesungguhnya kamu orang yang perkasa dan akan dapat menangkal azab Allah dank au orang mulia sehingga Allah tidak boleh menimpakan azab padamu. Pada hari ini terlihat jelas bahwa kau adalah tercela, hina, dan rendah.”sesungguhnya ini adalah azab yang dahulu kamu selalu meragukannya,” yakni, engkau sangsikan dan sekarang menjadi kebenaran yang meyakinkan bagi kalian.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 49: Kemudian dikatakan kepadanya, "(Rasakanlah) azab ini (sesungguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia") menurut dugaan dan perkataanmu yang telah menyatakan, bahwa tiada seorang pun di antara penghuni kedua bukit itu, yakni kota Mekah, orang yang lebih perkasa dan lebih mulia daripada dirinya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ucapan ini merupakan ejekan baginya, dimana dia mengira bahwa tidak ada orang yang paling perkasa dan paling mulia daripadanya. Dia mengira bahwa dirinya adalah orang yang perkasa dan mampu meloloskan diri dari azab Allah, dan bahwa dirinya adalah orang yang mulia yang tidak mungkin ditimpa azab, maka pada hari itu tampak jelas, bahwa dirinya adalah orang yang lemah dan hina.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 49

Lalu dikatakan kepada mereka dengan nada mengejek dan menghina, 'rasakanlah semua siksaan yang ditimpakan kepadamu saat ini, sesungguhnya kamu benar-benar orang yang perkasa lagi mulia. '50. Sesungguhnya, azab inilah, yakni semua yang kamu rasakan saat ini, yang dahulu sewaktu di dunia kamu ragukan.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah beragam penjabaran dari berbagai ahli ilmu terkait kandungan surat Ad-Dukhan ayat 49, moga-moga menambah kebaikan untuk ummat. Dukunglah syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Ad-Dukhan Ayat 50 Arab-Latin, Ad-Dukhan Ayat 51 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Ad-Dukhan Ayat 52, Terjemahan Tafsir Ad-Dukhan Ayat 53, Isi Kandungan Ad-Dukhan Ayat 54, Makna Ad-Dukhan Ayat 55

Terkait: « | »

Kategori: 044. Ad-Dukhan

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates